Klinik Konsultasi

PDF Cetak E-mail
Oleh SBA FPsi   
Senin, 20 April 2009 18:38
Dalam setiap tahap kehidupan, individu akan selalu berhadapan dengan berbagai tantangan yang sebenarnya merupakan "tugas perkembangan"nya. Disebut "tugas perkembangan" karena pada dasarnya berbagai tantangan tersebut akan mendorong individu untuk maju ke tingkatan yang lebih baik. Anak-anak misalnya, salah satu tugas perkembangannya adalah belajar untuk berinteraksi dan mulai memasuki lingkungan baru di luar keluarga. Seorang remaja dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan sekolah ataupun kuliah dan belajar untuk semakin mandiri. Di usia dewasa, manusia mulai memfokuskan diri pada karier dan keluarga. Sedangkan di usia lanjut, muncul tantangan untuk bisa menyesuaikan diri dengan menurunnya kondisi fisik dan perubahan yang muncul karena tidak bekerja lagi.
Menindaklanjuti berbagai tantangan di atas, Fakultas Psikologi Universitas YARSI menyediakan layanan Bimbingan dan Konseling dalam wadah "Klinik Konsultasi" untuk membantu individu di usia remaja (mahasiswa) meniti tantangan dengan baik.
Berikut ini layanan yang diberikan oleh Klinik Konsultasi, yaitu:
  1. Konseling Individual
    Konseling adalah sebuah proses pemberdayaan diri, bukan proses ketergantungan pada psikolog. Di dalam proses konseling, individu dibimbing untuk memahami persoalan dengan lebih baik, menelusuri berbagai peluang dan potensi hambatan pemecahan masalah, serta mencari jalan keluar terbaik. Dengan wawasan dan pemahaman diri yang diberikan psikolog, proses konseling ditujukan untuk mendorong efektivitas individu menangani tantangan-tantangan yang dihadapi.
  2. Konsultasi
    Sesi konsultasi perorangan untuk memberdayakan individu dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Konsultasi ini bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam mengatasi berbagai masalah yang banyak muncul di usia remaja, baik yang menyangkut masalah penyesuaian diri, masalah studi, hingga masalah emosional. Mahasiswa/i dibimbing untuk lebih memahami dirinya, menelusuri kelebihan dan kelemahannya, mengenali berbagai tantangan yang kerap muncul pada fase usia mereka (remaja), serta menetapkan cara-cara mengelola diri yang lebih efektif.
  3. Konseling Karir
    Layanan ini ditujukan untuk membantu individu (mahasiswa/i) mengenali kemampuan serta kekhasan karakternya, dan kemudian memfasilitasinya untuk menetapkan bidang karier yang tepat. Konseling ini juga dapat digunakan untuk membantu mahasiswa/i menyesuaikan diri dalam keterbatasan karier kerja yang tersedia dan menemukan peluang-peluang baru sehingga tetap bisa mengembangkan potensi diri secara optimal.
Layanan bimbingan dan konseling yang diberikan, tergabung dalam program "Klinik Konsultasi".


Jadwal Konsultasi

Layanan konseling dan konsultasi di Klinik Konsultasi diselenggarakan pada:

Tempat : Fakultas Psikologi Universitas YARSI
Hari : Setiap Hari (Senin-Jum'at)
Waktu : 10.00 - 14.00 (sesuai dengan perjanjian)
Telepon : (021) 4223138 (contact person: Gia)
Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Kami akan membuatkan janji dengan psikolog sesuai dengan permasalahan yang ingin dibahas.