Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK. Dukung Penuh Upaya Peningkatan Publikasi di Universitas YARSI

Universitas YARSI (UY) adakan Pelatihan Pembuatan Jurnal Ilmiah yang diikuti sekitar 50 dosen UY yang tergabung dalam kegiatan research/penelitian (Rabu, 13/08/2019) di ruang Senat Akademik UY Jakarta.

Ketua Pengurus Yayasan YARSI, Prof. dr. Jurnalis Uddin PAK membuka kegiatan ini secara resmi dan mengatakan sangat mendukung segala penelitian yang sudah dilakukan dan berupaya untuk publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasinal. UY sudah memiliki peralatan dan software yang cukup canggih seperti MS (Management System), CMS (Content Management System), JCMS (Jalius Content Management System) dan lain sebagainya untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Saya kira dari segi fasilitas tidak ada yang kurang dan dananya juga tersedia,” kata Prof. Jurnalis.
“Sekarang tinggal bagaimana cara kita membuat proposal yang bagus kemudian melaksanakan penelitian dan dipublikasikan,” tambah Prof. Jurnalis.

Prof. Jurnalis juga menjelaskan kalau hasil penelitian yang ditulis itu masuk atau diterbitkan pada jurnal yang sudah terakreditasi akan mendapatkan insentif bisa mencapai hingga 3.500 USD yang menurutnya bisa untuk biaya keliling dunia.

dukung2
Prof. Dr. Oki Muraza saat memberikan pelatihan didampingi oleh Dr. Tripanjiasih Susmiarsih, S.Si, M.Biomed, PA. (Wakil Rektor II UY).

“Semoga Pelatihan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dengan harapan akan lebih banyak lagi publikasi yang dihasilkan dari Univ. YARSI dan menjadi amal shaleh bagi Bapak Ibu sekalian,” ujar Prof. Jurnalis mengakhiri sambutannya.

Pelatihan ini mendatangkan instruktur yang sangat berpengalaman Prof. Dr. Oki Muraza, seorang peneliti dari Center of Research Excellence in Nano Technology (CENT) in Chemical Engineering Department King Fahd University of Petroleum and Minerals di Saudi.

Prof. Oki dalam pemaparannya menekankan bagaimana caranya agar paper/artikel hasil penelitian terutama 50 peserta yang hadir terdiri dari dosen, Ka. Prodi, dan Dekan fakultas-fakultas yang ada di UY bisa masuk di jurnal dengan peringkat/quartel Q-1, Q-2, atau Q3. Pada kesempatan itu hadir pula Wakil Rektor II UY, Dr. Tripanjiasih Susmiarsih, S.Si, M.Biomed, PA. yang bertindak sebagai penanggungjawab acara ini.

Perlu diketahui bahwa Quartile (Q) menunjukkan peringkat sebuah jurnal. Terdapat empat tingkat Quartile (Q) sebuah jurnal, yaitu: Q1, Q2, Q3, dan Q4. Tingkat tertinggi adalah Q1 dan terendah adalah Q4. Pemeringkatan ini salah satunya ditentukan oleh banyak-sedikitnya seseorang yang melakukan sitasi dari artikel-artikel yang dimuat di jurnal yang bersangkutan.

“Paper atau artikel sering di reject karena masalah bahasa dan kualitas gambar yang sangat buruk, hal ini perlu kita upgrade agar paper yang kita tulis bisa accept” kata Prof. OKI.

dukung3
Para peserta sangat antusias mengikuti Pelatihan Pembuatan Jurnal, sebagian peserta langsung praktek di laptop masing-masing bagaimana men-upload paper ke jurnal secara online.

Disamping itu menurut Prof. Oki da 3 (tiga) hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat artikel yaitu bagian title, abstract, dan conclusion. Karena bagian-bagian ini pasti dibaca oleh editor yang akan memberikan assessment pada reviewer di jurnal.

“Seperti yang kita dengar tadi, Prof. Jurnalis memberi dukungan yang sangat kuat untuk meningkatkan publikasi di Universitas YARSI dengan insentif yang cukup,” tegas Prof. Oki.

Tidak hanya itu, untuk menunjang upaya tersebut UY juga sudah menyiapkan staf-staf sebagai tenaga operator yang akan membantu para dosen memasukan artikelnya ke jurnal melalui internet. Hal itu disiapkan agar para peneliti lebih fokus pada pembuatan papernya. Sebagaimana diketahui bahwa para dosen sangat memiliki keterbatasan waktu, disamping meneliti, mereka juga harus mengajar, apalagi bagi dosen perempuan juga harus mengurus anak dan rumahtangga. (ART)

Universitas YARSI, Universitas Islami Berkualitas…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.