Tim FTI Universitas YARSI menjadi Finalis Gemastik 11

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Program ini diupayakan untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Pada tahun ini, GEMASTIK akan digelar untuk ke-11 kalinya dengan tema “Inovasi TIK untuk Kedaulatan Bangsa”. Pagelaran ini bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai panitia penyelenggara. Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai penyelenggara GEMASTIK pada tahun 2018 ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Melalui GEMASTIK, kemampuan TIK para mahasiswa akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif. Para mahasiswa diharapkan mampu terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya di dalam pengembangan TIK demi kemajuan bangsa Indonesia. Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam GEMASTIK semakin naik. Pada tahun 2017 tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah terdaftar pada 10 kategori lomba GEMASTIK. Sebagai catatan, dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu, kategori lomba Piranti Cerdas dan Sistem Benam berganti nama dengan menyematkan tambahan kata IoT secara eksplisit pada akhir frasa. Selanjutnya, guna memperluas ranah, kategori Kota Cerdas menggantikan kategori e-Pemerintahan dan lomba Karya Tulis Ilmiah TIK masuk sebagai kategori tambahan.

Salah satu tim dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI berhasil lolos menjadi Finalis di Kategori Lomba Desain Pengalaman Pengguna. Tim ini bernama Filosofi Coding yang beranggotakan Muhammad Reza Aditya, Adri Nursimarsiyan, dan Nurul Widaad. Filosofi Coding berhasil menjadi 10 terbaik dari berbagai tim perguruan tinggi lainnya yang berkompetisi di lomba ini. Mereka mengangkat tema “Edukasi Aksara Sunda dengan Augmented Reality Berbasis Android”. Mereka akan bersaing dengan tim-tim lainnya di Acara Puncak Gemastik 2011 di Insititut Teknologi Surabaya pada 1-3 November 2018. Selamat berjuang tim!

Leave a Reply

Your email address will not be published.