Universitas Yarsi Pemenang Seleksi PPKM 2021

Seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) usai digelar, Universitas Yarsi ditetapkan menjadi salah satu pemenangnya.

Dalam PPKM, Universitas Yarsi (Yarsi) mengikuti berbagai tahapan. Mengajukan proposal sesuai persyaratan Ditjen Dikti, melakukan pelaporan data kegiatan belajar mengajar melalui pangkalan data pendidikan tinggi. Setelah itu Yarsi mengikuti
tahapan seleksi berupa tahap evaluasi administratif, kualitas dan kelayakan proposal dan tahap verifikasi kelayakan (visitasi daring)..”Semua tahapan dilakukan Yarsi, lolos dan berhasil,” ujar Ketua Pelaksana PPKM Universitas Yarsi ,Nurul Huda.

Selanjutnya Nurul yang juga Wakil Rektor IV menjelaskan, PPKM di Yarsi hanya untuk program studi Teknik Informatika, Perpustakaan dan Sains Informasi dan Psikologi. Alasannya,Universitas YARSI memiliki tiga program studi dengan akreditasi unggul dan 10 program studi dengan akreditasi sangat baik.

Pertimbangan pemilihan program studi diusulkan pada proposal PK-KM ini berdasarkan kinerja tridharma dan relevansi. Selanjutnya potensi program studi dalam meraih akreditasi unggul dan internasional.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universtas Yarsi menambahkan, total ada 6 program diusulkan dari ketiga program studi tersebut. Adapun di tingkat Universitas, terdapat lima program Institusional Support System (ISS)diusulkan untuk dapat mendorong penerapan Kampus Merdeka dan pengembangan perguruan tinggi ke arah internasionalisasi.

Usulan program diusulkan oleh Program Studi Teknik informatika adalah peningkatan kualitas lulusan di bidang artificial intelligence (AI). Untuk Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi mengusulkan dua program, yaitu program peningkatan kualitas mahasiswa dalam bidang health information governance (HIG) dan program peningkatan kualitas kurikulum pembelajaran Prodi PdSi.

Program Studi Psikologi mengusulkan tiga program, yaitu, peningkatan kompetensi mahasiswa melalui inovasi pembelajaran experiential learning, peningkatan kompetensi literasi data dan teknologi pada mahasiswa melalui Hands- on Activities praktik eksperimental proses mental manusia, dan peningkatan kompetensi komunikasi dan kolaborasi pada mahasiswa melalui kemitraan dengan Perguruan Tinggi Internasional (UNIMAS) dan DUDI.
Kemudian ,dua program diusulkan untuk ISS adalah program peningkatan kualitas kurikulum dan instruksional melalui pusat kurikulum dan desain instruksional dan program peningkatan regulasi diri bagi mahasiswa dalam menghadapi pola belajar merdeka melalui Pusat Bantuan Terpadu bagi Mahasiswa.

Menurut Task Force PPKM Yarsi ini, usulan program – program tersebut memperlihatkan usaha Universitas YARSI untuk selalu berinovasi dalam proses pendidikan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian. “Program – program tersebut juga memperlihatkan komitmen Universitas YARSI dalam meraih kinerja sangat baik terkait 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi,” terang Nurul .

Kampus Merdeka merupakan program persiapan karier komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia.Kampus Merdeka merupakan bagian kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Rektor Universitas Yarsi, Fasli Jalal menyatakan, keberhasilan Yarsi memenangkan PKKM Tahun Anggaran 2021 hasil kerjasama civitas akademika Yarsi yang terkait. Kesempatan ini bagi Yarsi akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga para mahasiswa bisa meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills, siap dan relevan kebutuhan zaman dan akhirnya menjadi pemimpin unggul masa depan .

Menurut Fasli,Wakil Menteri Pendidikan tahun 2010,Universitas YARSI menerapkan kebijakan Kampus Merdeka bertujuan mewujudkan manusia berdaya saing, yaitu manusia sehat, cerdas, adaptif, kreatif dan inovatif. Selain itu mewujudkan manusia terampil, bermartabat, produktif, dan berkarakter sesuai Pancasila dan Indikator Kinerja Utama dari Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun
2020

Kini Universitas Yarsi menyelenggarakan pendidikan jenjang program sarjana (S1), strata 2 (S2), dan profesi melalui 6 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana dalam tiga rumpun keilmuan, yaitu kelompok ilmu kesehatan, kelompok ilmu sains dan teknologi, dan kelompok ilmu sosial dan humaniora.

Yarsi memilki 3 program studi (Prodi) memiliki akreditasi unggul yaitu Prodi Kedokteran, Prodi Profesi Dokter dan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi. Kemudian 10 Prodi memiliki akreditasi Sangat Baik yaitu Prodi Ilmu Hukum, Prodi Manajemen,Prodi Akutansi, Prodi Teknik Informatika, Prodi Psikologi, Prodi Kedokteran Gigi, Prodi Profesi Dokter Gigi. Selain itu Magister Manajemen, Magister Kenotariatan dan Magister Sains Biomedis
Fasli mengatakan, Universitas Yarsi bernafaskan Islam berdiri tahun 1967. Kini universitas sibuk melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun akademi 2021/2022. Para calon mahasiswa diterima akan belajar bersama para dosen berkualitas dengan nyaman.

Untuk mewujudkan akreditasi unggul dan prestasi mahasiswa serta dosen, Universitas Yarsi telah bekerja sama dengan para mitra kerja dalam dan luar negeri seperti komunitas riset, institusi riset, industri, kampus, timriset multidisiplin, sampai pada institusi pemerintah. .

Kerja sama dengan luar negeri seperti Pacific Rim Application and Grid Middleware Assembly (PRAGMA), Korea Institute of Science and Technology (KIST), dan perusahaan teknologi kesehatan China Neusoft Selanjutnya kerjasama dengan International Islamic University Malaysia (IIUM),Perguruan Tinggi Internasional University of Malaysia, Sarawak (UNIMAS) North Texas University dan Stuart University Australia.

Belajar di Yarsi tanpa uang pangkal dan SKS, tanpa seleksi dan ujian , fasilitas lengkap dan mewah, “Ingat ,setelah lulus alumni Yarsi akan dapat kerja di dunia usaha dan industri atau bisa menjadi entrepreneur,” tutup Fasli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.