Webinar MKn-YARSI “Pelaksanaan dan Pengawasan Jabatan Notaris di Masa Pandemi”

Setelah sukses mengadakan 8 Webinar sebelumnya, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Magister Kenotariatan Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI (MKn SPS-UY) yang diketuai oleh Ragan Varian Antariksa dan didukung Angkatan ke-5 Mahasiswa MKn SPS-UY, Awdy Fikri Zulhan, S.H sebagai ketuanya kembali menyelenggarakan Webinar berjudul “Pelaksanaan dan Pengawasan Jabatan Notaris di Masa Pandemi” pada tanggal 04 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan secara Live Streaming dalam Youtube Channel YARSI-TV.

Awdy Fikri Zulhan, S.H. selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan, latar belakang diadakannya Webinar ini adalah bahwa notaris dalam menjalankan peran layanan sesuai tugas jabatannya tentu tidak sendirian. Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN) telah mengamanatkan kepada Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia (Menkumham) melalui Majelis Pengawas Notaris (MPN) untuk menjalankan peran pengawasan dan Ikatan Notaris Indonesia (INI) agar peran penegakan kode etik dapat berjalan guna menjaga kehormatan notaris.

Pelaksanaan dan Pengawasan Jabatan Notaris di Masa Pandemi - 2
Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, MARS (kiri atas), Ketua Pelaksana Awdy Fikri Zulhan, S.H. (kanan atas), Moderator Rizki Fajri Zulhan, S.H. (kiri bawah), dan Ketua HIMA MKn-UY Ragan Varian Antariksa (kanan bawah).

“Notaris, MPN, dan INI dengan sinergi dan inovasinya tentu senantiasa diharapkan optimal dalam menjalankan peranannya baik sebelum pandemi maupun saat pandemi Covid-19, serta dalam kondisi meningkatnya jumlah notaris dan akta notaris,” ucap Awdy.

“Sebagai contoh, INI sangat tanggap memberikan respons dengan menerbitkan Surat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia terkait himbauan pencegahan Covid-19 (No. 65/33-III/PP-INI/2020 & 67/35-III/PP-INI/2020),” tambah Awdy.

Webinar ini dihadiri para notaris, akademisi, dosen, advokat, mahasiswa dan khalayak umum, menjadi lahan tumbuhkembangnya academic atmosphere di kalangan civitas academika MKn YARSI, serta membangun link kerjasama dengan Universitas Islam Bandung.

Awdy Fikri Zulhan, S.H. dan Ragan Varian Antariksa (Ketua HIMA) dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dr. Endang Purwaningsih, S.Hum., M.Hum, M.Kn. (Kepala Program Studi Magister Kenotariatan Universitas YARSI) yang telah memberikan bimbingan dan support atas terselenggaranya webinar ini.

Pelaksanaan dan Pengawasan Jabatan Notaris di Masa Pandemi - 3
Dari kiri atas Dr. Irwan Santosa, S.H., Sp.N., M.Kn. (Notaris & PPAT dan Dosen Tetap MKn YARSI) dan Aulia Taufani, S.H. (Notaris Jakarta Selatan dan Pengurus Pusat INI), sedangkan kiri bawah Yhan Kristiawan, S.H (Mahasiswa MKn-UY) dan Dr. Hj. Rini Irianti Sundary, S.H., M.H, (MPD Kabupaten Bandung dan Kaprodi MKn Universitas Islam Bandung).

Pada kesempatan ini pula, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, MARS (Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI) membuka acara dengan memberikan sambutan dan apresiasi atas kerja keras HIMA dan Mahasiswa MKn-UY angkatan 5 hingga Webinar ini dapat terlaksana dengan baik. Direktur juga mengucapkan terima kasih kepada Kaprodi MKn-UY Dr. Endang dan kepada narasumber yang berkenan untuk hadir dan berbagi ilmu dan pengalaman mereka pada webinar ini, diantaranya Dr. Irwan Santosa, S.H., Sp.N., M.Kn., selaku Notaris & PPAT dan Dosen Tetap MKn YARSI, Dr. Hj. Rini Irianti Sundary, S.H., M.H, selaku MPD Kabupaten Bandung dan Kaprodi MKn Universitas Islam Bandung, Aulia Taufani, S.H., selaku Notaris Jakarta Selatan dan Pengurus Pusat INI, Yhan Kristiawan, S.H selaku Pembicara dari Mahasiswa MKn-UY Angkatan 5 serta Moderator Rizki Fajri Zulhan, S.H., yang juga mahasiswa Magister Kenotariatan YARSI Angkatan 5.

“Saya berharap, dengan dilaksanakannya Webinar Series MKn-UY ini, para mahasiswa MKn YARSI nantinya menjadi notaris yang handal,” harap Prof. Tjandra.

“Sedangkan kepada para peserta semoga bertambah ilmu dan wawasannya, serta lebih memahami materi-materi yang disajikan oleh para narasumber, terutama dalam Pelaksanaan dan Pengawasan Jabatan Notaris di Masa Pandemi, sehingga Mahasiswa MKn-UY ke depannya dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat serta mendukung kegiatan belajar mengajar di UY maupun di berbagai kampus lainnya,” pungkas Prof. Tjandra. (ART/EDG)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.