Webinar Prospek Jabatan Notaris Jadi Ajang Meet & Greet Mahasiswa dan Alumni MKn-UY

Himpunan Mahasiswa Magister Kenotariatan Universitas YARSI (MKn-UY) didukung oleh Persaudaraan Alumni Universitas YARSI (Persaluny) menggelar webinar “Prospek Jabatan Notaris” yang sekaligus menjadi ajang Meet & Greet mahasiswa dengan alumni MKn-UY, Jumat (25/09/2020) secara online melalui Zoom Meeting.

Menghadirkan H. Arief Afdal, SH., MKn., seorang Notaris PPAT di Jakarta Selatan yang merupakan alumni Fakultas Hukum (FH) UY menjadi keynote speaker yang dapat mendongkrak semangat almamater dengan luar biasa. Menurutnya, menjadi notaris harus dari panggilan hati dan itu adalah jabatan mulia, karena profesi itu melayani masyarakat banyak dan memegang kepercayaan publik. Kemudian menampilkan para pembicara yang sangat berpengalaman di bidangnya yakni Benny Batubara, SH.MKn adalah alumni angkatan pertama MKn-UY dan Nurul Muna Zahra Prabu, SH., MM, MKn. yang juga alumni angkatan pertama MKn-UY, dengan moderator Arif Triwibowo, SH (Ketua HIMA MKn-UY). Selain diikuti oleh sivitas akademika MKn-UY, webinar ini juga disaksikan oleh masyarakat umum dan dapat diakses melalui live streaming youtube.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitasa YARSI (FH-UY), Dr. Hj. Ely Alawiyah Jufri, SH, MH. sangat mengapresiasi upaya Ketua Program Studi (Kaprodi) MKn-UY, Dr. Endang Purwaningsih, SH., M.Hum, M.Kn. dan segenap tim MKn-UY, meskipun di tengah pandemi Covid-19, masih bersemangat mengadakan webinar yang sampai saat ini adalah webinar yang ke-6.

Prospek Jabatan Notaris - 2
Dekan Fakultas Hukum Universitasa YARSI (FH-UY), Dr. Hj. Ely Alawiyah Jufri, SH, MH. saat menyampaikan kata sambutannya.

“Untuk ibu Kaprodi MKn-UY dan tim, sungguh patut kita ancungi jempol terhadap semangat mereka, meskipun di tengah maraknya wabah pandemi Covid-19, namun terus berupaya menggali dan berbagi ilmu tentang dunia kenotariatan,” kata Dr. Ely.

Mengenai profesi notaris, kata Dr. Ely, selama ada usaha bisnis dan selama masih ada tanah, profesi notaris, PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) apalagi, insya Allah masih akan tetap berjalan. Perlu diketahui bahwa notaris itu adalah satu-satunya pejabat yang tidak dibayar oleh negara. Jadi menjadi seorang notaris harus mampu menghidupi diri sendiri dan semua karyawannya.

Hj. Ely juga mengatakan kepada mahasiswa baru MKn-UY selamat bergabung menjadi keluarga Universitas YARSI yang inshaa Allah lulusan dari MKn-UY nanti menjadi notaris yang handal dan bisa bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Mudah-mudahan sukses selamat mendengar insya Allah kita semua mendapatkan manfaat dalam acara ini kami Amin ya robbal alamin,” kata Dr. Ely mengakhiri sambutannya.

Seperti yang dikatakan Dr. Ely bahwa acara ini berawal dari ide Kaprodi MKn-UY, Dr. Endang dan disambut baik oleh Persaluny dan HIMA MKn-UY, yang mana kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pikiran, semangat, dan pengalaman kepada adik-adik angkatannya. Tujuannya, agar mereka termotivasi dan terinspirasi menjadi Notaris yang mumpuni serta memegang teguh nilai-nilai Islam yang amanah dan adil.

Prospek Jabatan Notaris - 3
Ketua Program Studi (Kaprodi) MKn-UY, Dr. Endang Purwaningsih, SH., M.Hum, M.Kn. saat membuka dan memberikan pengarahan.

“Wadah ini sekaligus mempertemukan para dosen, mahasiswa baru, mahasiswa lama dan alumni serta masyarakat umum,” kata Dr. Endang.

Kegiatan ini, kata Dr Endang, inshaa Allah menjadi kegiatan rutin tiap tahun untuk menyambut mahasiswa baru dan inaugurasi. Kegiatan ini juga merupakan waktu yang tepat untuk bertanya jawab antara mahasiswa yang masih ‘gamang’ dengan dunia kenotarisan dengan para alumni dan notaris.

“Di awal kegiatan, kami menyajikan pemutaran video Profil UY guna sosialisasi visi misi MKn-UY,” ucap Dr. Endang.

Prospek Jabatan Notaris - 4.
Dari kiri atas, Arif Triwibowo (Moderator), Notaris H. Arief Afdhal, SH. MKn. (Keynote Speech), Nurul Muna Zahra Prabu, SH., MM., MKn. (Alumni MKn-UY), dan Beny Batubara, SH., MKn. (Alumni MKn-UY dan Ketua Persaluny MKn-UY).

Dr. Endang juga menjelaskan visi MKn-UY yaitu “Mewujudkan Program Studi Magister Kenotariatan yang bermutu tinggi dan mampu bersaing dalam fora nasional dan internasional sesuai Islam. Sedangkan misinya adalah 1) Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Islam; 2) Mengembangkan ilmu Kenotariatan melalui pendidikan dan penelitian dengan menjalin kerjasama baik nasional dan internasional, serta menerapkan hasilnya kepada masyarakat pengguna sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai Islam; dan 3) Menyiapkan SDM calon notaris yang mampu menggunakan ilmu Kenotariatan bagi kepentingan masyarakat pengguna khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya sesuai Islam.

Kaprodi juga mengatakan bahwa Program Sudi (Prodi) MKn-UY ingin melahirkan calon notaris profesional, di mana MKn-UY memiliki sarana prasarana yang sangat memadai, SDM yang kompeten dan menerapkan kurikulum yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). (Edg/ART)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *