Bersaing di Dunia Kerja, Praktisi dan Alumni Universitas YARSI Bekali Mahasiswa FPsi-UY dengan ‘Soft Skill’

Fakultas Psikologi Universitas YARSI menggelar Seminar Pembekalan Soft Skill ‘Praktisi dan Alumni Berbagi: Melejitkan Potensi dan Memantaskan Diri di Dunia Kerja’ (Jumat, 11/10/2019) dengan tema “Menjadi Sarjana Psikologi Tangguh” di FPsi-UY ruang 647 lantai 6 (enam) Gedung UY Jakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 55 orang peserta yang terdiri dari 30 mahasiswa tingkat akhir (sedang menyusun skripsi) dan 25 orang calon wisudawan FPsi-UY ini dilaksanakan dalam bentuk dialog dan pelatihan singkat yang dibagi dalam dua sesi.

Sesi pertama, mengulas tentang karakteristik pekerja yang dicari oleh user dan berbagai tips serta trik untuk dapat bertahan dan mengembangkan karier di bidang yang digeluti oleh Karina Ramadiza, S.Psi. Judul materi yang disampaikannya oleh Alumni FPsi-UY angkatan 2008 adalah Alumni berbagi: Menjadi Freshgraduate yang Dicari, Kiat Sukses Memasuki dan Bertahan di Dunia Kerja.

Sedangkan sesi kedua membahas mengenai gambaran profesi psikolog dan langkah-langkah serta hal-hal yang seharusnya dilakukan untuk menjadi seorang psikolog profesional diberikan oleh Euis Desy Mayangsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Alumni angkatan 2010 FPsi UY menyampaikannya materi yang berjudul Praktisi Berbagi: Mengenal Profesi Psikolog dan Bagaimana Mewujudkannya.

Bersaing_di_Dunia_Kerja.2
Dr. Ade Nursanti, M.Ed (Ketua Program Studi Psikologi UY) menyampaikan kata sambutan saat membuka acara seminar di FPsi-UY.

Merupakan kebanggaan bagi UY, kedua pembicara tersebut adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas YARSI yang telah berhasil menjadi seorang psikolog dan berkiprah sebagai profesional psikolog di masyarakat. Mereka juga telah berhasil meniti karirnya di perusahaan nasional dari entry level dan mengalami peningkatan jenjang karir yang cukup baik.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dr. Octaviani Indrasari, BA (Hons), M.Si (Dekan FPsi UY) yang diwakilkan kepada Dr. Ade Nursanti, M.Ed (Ketua Program Studi Psikologi UY) mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dunia kerja profesional maupun entrepreuneur yang dapat ditekuni pada mahasiswa maupun calon Sarjana Psikologi.

Dr. Ade menjelaskan sebagai institusi yang terus berkembang dan siap menghadapi persaingan global, FPsi UY terus berusaha melahirkan lulusan yang berkualitas dan profesional. Upaya ini dimulai dari proses penerimaan mahasiswa baru hingga proses perkuliahan. Proses tersebut dirancang sedemikian rupa agar lulusan Fakultas Psikologi Universitas YARSI memiliki pengetahuan dan kompetensi yang mumpuni. Kompetensi yang bagus ini pun perlu mendapat penguatan dengan soft skill lain yang dapat membantu mereka bersaing di dunia kerja.

Bersaing_di_Dunia_Kerja.3
Seminar Pembekalan Soft Skill ‘Praktisi dan Alumni Berbagi: Melejitkan Potensi dan Memantaskan Diri di Dunia Kerja’ di FPsi-UY ruang 647, gedung UY lantai 6.
Bersaing_di_Dunia_Kerja.4
Euis Desy Mayangsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog. saat menyampaikan materi yang berjudul Praktisi Berbagi: Mengenal Profesi Psikolog dan Bagaimana Mewujudkannya.

“Soft skill yang diperlukan diantaranya kemampuan mengenali lingkungan kerja, mengenali apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja, membawa diri di lingkungan kerja, menampilkan diri secara profesional dan lain sebagainya,” kata Dr. Ade.

Dunia kampus dan dunia kerja menurut Dr. Ade merupakan dua dunia dengan karakteristik yang berbeda. Di kampus, suasana dan kegiatan disiapkan untuk menempa mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh dan berpengetahuan, sedangkan dunia kerja berkarakteristik utama memerlukan realisasi karya berdasarkan apa yang dibutuhkan dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki. Pun demikian dunia kerja menuntut adanya pengembangan pengetahuan baru agar dapat memenuhi tuntutan kerja.

“Oleh karena itu, kami mengusulkan untuk mengadakan serangkaian kegiatan sharing dari praktisi dan alumni,” ungkap Dr. Ade.

Bersaing_di_Dunia_Kerja.5
Peserta seminar foto bersama pemateri Karina Ramadiza, S.Psi. dengan judul materi Alumni berbagi: Menjadi Freshgraduate yang Dicari, Kiat Sukses Memasuki dan Bertahan di Dunia Kerja.

Dr. Ade mengharapkan dari sharing ini para mahasiswa tingkat akhir dapat memiliki dasar pengetahuan mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat memasuki dunia kerja dan dapat berkembang di sana. Sharing dengan mendatangkan alumni yang sudah memiliki jam kerja namun masih dekat dengan dunia kampus, diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih mudah memahami hal-hal yang perlu disiapkan memasuki jenjang setelah tingkat perkuliahan ini.(ART)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.