Rektor Universitas YARSI: Kemampuan Komunikasi di Era Digital Harus Dikuasai Mahasiswa

“Di era digital industri 4.0 ini, para mahasiswa atau mahasiswi tidak cukup hanya memiliki kemampuan atau daya kreatif, kolaboratif, dan berpikir kritis. Lebih dari itu, yang tidak kalah penting ialah kemampuan komunikasi.” kata Prof Fasli, saat pembukaan sharing komunikasi dan motivasi, disadur dari tribunnews.com pada hari Jumat, 23 Agustus 2019 di Universitas YARSI.

“Manfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini. Kita dapat menghadirkan pakar komunikasi dan motivator hebat di tengah jadwalnya yang sangat padat berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.” Ucap Rektor Universitas YARSI Prof. dr. Fasli jalal, Ph.D. Sebelum pakar komunikasi dan Motivator Dr. Aqua Dwipayana memulai lancarkan bahasa terbaiknya.

Saat Dr. Aqua mengawali topiknya yang bertajuk “Mewujudkan Perilaku Cerdas Berintelektual Dengan Menumbuhkan Semangat Cinta Kampus Sebagai Dunia Akademik Bermartabat”, suasana masih seperti biasa, audien nampak serius saat video-video pendek inspiratif mulai diputar.

Menurut motivator kondang itu, kuci sukses adalah REACH, yakni respect, emphaty, audible, clarity, humble. Berkomunikasi dengan siapapun akan lancar jika dilandasi dengan menghormati, menunjukkan empati, komunikasi harus didengar baik oleh mitra bicara, pesan yang disampaikan harus dengan kata yang baik dan jelas untuk menghindari multitafsir, dan yang terakhir adalah rendah hati. Begitu penjelasan Dr. Aqua kepada Mahasiswa, mahasiswi, dan civitas Universitas YARSI.

Dr. Aqua menyarankan agar mahasiswa jangan hanya berkutat didalam kelas saja, itu cukup sampai tahap 2 saja atau semester 4, selebihnya dianjurkan untuk aktif di organisasi atau magang menyesuaikan jurusan masing-masing. Dengan seperti itu dapat membantu mahasiswa dan mhasiswi mendapatkan pekerjaan usai kuliah nantinya

“Luruskan niat, bulatkan tekad, iringi dengan doa, usaha sungguh-sungguh. InsyaAllah adik-adik akan sukses,” tutup Dr. Aqua.

2 thoughts on “Rektor Universitas YARSI: Kemampuan Komunikasi di Era Digital Harus Dikuasai Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *