FTI UY Selenggarakan Pelatihan Augmented Reality (AR) dan Open Source Application in Library yang Diikuti oleh Mahasiswa Universiti Sains Malaysia (USM)

Pada tanggal 19-27 Agustus 2019, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI menyelenggarakan kegiatan Summer Course 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama dalam bentuk student mobility antara Universitas YARSI dan Universiti Sains Malaysia (USM) setelah kunjungan perwakilan Universitas YARSI ke Malaysia tahun lalu.

 

“Ada kerja sama di sana, jadi kita buat yang namanya  MoU dan terdapat beberapa poin, sekarang kita follow up bagian kita dulu di Yarsi dengan Summer Course yang mengundang mahasiswa USM. Nantinya mungkin kita akan kirim mahasiswa YARSI kesana.” tutur Nova Eka Diana, S.Kom, M.Eng selaku pembina dan penanggung jawab Summer Course 2019.

Summer Course kali ini pada dasarnya adalah pelatihan pembuatan serta pengaplikasian augmented reality (AR) dalam sebuah program. Pembukaan acara dilaksanakan pada hari Senin (19/08/2019) dengan sambutan dari Dr. Ummi Azizah Rachmawati, S.Kom, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi serta sambutan dari Kepala Program Studi Teknik Informatika dan Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi, Herika Hayurani, S.Kom, M.Kom dan Nita Ismayati, S.IP., M.Hum.

Para Peserta Pelatihan Augmented Reality (AR) dan Open Source Application in Library

Rangkaian selanjutnya dari acara pembukaan adalah sharing session antara mahasiswa UY dengan mahasiswa USM tentang profil universitas, organisasi, suasana belajar, prestasi, dan lain-lain. Selanjutnya, terdapat pengisian materi tentang Open Source Application in Library oleh Wardiyono, SS., MBA. Rangkaian acara pembukaan Summer Course ditutup dengan touring Yarsi yang dipandu oleh HIMAPY.

Pelatihan Open Source Application in Library oleh Wardiyono, SS., MBA

Kegiatan inti Summer Course yaitu pelatihan augmented reality dilangsungkan selama 6 hari dari tanggal 20-27 Agustus 2019 dan diikuti oleh 16 mahasiswa FTI UY dan 3 orang mahasiswa USM. Didampingi oleh tiga orang mentor yang merupakan mahasiswa FTI UY angkatan 2015 yaitu Muhammad Reza Aditya, Muhammad Nuh, dan Novian Gilang Bujana,  pelatihan dilakukan di Lab Multimedia lantai 5 Universitas Yarsi.

Pelatihan Augmented Reality (AR) oleh Nova Eka Diana, S.Kom, M.Eng

Peserta mempelajari berbagai hal terkait augmented reality mulai dari 3D modelling,  penggunaan AR Core, manipulasi dan interaksi objek AR menggunakan Unity hingga pembuatan aplikasi AR dan database. Peserta kemudian membuat kelompok dan mengerjakan tugas akhir yaitu membuat aplikasi yang mengimplmentasikan komponen-komponen yang sudah diajarkan.

3D Modelling

Pertemuan terakhir diisi dengan presentasi project dari masing-masing kelompok yang disaksikan Dekan FTI UY, dilanjutkan dengan  rekaman video untuk konten terbaru Yarsi TV serta pemberian cendera mata dari Universitas Yarsi kepada mahasiswa USM.

3 mahasiswa internasional dari USM sedang mengerjakan Proyek AR

Suriah, salah satu mahasiswa perwakilan USM memaparkan “Saya bersyukur dapat mengikuti Summer Course, karena saya dari bidang yang lain tapi diberi peluang untuk mempelajari suatu hal yang baru, sambutan dari teman-teman disini juga sangat baik.”.

Peserta berharap kegiatan seperti ini terus diadakan di tahun-tahun berikutnya. Rangkaian acara ditutup dengan makan malam bersama yang dihadiri oleh dosen FTI dan peserta Summer Course 2019. (CAY).

Leave a Reply

Your email address will not be published.