Universitas YARSI Dikunjungi Tokoh Pendidikan Kesehatan Kaliber Dunia

JAKARTA, YARSI – Kamis 9 Januari 2020 Universitas Yarsi (UY) menerima kunjungan petinggi bidang pendidikan kesehatan dari Cintana Education partner Arizona State Univesity Amerika Serikat. Mereka adalah Mr. Paul Tan (Director of Partnerships and Strategy, Asia), Francisco Gutierrez, MD, MBA , MHS, (Senior Vice President of Madicine & Health Sciences For Laureate Education 2008-2019), dan Neel Broker (CEO: Europe & Middle East Asia/Chief Benefit Ofcr, Laureate Education Inc, serta didampingi oleh Prof. Dr. Hafid Abbas (Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan profesor pendidikan di Universitas Negeri Jakarta). Kehadiran mereka tersebut untuk menjajaki kerjasama dengan UY.

Kehadiran tamu diterima Rektor UY Prof. Dr H. Fasli Jalal Ph.D. di Ruang Rektorat lantai 1 gedung UY. Seusai disambut, Fasli Jalal didampingi sekretaris Yayasan Yarsi, Shanti Jurnalis, Sp.A, M. Kes, dr Miranti Pusparini, M. Pd (Ked). (Wakil Rektor I), Dr. Tripanjiasih Susmiarsih, S.Si, M. Biomed, PA. (Wakil Rektor II), serta beberapa Dekan dan dosen UY lainnya mengajak tamu berkeliling melihat secara langsung ruangan dan fasilitas kampus UY, di gedung megah UY yang terletak di Jl. Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kesehatan Kaliber Dunia - 2
Tamu-tamu dari Cintana Education diajak berkeliling melihat langsung fasilitas yang dimiliki oleh Universitas YARSI, dari kiri ke kanan: Prof. Dr. Hafid Abbas, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Mr. Neel Broker, Mr. Paul Tan, Mr. Francisco Gutierrez, MD, MBA , MHS, dan Dr. Tripanjiasih Susmiarsih, S.Si, M. Biomed, PA.

Setelah berkeliling melihat dari dekat ruangan dan fasilitas kampus UY, para tamu diajak memasuki Ruang Rapat Rektorat UY. Di ruangan ini, para tamu disambut oleh para dosen dan karyawan yang juga turut mengikuti pertemuan tersebut. Pada kesempatan itu, tamu dan hadirin bersama-sama menyaksikan tayangan video profil Universitas YARSI, serta Rumh Sakit YARSI.

Usai menyaksikan tayangan video beserta pejelasannya, Francisco Guiterrez, MD, MBA, MHS bercerita seputar Cintana, seta menyampaikan maksud kedatangan mereka ke UY. Dr. Guiterrez adalah wakil Presiden Senior Ilmu Kedokteran dan Kesehatan untuk Pendidikan Laureate pada 2008 hingga 2019. Di bawah kepemimpinannya Lureate menjadi pendidikan professional kesehatan terbesar di dunia ndonesia, dengan lebih dari 255.000 mahasiswa. Capaian yang diperoleh, pada puncaknya pada 18 negara, di 37 institusi dan 158 kampus.

Prestasi lain Laureate, bersama Dr. Gutierrez mengoperasikan perusahaan konsultan khusus dalam ilmu kesehatan. Sebelumnya Ia adalah Direktur Praktek Kesehatan Internasional PwC di Washington DC. Dia menerima gelar Doktor Medis dan MBA dari Universidad Nacional Autonoma de Meksiko, dan Magister Keuangan Kesehatan dar Sekolah Kesehatan Masyrakat Johns Hopkins Blooberg.

Kesehatan Kaliber Dunia - 3
Saat dialog dan diskusi di ruang Rapat Rektorat, terlihat Dr. Vitri Tundjungsari, S.T., M.Sc, Prof. Dr. Hafid Abbas, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Mr. Francisco Gutierrez, MD, MBA , MHS, Mr. Neel Broker, Mr. Paul Tan, dan Shanti Jurnalis, Sp.A, M. Kes, dr Miranti Pusparini, M. Pd (Ked)., dan Prof. dr. Hj. Rika Yuliwulandari, MSc, PhD.

Guiterrez juga juga anggota lanjutn American Association for Physician Leadership, dan diakui sebagai pembicara internasional tentang isu-isu yang berkaitan dengan inovasi dalam pendidikan profesi kesehatan. Dia juga telah melayani pada penunjukan dosen tambahan di Sekolah Bisnis Mc Donouch Universitas Georgetown, dan dosen tetap di Universitas Harvard.

Sementara itu di Indonesia beliau juga sudah menyajikan pandangannya sebagai dosen tamu di Universitas Muhammadiyah Malang. Sedangkan di tingkat internasional, beliau juga sebagai dosen tamu di Universitas Texas, Universitas Colombia, Universitas Johs Hopkins, serta di beberapa institusi medis akademik dan Universitas terkenal di seluruh dunia.

Kesehatan Kaliber Dunia - 4
Pejabat Struktural UY dan para dosen yang turut hadir dalam pertemuan dengan Cintana Education.

Dari kunjungannya ke Universitas YARSI tersebut dapat dimaknai bahwa dunia pendidikan khususnya bidang kesehatan punya prospek baik di Indonesia. Dan dengan kunjungannya tersebut UY diharapkan mampu menangkap momen ini dengan melanjutkan kesepakatan untuk kerja sama antara pendidikan kesehatan di tanah air dengan dunia pendidikan kesehatan tingkat dunia.
Di ujung acara kunjungan Cintana Education kali ini, mereka diarak meninjau Rumah Sakit (RS) YARSI yang memiliki fasilitas lengkap dan mewah dan langsung dipandu oleh Direktur Utama RS YARSI – dr. Mulyadi Muchtiar, MARS. RS YARSI merasa sangat penting dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena memberikan kemudahan akses kepada pasien. Hal ini sejalan dengan penetapan RS YARSI sebagai RS kelas B, yang berarti menyediakan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjut. Selain itu, bahwa RS YARSI juga merupakan RS yang dipersiapkan sebagai RS Pendidikan bagi para calon dokter Fakultas Kedokteran Universitas YARSI, yang telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi – Kemenristekdikti. (ART/WS)

Kesehatan Kaliber Dunia - 5
Shanti Jurnalis, Sp.A, M. Kes, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Sri Yuliani, S.Sos., dan dr Miranti Pusparini, M. Pd (Ked). kembali menuju Universitas YARSI usai melepas rombongan Cintana Education di RS YARSI.

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.