Peran Bioinformatika Dalam Bidang Kedokteran: Kegiatan Pengmas Prodi Magister Sains Biomedis Universitas YARSI Tahun 2019

Di kutib dari www.kompasiana.com, Bioinformatika adalah bidang ilmu interdisipliner yang mengembangkan metode dan alat (software) untuk menganalisis data-data yang dihasilkan dari penelitian Biologi. Bioinformatika menggabungkan ilmu biologi, ilmu computer, teknologi informatika, matematika, dan statistika untuk menganalisis dan mengintrepletasikan data biologis.

Peranan Bioinformatika dalam bidang klinis sering juga disebut sebagai informatika klinis (clinical informatics). Bioinformatika diaplikasikan pada berbagai penyakit dengan data yang tersimpan sbg data analisis diagnosis laboratorium, hasil konsultasi dan saran, foto ronsen, ukuran detak jantung, dll. Dengan mempelajari Bioinformatika dapat menyusun strategi terapi medis (personalzed care) untuk meningkatkan efektifitas pengobatan dan meminimalisir efek samping pengobatan.

Dalam rangka melaksanakan dharma Dosen yaitu Pengabdian pada Masyarakat (Pengmas), maka tim Pengmas Prodi Magister Sains Biomedis Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI mengadakan ceramah kepada Dokter-dokter alumni fressgraduate dari Fakultas Kedokteran UY tentang Peran Bioinformatika Dalam Bidang Kedokteran. Kegiatan diadakan pada hari Senin, 18 Maret 2019 di kampus Universitas YARSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.