FTI dan FK UY Gelar Webinar tentang Gaya Hidup Sehat Berbasis Teknologi saat Pandemi

Terpanggil untuk mendukung upaya masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI (FTI-UY) mengadakan webinar yang bertajuk “Gaya Hidup Sehat dan Pemanfaatan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (04/08/20) ini diikuti oleh pengurus PKK RW 003 Kelurahan Lenteng Agung melalui aplikasi Zoom. Selain itu, tercatat sejumlah partisipan lain turut mengikuti acara ini secara langsung melalui youtube.

 

Dipandu oleh Drs. Suhaeri, MT sebagai moderator, Prof. dr. Qomariyah MS, PKK, AIFM  dan Mubarik Ahmad, S.Kom., M.Kom. menyampaikan materi penyuluhan secara bergantian. Berlangsung selama kurang lebih 2 jam, para peserta webinar menyimak setiap materi yang disampaikan oleh kedua narasumber yang masing-masing berlatar belakang keilmuan kedokteran dan komputer tersebut dengan seksama.

 

Prof. dr. Qomariyah MS, PKK, AIFM menerangkan pola hidup sehat sebagaimana dikampanyekan oleh pemerintah melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), terutama yang relevan dengan kehidupan di masa pandemi saat ini. Beberapa fakta ilmiah menarik turut diungkap oleh narasumber pertama, misalnya mengenai reseptor yang memungkinkan virus SARS-COV2 untuk masuk ke tubuh manusia. Berikutnya, secara terperinci, Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas YARSI ini menjelaskan gejala-gejala yang timbul pada penderita yang tertular penyakit ini. Terakhir, beliau mengajak para peserta webinar untuk menjalankan gaya hidup sehat yang sejalan dengan protokol kesehatan, misalnya penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan, dan konsumsi makanan bergizi.

Prof. Qomariyah sedang menjelaskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

 

 

Tidak kalah menarik, materi kedua tentang pemanfaatan teknologi pada masa pandemi juga sangat penting bagi masyarakat, khususnya peserta webinar, sekarang ini. Mubarik Ahmad memulai pemaparannya dengan menekankan bahwa new normal tidak bermakna hidup “baru normal”, melainkan tatanan kehidupan baru pasca merebaknya wabah Covid-19. Pemahaman yang benar mengenai new normal tentu perlu disampaikan agar masyarakat tetap waspada mengingat penularan wabah Covid-19 yang masih terus menunjukkan peningkatan. Dosen tetap yang telah bergabung FTI-UY sejak 2013 lalu ini menggarisbawahi pentingnya sinergi antara penggunaan teknologi dan gaya hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, beliau memperkenalkan telemedicine yang membingkai layanan kesehatan bagi masyarakat ke dalam bentuk aplikasi yang ramah bagi penggunanya, misalnya Halodoc dan Alodokter. Tidak luput pula, mahasiswa Program Doktor Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini juga menunjukkan sebuah layanan kesehatan digital yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni Temenin (Telemedicine Indonesia). Salah satu dari empat layanan telemedicine di dalam platform digital ini adalah Tele-Radiologi.

Mubarik Ahmad sedang menjelaskan konsep Telemedicine

Melihat antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta, tajuk yang diangkat pada webinar ini tentu menunjukkan relevansinya dengan situasi yang berkembang di tengah masyarakat pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Lebih lanjut, setiap peserta webinar diharapkan dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan memanfaatkan teknologi bagi dirinya sendiri sekaligus menjadi inspirasi bagi keluarga dan masyarakat luas untuk turut menerapkannya dalam rangka perubahan tatanan kehidupan menuju new normal. Salam sehat. (KFP)

 

Foto bersama dengan para peserta webinar P2M

 

Link Youtube : https://youtu.be/htRkLg-uGZ4

Leave a Reply

Your email address will not be published.