Webinar 10 MKn-UY: “Peran PPAT dalam Transformasi Digital Sertifikat Tanah”

Setelah sebelumnya sukses mengadakan sembilan kali Webinar, Himpunan Mahasiswa Magister Kenotariatan Universitas YARSI (HIMA MKn-UY), kali ini panitia dari angkatan ke-5 (lima) Mahasiswa MKn-UY bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung (UNISBA) mengadakan Webinar dengan mengangkat tema yang sedang hangat di masyarakat dan menarik untuk dikaji yaitu “Peran PPAT dalam Transformasi Digital Sertifikat Tanah” (22/3/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting, serta ditayangkan secara Live Streaming di Youtube Channel YARSI-TV.

Webinar yang diikuti hampir 250 orang peserta ini diadakan dengan dilatarbelakangi untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan progam transformasi digital pada sertifikat tanah oleh pemerintah yang telah menerbitkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (Permen ATR BPN) Nomor 1 tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik. Di mana peran Notaris/PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) ikut menentukan keberhasilan program tersebut. Maka dari itu diperlukan peningkatan kompetensi dan pengetahuan dari Notaris/PPAT terkait proses sertifikat digital maupun layanan BPN yang saat ini telah dilakukan secara elektronik berupa Pendaftaran Hak Tanggungan secara elektronik.

Ketua Program Studi (Kaprodi) MKn-UY Dr. Endang Purwaningsih, S.Hum., M.Hum., M.Kn. mengatakan, sebagai pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun, diharapkan para PPAT aktif mengikuti perkembangan informasi dan teknologi terkait bidang pertanahan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, PPAT diharapkan dapat berbenah diri, meningkatkan kompetensi diri, harus dapat memperbaharui sarana dan prasarana/infrastruktur yang dapat mendukung layanan yang diberikan kepada masyarakat secara elektronik, dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung proses dalam layanan PPAT,” jelas Dr. Endang.

“Saya juga mengharapkan, webinar ini juga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman bagi mahasiswa Magister Kenotariatan sebagai calon Notaris/PPAT, maupun masyarat umum terkait dengan hukum pertanahan khususnya digitalisasi sertifikat tanah,” ucap Dr. Endang.

Peran PPAT dalam Transformasi Digital Sertifikat Tanah - 2
Dari kiri atas: Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), DTM&H., MARS., DTCE., FISR.; Dr. Endang Purwaningsih, S.Hum., M.Hum., M.Kn.; Dr. Irwan Santosa, S.H., Sp.N, M.Kn.; dan Dr. H. Alin Ardinal Widjaksana, S.H., M.Kn.

Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI (SPS-UY), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), DTM&H., MARS., DTCE., FISR. dalam welcoming speech-nya menyampaikan tiga hal yaitu nomor satu adalah kita bertemu pada kesempatan ini tentu harus bergembira walaupun sekarang posisinya kita bertemu lewat layar (online) karena pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari setahun membuat berbagai kehidupan harus disesuaikan. Baik kehidupan sehari-hari yang harus menerapkan protokol kesehatan, juga berimbas pada kehidupan kampus, dan bahkan mungkin kehidupan PPAT.

“Akan tetapi di sisi lain, pandemi ini ternyata juga membawa berbagai perkembangan ilmu dalam banyak hal. Misalnya, tadinya kita tidak pernah menggunakan applikasi Zoom Meeting dalam pertemuan, sekarang kita semua sudah ahli dan pakar menggunakan zoom,” terang Prof. Tjandra dengan setengah bercanda.

Poin kedua yaitu digitalisasi yang tentu saja punya aspek luas, salah satu diantaranya adalah apa yang kita lakukan saat ini merupakan bagian kecil dari digitalisasi. Jadi digitalisasi yang akan dilakukan di bidang sertifikat tanah merupakan salah satu bukti nyata bahwa perkembangan ilmu bukan hanya ada di menara gading, bukan hanya ada ada di kampus tapi langsung masuk di penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya kira apa yang akan kita bicarakan hari ini bisa dilihat dari dua sisi, pertama tentu saja untuk melaksanakan menjelang era digitalisasi ini sebagai wujud nyata dari kerja universitas atau perguruan tinggi yang ikut membantu menyelesaikan masalah bangsa,” ucap Prof. Tjandra.

“Sisi lain adalah peran perguruan tinggi untuk menjalankan Tridharma-nya yang secara konkrit dapat kita temukan di sini, ada unsur pendidikan, begitu juga ada unsur pengabdian kepada masyarakat, dan juga ada unsur penelitian. Dapat dibuktikan bahwa bahan-bahan yang akan disampaikan berdasarkan penelitian yang sudah ada, itu yang kedua,” kata Prof. Tjandra.

Sedangkan yang ketiga, seperti yang disampaikan hampir sama seperti tadi kegiatan hari ini adalah bentuk nyata Tri Dharma perguruan tinggi karena telah melibatkan seluruh civitas akademika. Di universitas atau perguruan tinggi yang ada dosen pengajar, ada mahasiswa, dan saya juga ada alumni, serta masyarakat. Hal ini bentuk konkret dari tiga unsur di sekitar akademika yang juga bentuk konkret dari Tri Dharma (aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) supaya dapat terus berkembang dan diterapkan langsung masyarakat.

Peran PPAT dalam Transformasi Digital Sertifikat Tanah - 3
Dari kiri atas: pembicara dari mahasiswa MKn-UY Yudi Harianto, S.H., C.L.A. dengan moderator Rauli Duma Sibarani, S.H., dan Iskandar Munadi, SH. (mahasiswa dan Sekretaris HIMA MKn-UY), serta foto bersama peserta yang bertahan sampai akhir Webinar.

Prof. Tjandra pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada beberapa pihak, yang pertama tentu kepada teman kita dari UNISBA yang sudah bekerja sama beberapa kali untuk melakukan kegiatan-kegiatan besar dan juga saya kira akan ada kerja sama yang lain kepada seluruh jajaran program studi di bawah pimpinan Bu Endang dengan semua teman-teman panitia dan mahasiswa yang telah menyelenggarakan acara ini.

Terima kasih dan apresiasi kepada para pembicara yang telah bersedia membagikan ilmunya dan diskusi kepada kita nanti yang terdiri dari akademisi dan praktisi, yaitu Dr. Irwan Santosa, S.H., Sp.N, M.Kn. (dosen tetap pada Prodi MKn-UY dan Notaris/PPAT di Jakarta Timur); Dr. H. Alin Ardinal Widjaksana, S.H.,M.Kn (dosen tetap pada Prodi MKn UNISBA). Selain itu juga dilengkapi pembicara dari mahasiswa MKn-UY, Yudi Harianto, S.H., C.L.A. dengan moderator Rauli Duma Sibarani, S.H. (mahasiswa MKn-UY).

Peserta webinar yang hadir kali ini adalah para Notaris/PPAT, peserta magang pada Kantor Notaris/PPAT, mahasiswa Magister Kenotariatan, mahasiswa Fakultas Hukum, akademisi serta masyarakat umum dan semuanya bersifat prodeo. Alhamdulillah, Webinar berjalan dengan lancar dan inshaa Allah Prodi MKn-UY beserta HIMA MKn-UY akan menggelar webinar dengan tema yang trend dan menarik lainnya pada tanggal 5 April 2021. (ART/EDG)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.