Pelantikan dan Bai’at Pejabat Struktural 2021-2026 Diharapkan Universitas YARSI Jadi Makin Berkibar

Sejak berdiri 54 tahun silam, untuk kesekian kalinya Universitas YARSI (UY) menggelar perhelatan rutin lima tahunan, yakni acara Pelantikan dan Bai’at Pejabat Struktural UY periode 2021-2026, sekaligus pisah-sambut dari pejabat lama kepada yang baru, Senin (2/8/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan live streaming di YouTube YARSI TV.

Sebelum disahkan pada hari itu, Statuta Perguruan Tinggi UY kali ini benar-benar sudah diperhitungkan secara matang oleh Yayasan YARSI yang dipimpin oleh Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK. (Ketua Pengurus Yayasan YARSI) yang sekaligus salah satu pendiri UY. Jauh sebelum masa jabatan periode 2016-2021 berakhir, Yayasan YARSI sudah melakukan seleksi ketat terhadap calon-calon pejabat yang akan menduduki posisi struktural, sehingga diharapkan UY nantinya dapat menjadi semakin berkibar sesuai dengan visinya yaitu “Mewujudkan perguruan tinggi Islam yang terpandang, berwibawa, bermutu tinggi dan mampu bersaing dalam forum nasional maupun internasional”.

Prof. Jurnalis Uddin dalam sambutannya mengatakan pelantikan dan bai’at pejabat struktural UY kali ini dilakukan benar-benar dalam kondisi yang sungguh luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.

“Oleh karena kita berada dalam kondisi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terpaksa acara pelantikan dan bai’at ini dilaksanakan secara virtual,” ucap Prof. Jurnalis.

Ketua Pengurus Yayasan YARSI, melalui pengucapan ba’iat (sumpah) untuk kedua kalinya melantik Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D sebagai Rektor UY dan sekaligus melantik lima Wakil Rektor (Warek) yaitu Warek I: Dr. dr. Weningsari, M.Kes. menggantikan dr. Miranti Pusparini, M.Pd (Ked).; Warek II tetap dijabat oleh: dr. Yulia Suciati, MBiomed, PhD.; Warek III: Dr. Octaviani Indrasari Ranakusuma, M.Si., Psi. menggantikan Dr. Dra. Himmi Marsiati, M.S.; Warek IV tetap dijabat oleh: Prof. Dr. H. Nurul Huda, S.E., M.M., M.Si.; Warek V: Dr. dr. Endy Muhammad Astiwara, MA., AAAIJ., CPLHI., ACS., FIIS., CRGP., ASPM.

Di samping itu, dilantik juga Direktur Sekolah Pascasarjana yang tetap dijabat oleh Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), DTM&H, MARS, DTCW, FISR; Direktur Direktorat Pangkalan Data, Jaminan Mutu dan Akreditasi  (PDJAMA) tetap dijabat oleh: Dr. Rifqatussa’adah, S.K.M., M.Kes.; dan Direktur Direktorat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap Andreas Febrian, S.Kom, M.Kom., Ph.D.

Sedangkan di kalangan pejabat struktural fakultas yang dipimpin oleh seorang dekan, dilantik Dekan Fakultas Kedokteran (FK) yang tetap dijabat oleh: Prof. dr. Hj. Rika Yuliwulandari, MSc., Ph.D., Sp.KKLP; Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) juga tetap dijabat oleh: Prof. Dr. Bambang S. Trenggono, drg., M. Biomed.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB): Dr. Ir. Perdana Wahyu Santosa, MM, CIMBA. menggantikan Dr. Ir. Verni Yuliaty Ismail, M.M., M.Si.; Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) tetap dijabat oleh: Dr. Ummi Azizah Rachmawati, S.Kom, M.Kom.; Dekan Fakultas Hukum: Dr. H. Mohammad Ryan Bakry, S.H., M.H. menggantikan Dr. Ely Alawiyah Jufri, S.H., M.H.; dan Dekan Fakultas Psikologi: Dr. Miwa Patnani, S.Psi., M.Si. menggantikan Dr. Octaviani Indrasari Ranakusuma, M.Si., Psi. yang diangkat menjadi Warek III.

Usai dilantik, Prof. Fasli Jalal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengurus Yayasan YARSI dan segenap jajarannya yang telah memberi kepercayaan untuk kedua kalinya memimpin Universitas YARSI. Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010 ini menjadi Rektor UY tahun 2019 menggantikan Prof. Susi Endrini, SSi.,MSc., PhD. (sekarang Rektor Universitas Abdurab, Riau) mengungkapkan bahwa UY adalah sebuah institusi yang sangat menantang, sangat potensial, dan sangat menjanjikan.

“Saya menemukan sendiri, kalau Universitas YARSI bercita-cita ingin menjadi institusi yang world class, itu bukanlah sebuah cita-cita yang terlalu tinggi. Sebab, bila dilihat dari segi kualitas baik bangunan yang sama dengan hotel bintang lima, maupun kualitas fasilitas di beberapa bagian yang melebihi perguruan tinggi terbaik di dunia,” ucap Prof. Fasli Jalal.

“Misalnya, dibanding dengan Cornell University, di mana dulu saya pernah kuliah S-3 di sana, adalah salah satu dari universitas swasta yang termasuk dalam kelompok Ivy League di Amerika Serikat, yang mana beberapa fasilitas di Universitas YARSI, saya lihat jauh lebih baik,” kenang Prof. Fasli Jalal.

“Demikian pula dengan sebagian peralatan-peralatan yang kita miliki, tidak dipunyai oleh banyak sekali lembaga lain di Indonesia,” tambah Prof. Fasli Jalal.

Yang tidak kalah pentingnya, kata Prof. Fasli Jalal adalah SDM UY yang mencapai 225 orang itu di antaranya sudah banyak menjadi guru besar dan kira-kira puluhan dari mereka adalah lektor kepala serta sekitar 80 orang sudah berada pada sisi yang juga sedang bergerak menuju lektor kepala. Demikian pula, selain memiliki jaminan mutu internal, UY juga memiliki penjaminan mutu eksternal, baik tentang akreditasi maupun standardisasi ISO dari SGS, sebuah lembaga sertifikasi internasional yang sudah diakui dan sangat dihargai di dunia. Terlebih lagi, UY sudah mendapatkan klasterisasi yang sangat baik yaitu masuk dalam 100 besar dari 4.300 perguruan tinggi di Indonesia.

Di penghujung sambutannya, Prof. Fasli Jalal tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang sudah bekerja keras, siang-malam, dan tak kenal lelah untuk memajukan UY seperti yang telah diraih hingga saat ini. Demikian pula ucapan selamat kepada pejabat baru, semoga ke depan dapat menggapai apa-apa yang sudah dicita-citakan.(ART)

Leave a Reply

Your email address will not be published.