FTI UY Selenggarakan Webinar Series on Information Technology dengan tema “Strategi Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri”

Pada hari Selasa, 28 Juli 2020, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI menyelenggarakan Webinar Series untuk yang pertama kalinya dengan tema “Strategi Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri” yang berlangsung pukul 10.00 – 12.00 WIB. Disiarkan live secara online melalui Zoom Meeting dan Youtube. Dengan jumlah 110 peserta yang hadir pada Zoom Meeting dan sebanyak 305 penonton pada Youtube.

Webinar ini merupakan kegiatan sharing session yang bertujuan untuk tukar cerita seputar pengalaman narasumber yang dapat meningkatkan semangat para mahasiswa maupun pelajar untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Peserta yang mendaftar datang dari banyak kalangan, diantaranya Siswa SMA/MA, Mahasiswa, Alumni, Dosen, dan Orang Tua Siswa.

Rangkaian kegiatan dipimpin dan dibuka oleh Bapak Mubarik Ahmad, S.Kom, M.Kom. selaku Moderator

Mubarik Ahmad, S.Kom., M.Kom. (Dosen Prodi TI UY) sebagai Moderator

 

Penyampaian materi dan sharing pertama diawali oleh Ibu Nova Eka Diana, S.Kom, M.Eng. yang membahas mengenai bagaimana mencari informasi beasiswa. Apa saja yang harus diperhatikan dan persiapan apa saja untuk mengikuti Scholarship.

Dalam pemaparan materinya, berkali-kali Ibu Nova sampaikan dimulai dari bahasa inggris, berkas administrasi, menyusun statement of purpose, kemudian surat rekomendasi dan persiapan lainnya minimal satu tahun sebelumnya sudah dipersiapkan.

“Setelah nyoba satu tahun apakah langsung sukses? Nggak juga . jika memang dia bagus dan lucky nya juga bagus maka ia keterima. Tapi ada juga yang dia sudah bagus secara persyaratan tapi ternyata belum diterima berarti usaha terus, jangan menyerah. Karena kalau kita lihat para pejuang beasiswa diluar sana, kalau kita lihat ke belakangnya mereka tidak langsung diterima juga, beberapa kali dia butuh proses.” tegas Ibu Nova.

Nova Eka Diana, S.Kom., M.Eng. (Koordinator Penelitian TI UY dan Dosen Prodi TI UY) sebagai Narasumber 1. Materi : Informasi dan Persiapan Scholarship

 

Selanjutnya, penyampaian materi dan sharing kedua mengenai tips dan trik meningkatkan bahasa inggris. Kemampuan bahasa inggris sangat penting dalam memenuhi persyaratan beasiswa luar negeri. Materi ini  dibawakan oleh Ibu Nurmaya, S.Kom., M.Eng.

“Bahasa inggris ini yang harus dari jauh-jauh hari dipersiapkan” jelas Ibu Nurmaya.

Ibu Nurmaya juga menjelaskan bahwa Sertifikasi kemampuan berbahasa inggris itu wajib. Sertifikasi bahasa inggris ini memiliki masa berlaku hanya 2 tahun, sehingga untuk mengambil test ini perlu persiapan yang sangat tinggi.

Beliau juga menjelaskan cara mendapatkan sertifikasi yaitu dengan mengambil tes Bahasa Inggris kemudian disesuaikan dengan beasiswa Negara yang dituju. “Kemampuan Bahasa Inggris saya improve saat saya kecanduan baca komik.. jadi modal saya adalah kamus, setiap baca komik online itu sebelah saya ada kamus, jadi ketika saya baca saya menerjemahkan satu-satu dan saya mengartikan apa maksud dari setiap percakapan komik tersebut dan ternyata saya lakukan itu selama 1 tahun nggak menyangka bahwa ternyata Bahasa Inggris saya improvenya sangat tinggi sekali dari sisi vocabulary” tambah Ibu Nurmaya.

Nurmaya, S.Kom., M.Eng., (Sekretaris Prodi TI UY dan Dosen Prodi TI UY) sebagai Narasumber 2 dengan materi: tips dan trik meningkatkan Bahasa Inggris

Pemaparan materi dan sharing terakhir yang tidak lain dan tidak bukan dibawakan oleh Bapak Andreas Febrian, Ph.D. dengan topik Bagaimana mendapatkan Beasiswa di USA.

“Di US sangat suka dengan sesuatu yang namanya Standardized Test, Indonesia juga, contohnya apa? Contohnya adalah UN, ujian masuk ke Universitas itu juga Standardized“ ungkap Bapak Andreas.

Banyak hal yang Bapak Andreas Febrian sampaikan dalam pemaparannya salah satunya beliau menyampaikan bahwa vocabulary yang digunakan GRE  akan jauh lebih banyak dan lebih sulit jika dibandingkan dengan yang digunakan pada TOEFL dan IELTS.

“Jadi bukan hanya grammer, tapi vocabulary juga harus diperbanyak. Kalau kalian tidak siap ikutan ujian GRE, mungkin yang kalian lakukan hanya membaca kemudian duduk tenang dan melihat layar sedikit-sedikit menangis mengeluarkan air mata. Ya Allah, apa ini yang saya baca. Sesungguhnya ini sangat sulit. Ya begitu kalau tidak siap… jadi pastikan kalian siap” tegas Bapak Andreas.

“Fokus pada proses karena hasil akan mengikuti.” tambahnya.

Andreas Febrian, Ph.D (DDirektur PJJ UY dan Dosen Prodi TI UY) sebagai Narasumber 3
Materi: Bagaimana mendapatkan Beasiswa di USA

Setelah sharing dari narasumber terselesaikan, kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab yang diberikan oleh peserta kepada narasumber.

Feedback dari para peserta
Evaluasi dari para peserta

Webinar dengan tema “Strategi Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri” ini merupakan webinar series pertama yang diselenggarakan dan mendapat respon positif dari para peserta. Dengan harapan webinar selanjutnya akan mengupas topik-topik yang lebih menarik, bermanfaat, serta memberikan motivasi tinggi kepada para mahasiwa dan pelajar. (Alfira).

Leave a Reply

Your email address will not be published.