PTS Minta Pemerintah Soroti Penerimaan Jalur Mandiri PTN

Jakarta, Gatra.com – Rektor Universitas Yarsi, Fasli Jalal menyebut bahwa pemerinath harus mengkaji ulang pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Karena menurutnya, standarisasi nasional atas penerimaan yang dilakukan PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN sejatinya sudah cukup untuk menjadi identitas penjagaan kualitas nasional dalam penerimaan mahasiswa baru.

Namun, dengan makin maraknya penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri yang dilakukan PTN, hal ini dirasa dapat menggangu kualitas standar penerimaan mahasiswa. Apalagi, jalur mandiri tersebut juga diyakini akan berdampak negatif bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang belakangan memang menggantungkan penerimaan mahasiswa barunya dari hasil penerimaan mahasiswa yang dilakukan PTN.

“Kami di swasta sebagian besar menunggu dulu gerakan dari penerimaan mahasiswa di PTN. Hanya segelintir dari PTS kita yang nyaman bersaing kapanpun tidak masalah. Itu adalah bagian dari PTS swasta yang elit. Tapi bagian cukup besarnya, mereka akui tidak bisa langsung bersaing dengan PTN,” kata Fasli Jalal dalam webinar Seleksi Ujian Mandiri PTN, Buat Gaduh Penerimaan Mahasiswa Baru PTS, Kamis (12/8).

Leave a Reply

Your email address will not be published.