Pertama Kali Universitas YARSI Gelar Baiat Dokter Gigi Baru secara Online

Baiat dokter gigi baru Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas YARSI (UY) untuk pertama kalinya dalam sejarah FKG-UY dilaksanakan secara online (Rabu, 15/04/2020) melalui sebuah aplikasi di dunia maya ‘Zoom Meeting’ yang diikuti sebanyak 33 orang ditambah undangan dan sekaligus juga tayang (live streaming) di Instagram disaksikan oleh sekitar 163 viewers, serta di Youtube disaksikan oleh 130 viewers.

Acara yang seharusnya dilaksanakan di salah satu ruang auditorium di lantai 12 Menara YARSI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini diikuti pula oleh Ketua Pengurus Yayasan Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. (Rektor UY), dr. Miranti Pusparini, MPd.(Ked.)/Wakil Rektor I, Dr. Dra. Himmi Marsiati, MS. (Wakil Rektor III), wakil dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) YARSI – drg. Niki. Termasuk 4 (empat) orang peserta baiat drg baru FKG UY yaitu drg. Sinta Primanita Amanah, S.KG (Angkatan 2013), drg. Riska Juniar, S.KG. (Angkatan 2013), drg. Trivia Wulandhari, S.KG. (Angkatan 2013), dan drg. Putri Karimah Pratiwi, S.KG. (Angkatan 2013).

Baiat Dokter Gigi Baru secara Online-2
Suasana Baiat Dokter Gigi Baru FKG-UY yang dilaksanakan secara online dengan aplikasi Zoom Meeting.

drg. Djuned Prasonto, Sp.KGA (Kaprodi Profesi FKG-UY) pada kesempatan ini bertindak selaku Ketua Panitia Baiat dokter gigi baru FKG-UY mengatakan bahwa acara baiat kali ini sudah diagendakan sejak lama. Sehubungan dengan kondisi saat ini adanya wabah pandemi Covid- 19, maka disepakati dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Metting yang telah disediakan pihak universitas YARSI. Kelebihan aplikasi yang digunakan sangat sederhana dan mudah digunakan, kelemahannya aplikasi ini membutuhkan jaringan internet maka kualitas jaringan/sinyal internet sangat memegang peranan penting pada aplikasi online ini,” jelas drg. Djuned.

“Persiapan konsep dan teknis pelaksanaan acara ini telah dipersiapkan kurang lebih selama 2 (dua) minggu sebelumnya,” kata drg. Djuned Prasonto, Sp.KGA.

Jalannya acara dibuka oleh Ketua Senat FKG UY Dr. Sonya Priyadharsini, drg. M.Si kemudian pembacaan baiat dokter gigi baru oleh Dekan FKG UY, Prof. Dr. Bambang S. Trenggono, drg. M.Biomed kepada lulusan dokter gigi baru.

Selanjutnya sambutan-sambutan dari Ketua Pengurus Yayasan YARSI, Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK. dilanjutkan sambutan dari Rektor Universitas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. dan sambutan dari Dekan FKG yang diwakili oleh ketua senat FKG, Dr. drg. Sonya Priyadharsini, MPH. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak M. Syarifuddin.

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan, dukungan dan doanya kepada seluruh pihak, sehingga acara baiat drg baru FKG-UY dapat terlaksana,” tambah drg. Djuned.

Sementara itu, menanggapi acara baiat drg Baru FKG-UY, Wakil Rektor I- dr. Miranti Pusparini, M.Pd.(Ked) sangat memuji pelaksanaan yang dilakukan secara online tersebut. Menurutnya, sungguh suatu kerja yang hebat, dalam waktu yang relatif singkat dan situasi bekerja dari rumah, panitia dapat merencanakan dan mewujudkan baiat daring.

“Karena dilaksanakan secara daring, masalah gangguan koneksi membuat acara terasa kurang khidmat, Namun demikian acara dapat tetap terlaksana walaupun sedang dalam situasi pandemi, sehigga tidak ada penundaan acara,” ungkap dr. Miranti.

“Sungguh suatu kerjasama yang baik di FKG-UY dan patut diapresiasi,” ujar dr. Miranti.

Dekan FKG yang diwakili oleh Ketua Senat FKG drg. Sonya, karena ada kendala teknis jaringan internet pak dekan, mengucapkan selamat untuk keempat dokter gigi baru. “Semoga sukses, ada pembelajaran tentang kehidupan yang tidak diperoleh di bangku kuliah,” kata drg. Sonya.

drg. Sonya juga bepesan kepada para dokter gigi baru agar pandai-pandai menempatkan diri dan jangan puas dengan keadaan sekarang karena tantangan daya saing sudah ada di depan mata. Terakhir disampaikan pula permohonan maaf atas segala kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan Baiat Dokter Gigi FKG-UY yang pertama kali secara online. (ART)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.