Rektor UY – Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. Hadiri Sosialisasi Visi-Misi Prodi MKn SPS-UY dan Tasyakuran Prestasi Mahasiswa di Ranah Nasional

Program Studi (Prodi) Magister Kenotariatan Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI (SPS-UY), secara resmi mengawali kegiatan akademik kampus dengan berbagai kegiatan untuk menyambut kehadiran para mahasiswa/wi baru Semester Genap TA 2019/2020 yang dipimpin langsung oleh Kaprodi MKn – Dr. Hj. Endang Purwaningsih, SH., M.Hum., MKn. (Jumat, 14 Februari 2020) di Menara YARSI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Berbagai kegiatan Prodi MKn SPS-UY ini seperti 1) Penyambutan Mahasiswa Baru Program Studi Kenotariatan Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI dan Kegiatan Perkenalam Organisasi Himpunan Mahasiswa dan Alumni Prodi MKn SPS UY; 2) Sosialisasi Visi dan Misi Prodi MKn SPS UY; 3) Workshop Penulisan Tesis dan Metodologi Penelitian; dan 4) Tasyakuran atas Pencapaian Prestasi Mahasiswa Prodi MKn SPS-UY.

Hadiri Sosialisasi-2
Kaprodi MKn – Dr. Hj. Endang Purwaningsih, SH., M.Hum., MKn. Menerima potongan tumpeng pertama dari Rektor UY – Prof. dr. Fasli Jalal, PhD.

Rektor UY – Prof. dr. Fasli Jalal, PhD. turut hadir dan dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi semua kegiatan yang dilakukan oleh MKn SPS-UY ini terutama kepada Kaprodi MKn – Dr. Endang dan Tim menurut Rektor telah melakukan sesuatu yang ‘mission impossible’ dalam memperjuangkan sesuatu dengan capaian yang luar biasa.

“Mungkin kita (Prodi MKn SPS-UY) salah satu ‘pemecah telur’ meski belum punya lulusan tapi sudah mencapai Akreditasi B,” ucap Prof. Fasli Jalal.

Namun, semua itu dapat diraih, kata Prof. Fasli Jalal karena kesiapan Prodi MKn SPS-UY dalam menata input dan proses, serta memprediksikan lulusan kita nanti ke depan. Sehingga pada akhirnya para assesor menyepakati Prodi MKn SPS-UY layak mendapatkan Akreditasi B.

“Belum punya lulusan saja kita sudah meraih Akreditasi B, apalagi sudah punya lulusan akan bisa mencapai A,” ujar Prof. Fasli Jalal yakin yang disambut dengan tepuk tangan hadirin.

Pada kesempatan tersebut, MKn – Dr. Endang juga memperkenalkan para dosen tetap MKn juga organisasi Himpunan Mahasiswa dan Alumni (HIMA) Prodi MKn kepada mahasiswa baru. Menurutnya, kehadiran HIMA adalah sebagai wadah komunikasi antar angkatan mahasiswa dan alumni yang diharapkan terjalin kesinambungan pengembangan potensi, baik di bidang akademik maupun terkait perihal dunia kenotariatan.

“Kehadiran mahasiswa baru diharapkan dapat menjadi elemen stakeholder pengembangan Prodi MKn yang berprestasi dan mencerminkan karakter good university governance di lingkungan Universitas YARSI,” ungkap Dr. Endang.

Hadiri Sosialisasi-3
Kaprodi MKn – Dr. Hj. Endang Purwaningsih, SH., M.Hum., MKn. sedang memaparkan materinya dalam workshop Penulisan Tesis dan Metodologi Penelitian.

Pada kegiatan selanjutnya, Dr. Endang menjelaskan para mahasiswa diberikan pemahaman terkait Visi “mewujudkan program studi Magister Kenotariatan yang bermutu tinggi, mampu bersaing dalam fora nasional dan internasional sesuai Islam, dan termasuk dalam kelompok 10 program studi Magister Kenotariatan terbaik di Indonesia pada tahun 2030”, dan Misi “Pertama, menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Islam; Kedua, mengembangkan ilmu Kenotariatan melalui pendidikan dan penelitian dengan menjalin kerjasama baik nasional dan internasional, serta menerapkan hasilnya kepada masyarakat pengguna sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai Islam; dan Ketiga, menyiapkan SDM calon notaris yang mampu menggunakan ilmu Kenotariatan bagi kepentingan masyarakat pengguna khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada hari yang sama, Prodi MKn SPS UY mengadakan Workshop Penulisan Tesis dan Metodologi Penelitian, diharapkan mahasiswa dan dosen tergerak untuk go Simlitabmas (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Menurut Kaprodi MKn SPS UY sekaligus sebagai narasumber, Dr. Endang Purwaningsih, untuk menyatakan mutu karya tesis ditentukan oleh kemampuan ‘pisau bedah’ penulis.

“Oleh karena itu, guna meningkatkan mutu mahasiswa dalam menulis tesis yang diikuti oleh Mahasiswa semester II dan III, maka kegiatan semacam ini akan menjadi agenda rutin Prodi MKn SPS-UY,” jelas Dr. Endang.

Sebab, kata Dr. Endang selain memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk dapat bisa dan ahli dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, baik dalam bentuk artikel, jurnal, maupun penulisan tesis, dengan diagendakannya kegiatan semacam ini oleh Prodi MKn SPS-UY, diharapkan mahasiswa yang telah mengikuti Workshop penulisan karya ilmah ini nantinya dapat menyelesaikan tugas akhirnya berupa Tesis dengan baik dan cepat.

Hadiri Sosialisasi-4
Tim Mahasiswa peserta lomba Akta Notaris dan Akta PPAT menerima piala dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dan penghargaan dari Universitas YARSI.

Selain acara silaturahim antar angkatan, diadakan juga tasyakuran atas prestasi mahasiswa yang meraih Juara II Tingkat Nasional Penulisan Akta Notaris Berbahasa Hukum Logika Hukum dan Juara III Penulisan Akta PPAT Terapih, yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Prodi MKN PTS seluruh Indonesia di Bandung (UNPAS), 30 Januari -1 Februari 2020.(Edg/ArT)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.