Kafilah Universitas YARSI dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI di Aceh

Dalam rangka menyambut perhelatan mahasiswa Islam terbesar di Indonesia, Universitas YARSI mendelegasikan 5 mahasiswa kebanggaannya ke Aceh untuk berkompetisi dalam helatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI 2019 di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pegelaran lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Unsyiah sebagai tuan rumah melibatkan 179 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 2.484 peserta mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia.

MTQMN sendiri merupakan kegiatan yang dipandang strategis untuk mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam pendidikan nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), yakni untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, serta sehat jasmani dan rohani.

Persiapan Tim Menuju Lomba

Tahun ini, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh terpilih menjadi tuan rumah MTQMN ke-16 dengan mengusung tema ‘MTQMN sebagai penguat ukhuwah islamiyah dalam membentuk generasi muda qurani menuju indonesia baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur‘. Melalui ajang ini diharapkan akan terjalin ukhuwah islamiyah yang lebih kuat, sehingga dapat menjadi sarana dalam membentuk mahasiswa sebagai generasi muda yang selalu berpedoman kepada tuntunan yang ada dalam Al-Qur’an.

Sesuai panduan, MTQMN 2019 yang diselenggarakan selama satu pekan mulai 28 Juli 2019 sampai 4 Agustus 2019 akan memperlombakan 16 cabang. Dalam MTQMN tahun ini, Universitas YARSI berkesempatan untuk mendelegasikan 5 mahasiswa yang didampingi 2 Dosen Pembimbing dalam 3 cabang perlombaan, yaitu Salsabila Nur Amira (Fakultas Kedokteran 2016) untuk Cabang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an, Abdurahman (Fakultas Psikologi 2016) dan Fajri Nur Mutaqin (Fakultas Psikologi 2017) untuk cabang Fahmil Qur’an, Dian Eka Setiawan dan Nazhan Harzula (Fakultas Teknologi Informasi 2016) untuk Cabang Desain Aplikasi Qur’an.

Dian dan Nazhan sedang mempresentasikan gagasan dan karyanya dalam cabang Desain Aplikasi Qur’an

 

Salsabila nur amira sedang mempresentasikan dalam cabang karya tulis ilmiah kandungan al-qur’an

 

Lomba cabang fahmil qur’an

Kepala Pusat Kemahasiswaan UY, Irfan Islami, Lc. MH. mengemukakan bahwa tahun ini Universitas YARSI turut ikut serta dalam perhelatan nasional MTQMN XVI di Aceh dengan mendelegasikan mahasiswa-mahasiswa terbaik dan telah lolos seleksi dalam ajang MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas yang telah diselenggarakan pada tanggal 15 – 16 April 2019. Ia berujar, persiapan dalam menghadapi kompetisi ini telah dilakukan sejak pertengahan bulan April lalu. Proses seleksi dilakukan oleh Pusat Pengembangan dan Kegiatan Kemahasiswaan yang dibantu kepanitiaan mahasiswa dari UKM LDK Kahfi.

Dua hari sebelum keberangkatan tim ke Banda Aceh, Rektor Universitas YARSI, Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph. D. secara resmi melepas kafilah dengan doa restu dan dukungan semangat untuk tim. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat dan mendoakan tim UY mendapatkan hasil yang terbaik dalam perhelatan MTQMN di Aceh, Beliau jg menyampaikan bahwa dengan terpilihnya mahasiswa-mahasiswa sebagai delegasi Universitas YARSI mereka sudah menjadi pemenang dan terbaik di Universitas, Jum’at (25/7).

Sebelum kafilah diberangkatkan ke Aceh, seluruh mahasiswa dibekali persiapan yg matang yang dibimbing langsung oleh Dosen-Dosen Pembimbing, yaitu Irfan Islami, Lc. MH., dr. Indra Kusuma, M. Biomed, Aya Yahya Maulana, Lc. MH., dan Nurmaya, S.Kom. M. Eng. Dan 1 official Iman Dwi Elmunandar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.