Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. dapat Kado Istimewa saat Fakultas Kedokteran-Universitas YARSI Peringati Tahun Baru Islam 1441 H.

Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi (UY) selenggarakan acara syukuran untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah (Rabu, 04/09/2019) dan sekaligus memberikan sebuah kado istimewa buat Rektor UY, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D yang baru saja milad ke-66 di Ruang FK lantai 2 (dua) UY Jakarta.

Selain Rektor, Dekan, Kaprodi, Dosen, dan Tenaga Kependidikan FK-UY sebagai penyelenggara, acara ini juga dihadiri oleh Prof. Hj. Qomariyah RS, dr., MS., PKK., AIFM (Ketua Senat Univeristas), Prof. Dr. Dra Endang Purwaningsih, MS, PA (Ka. Prodi Magister Sains Biomedis UY), dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG, MARS, MH.Kes. (Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Seluruh Indonesia/AFKSI), dan dr. Slamet Sudi Santosa, MPd.Ked (alumni FK-UY), serta Ny. Zuraida Jurnalis Uddin mewakili Ketua Pengurus Yayasan YARSI.

dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc., Ph.D (Dekan FK-UY) saat pembukaan mengatakan bahwa suatu kebahagian bagi FK-UY mengadakan acara ini karena di bulan Muharram banyak sekali mengandung keistimewaan. Di mana menurutnya salah satu mementum tahun baru Islam itu ditandai dengan kepindahan Rasulullah Saw dari Mekkah ke Madinah. Setelah sekian tahun berdakwah, namun perkembangannya tidak begitu pesat, maka beliau hijrah (pindah) ke Madinah dan di sana memperoleh pencerahan baru.

Peringati Tahun Baru Islam-2
dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG, MARS, MH.Kes., Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, dr. Slamet Sudi Santosa, MPd.Ked, dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc., Ph.D., Ny. Zuraida Jurnalis Uddin, dan Prof. Hj. Qomariyah RS, dr., MS., PKK., AIFM

“Makna ini sebenarnya bisa kita teladani, di mana saatnya kita berbenah untuk menjadi lebih baik dan alhamdulillah Allah telah memberi kita rezeki yaitu kita berhasil mengembalikan Akreditasi A pada FK-UY, serta ke depan jauh lebih baik lagi,” kata dr. Rika yang diaminkan oleh segenap hadirin.

“Barangkali nanti berkat bimbingan Bapak Rektor, dr. Awang, dr. Slamet, dan dr. Marlito, dan senior-senior di FK-UY kita bisa moving power tidak hanya akreditasi nasional, namun sudah saatnya kita mencoba untuk akreditasi internasional,” tambah dr. Rika bersemangat.

Selanjutnya Rektor UY dalam sambutannya mengatakan bahwa wajah UY ditentukan oleh FK-nya karena sudah 52 tahun sejak berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran YARSI hingga sekarang menjadi universitas dengan menghadirkan fakultas-fakultas berbagai disiplin ilmu yang lain. Demikian pula halnya dengan populasi dosen di UY, menurutnya separuh adalah dosen dari FK.

Bagian terpenting dari prestasi-prestasi UY termasuk juga berhasilnya mendapatkan akreditasi A untuk Prodi Akademik dan Prodi Profesi, menurutnya berkat kecanggihan baik dalam manajemen maupun profesionalisme dari jajaran FK-UY itu sendiri.

“Kami mendukung penuh segala upaya yang sudah dirintis oleh ibu dekan dengan banyak terobosan-terobosan yang saya lihat sungguh luar biasa,” ujar Prof. Fasli Jalal.

Peringati Tahun Baru Islam-3
Acara Tasyakuran ditutup dengan makan siang bersama

“Mudah-mudahan ini sebagai bukti bahwa hijrah kita bukan melompat satu langkah, tapi melompat beribu-ribu langkah ke depan dan selamat berjuang,” pungkas Prof. Fasli Jalal mengakhiri sambutannya.

Prof. Fasli Jalal mendapat sebuah kejutan dari FK-UY berupa sebuah kado istimewa yang diserahkan oleh dr. Rika sebagai hadiah atas ulang tahunnya yang ke-66 jatuh pada 01 September 2019 lalu. Sebelum makan siang bersama, ada sepatah-dua patah kata dari dr. Awang mengenai aktifitas AFKSI dan dr. Slamet yang juga pernah menjabat sebagai Ketua AFKSI berbicara tentang pengalaman masa kuliah di FK-UY. (ART)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.