FKG UY dan RSGM YARSI Terima Donasi APD dari PDGI Jakarta Pusat

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas YARSI (UY) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) YARSI menggelar acara serah terima bantuan atau donasi Alat Pelindung Diri (APD) untuk kegiatan Pendidikan Kepaniteraan/Koass bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Univ. YARSI dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Jakarta Pusat (Kamis, 2/7/2020) pagi di Ruang Rapat RSGM YARSI.

PDGI adalah satu-satunya organisasi profesi yang menghimpun Dokter Gigi di Indonesia dan telah banyak berkiprah untuk memajukan dan menyehatkan gigi serta membuat senyum masyarakat Indonesia semakin cemerlang. Adapun APD yang didonasikan berupa 50 box Surgical Mask, 50 pcs KN 95 Mask, 50 pcs Protective Goggles, dan 5 pcs Face Helm.

APD tersebut diantarkan langsung oleh rombongan PDGI Jakpus yang terdiri dari Ahmad Syaukani, drg., Sp.Ort; drg. Peteus M Zringko; drg. Yeni Yuliani; drg. Ufo Pramiji; dan Anissa Widiandini. Mereka diterima oleh perwakilan FKG-UY: drg. Audiawati Surachmin, Sp.PM (Ka. Prodi Akademik Kedokteran Gigi-UY) dan M. Syarifuddin. Sedangkan dari RSGM YARSI: drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS. (direktur RSGM YARSI).

FKG UY dan RSGM YARSI Terima Donasi APD dari PDGI Jakarta Pusat - 2
Dari kiri: drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS. (direktur RSGM YARSI), Audiawati Surachmin, Sp.PM (Ka. Prodi Akademik Kedokteran Gigi-UY), dan Ahmad Syaukani, drg., Sp.Ort (Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat) sedang melakukan penandatangan surat serah terima donasi APD dari PDGI Jakpus.

drg. Audiawati mengatakan bahwa pada hakikatnya bantuan itu diperoleh berdasarkan surat permohonan Dekan FKG-UY, Prof. Dr. H. Bambang S. Trenggono, drg., M.Biomed, nomor: 514/DEG/BIA/VI/2020, tertanggal 22 Juni 2020 M (30 Syawal 1441 H) yang ditujukan kepada PDGI Cabang Jakarta Pusat melalui Ahmad Syaukani, drg., Sp.Ort (Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat) di Jl. Pulomas Barat V E No. 15 B, RT 007/11, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Surat tersebut merupakan tindak lanjut Siaran PERS Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik nomor 1325/SP-HMS/06/2020 tentang Pemprov DKI membuka Kegiatan Sosial Ekonomi Bertahap dengan Protokol Khusus, maka kegiatan Pendidikan Kepaniteraan/Koass bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Univ. YARSI akan kembali aktif pada fase kedua.

“PDGI telah meluluskan permohonan FKG-UY dan telah direalisasikannya pada hari ini. Kemudian APD yang diterima diserahkan kepada ke RSGM-YARSI untuk digunakan oleh para mahasiswa FKG-UY yang sedang Koas dan dosen untuk melakukan pendidikan dan pelayanan kepada pasien,” jelas drg. Audiawati.

img src=”https://www.yarsi.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/FKG-UY-dan-RSGM-YARSI-Terima-Donasi-APD-dari-PDGI-Jakarta-Pusat-3.jpg” alt=”FKG UY dan RSGM YARSI Terima Donasi APD dari PDGI Jakarta Pusat – 3″ attachment=”6132″>
Audiawati Surachmin, Sp.PM menerima donasi APD dari Ahmad Syaukani, drg., Sp.Ort didampingi oleh drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS. (paling kiri) dan dua orang perwakilan dari PDGI Jakpus lainnya.

Sementara itu, direktur RSGM YARSI – drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS. Menyebutkan bahwa RSGM YARSI selaku fasilitator bagi Pendidikan Dokter Gigi Universitas YARSI, sangat berterima kasih atas besarnya perhatian PDGI terhadap mahasiswa didik Universitas YARSI terutama yang sedang melaksanakan kepaniteraan di RSGM YARSI.

“Kami saat ini sedang melakukan persiapan untuk pelayanan gigi dan mulut di klinik integrasi bagi para Koass Dokter Gigi yang meliputi infrastruktur, fasilitas, serta pengadaan BHP terkait pentingnya penggunaan APD untuk proteksi yang lebih baik dalam masa new normal ini. Tentunya terdapat penyesuaian agar selaras dengan himbauan PDGI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat ini,” terang drg. Liana.

Selanjutnya, sebagai perwakilan dari FKG-UY, drg. Audiawati mengucapkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT dan juga berterima kasih atas bantuan dari PDGI Jakarta Pusat dan Pengurus Pusat PDGI karena telah memperhatikan kondisi dan keperluan institusi pendidikan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi tempat pendidikan calon dokter gigi di Indonesia.

< FKG UY dan RSGM YARSI Terima Donasi APD dari PDGI Jakarta Pusat - 4
drg. Liana Zulfa, Sp.Perio, MARS. Menyerahkan cinderamata/kenang-kenangan kepada Ahmad Syaukani, drg., Sp.Ort didampingi oleh Audiawati Surachmin, Sp.PM (paling kiri) dan dua orang perwakilan dari PDGI Jakpus lainnya.

“Apalagi di tengah masa pandemi dan kelangkaan serta tingginya biaya pembelian APD,” ujar drg. Audiawati.

“Hal ini akan membantu dalam persiapan pendidikan profesi dokter gigi untuk kembali dibuka, karena juga terkait dengan tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat,” pungkas drg. Audiawati. (ART)

Leave a Reply

Your email address will not be published.