Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Univ. YARSI Ikuti Workshop Pra KOAS

Sebanyak 32 mahasiswa Program Pendidkan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas YARSI mengikuti kegiatan workshop Pra KOAS “Trauma Evaluation And Management” (TEAM) bagi mahasiswa yang akan memasuki tahap pendidikan profesi di rumah sakit pendidikan (Kamis, 08/08/2019) di Ruang Seminar Rektorat Univ. YARSI.

Pembicara dan Instruktur dalam Workshop ini adalah dr. Edi Prasetyo, Sp.S (dosen FK-UY), dr. Radhian Arief, Sp.BS (dosen FK-UI), dan dr. Joseph Saragih, Sp.B (dokter bedah senior) serta Instruktur dari Komisi Trauma IKABI (Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia) yang kompeten di bidang masing-masing. Meliputi Bedah Orthopedi, Bedah Saraf, Bedah Toraks dan Vaskuler, Bedah Digestif, Bedah Anak, Bedah Tumor, Bedah Plastik dan Rekonstruksi dan Bedah Urologi. Tidak ketinggalan juga refresher tentang kasus trauma yang banyak dijumpai dalam praktek sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa IKABI merupakan organisasi profesi yang menghimpun para dokter bedah di Indonesia. Organisasi ini melaksanakan kegiatan bedah sesuai kebutuhan masyarakat dan pembangaunan di Indonesia bekerjasama dengan profesi dokter spesialis lain dan profesi keahlian lain menyelanggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan keterpaduan peran dan fungsi bangsa dan negara secara melembaga, ilmiah dan profesioanal.

pra-koas_2
Peserta workshop sedang menyaksikan video tindakan pembedahan yang diberikan dari Komisi Trauma IKABI – ALTS Jakarta.

dr. Radhian Arief, Sp.BS mengatakan workshop ini untuk mengajarkan konsep resusitasi trauma kepada dokter-dokter umum, namun sangat tepat juga kepada mahasiswa kedokteran yang baru lulus Sarjana Kedokteran (S.Ked.) yang mengikuti Prorgam Profesi Dokter sebagai persyaratan untuk pendidikan profesi di rumah sakit pendidikan.

“Program ini telah terbukti meningkatkan pengetahuan trauma di antara para mahasiswa ini terutama keterampilan imobilisasi fraktur, ketrampilan bedah dasar seperti menjahit luka dan menangani luka kronis,” ucap dr. Radhian.

Trauma Evaluation and Management® (TEAM®) memperkenalkan konsep penilaian trauma dan manajemen kepada mahasiswa kedokteran selama tahun-tahun klinis mereka. Konten inti diadaptasi dari kursus Advanced Trauma Life Support® (ATLS®) American College of Surgeons (ACS). Dikembangkan oleh Komite ATLS dari Komite ACS tentang Trauma, TEAM adalah versi yang diperluas dari ceramah ATLS “Penilaian Awal dan Manajemen”.

Manual TEAM Format TIM fleksibel, dengan presentasi slide 90 menit dan komponen opsional. Program ini mencakup demonstrasi video penilaian awal tiga segmen, serangkaian skenario trauma klinis untuk diskusi kelompok kecil, dan sesi keterampilan. Presentasi slide / ceramah, termasuk dalam DVD fakultas, dapat dengan mudah diadaptasi menjadi kurikulum sekolah kedokteran.

Komisi Trauma IKABI – ALTS Jakarta yang beralamat di Komp. Perkantoran Mitra Matraman, Jalan Matraman Raya 148 Blok A-1 No.18, Jakarta Timur ini menyediakan kursus pengantar standar dalam evaluasi dan manajemen trauma untuk mahasiswa kedokteran dan anggota tim multidisiplin. Komite ATLS sangat mendorong partisipasi instruktur ATLS karena mereka memiliki pengetahuan tentang filosofi, maksud, dan isi program.

Komisi Trauma IKABI – ALTS Jakarta menghimbau bagi dokter yang belum sempat mengikuti kursus ATLS dianjurkan untuk mengikuti kursus TEAM /Trauma Evaluation and Management. TEAM diadakan oleh Komisi Trauma merupakan intisari dari ATLS dan diakui oleh American College of Surgeons. (ART)

Leave a Reply

Your email address will not be published.