Talkshow Hima MKn YARSI, Prof. dr. Tjandra Y. Aditama, MARS: Melalui Semangat HUT RI 76, Tingkatkan Ilmu dan Profesi Kenotariatan

Pengenalan Program Studi Magister Kenotariatan Universitas YARSI (Prodi MKn-UY), Himpunan Mahasiswa (Hima) Mkn YARSI di bawah kepemimpinan Ragan Varian Antariksa, SH. mengadakan talkshow “Seputar Dunia Notaris dan Prodi MKn YARSI”, dipandu oleh Dr. M. Ryan Bakry, SH., MH. yang baru saja dibaiah (dilantik) menjadi Dekan Fakultas Hukum Univeristas YARSI (FH-UY) sebagai moderator, Sabtu (14/8/2021) secara virtual dan livestreaming YouTube di YARSI-TV.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Sekolah Pascasarjana (SPS) UY, Prof. dr. Tjandra Y. Aditama, MARS. Menghadirkan empat pembicara Dr. Endang Purwaningsih, SH., MHum., MKn. (Ketua Program Studi Mkn YARSI); Dr. Irwan Santosa, SH., Sp.N, MKn. (Dosen Tetap MKn YARSI sekaligus Notaris di Jakarta Timur); dan Frengki Hardian, SH., MKn., PhD. (Dosen Tetap MKn YARSI sekaligus Notaris di Kabupaten Bogor); serta Buntario Tigris, SH., SE., MH. (Notaris di Jakarta Pusat).

Prof. Tjandra dalam sambutannya mengatakan, Mkn YARSI menjanjikan ilmu kenotariatan yang bermutu tinggi dengan berbasis islami yang terwujud berkat tiga hal, pertama memiliki staf pengajar bertaraf inter nasional yang hampir sebagian besar menamatkan program doktoralnya di luar negeri dan sudah banyak melakukan penelitian serta mengasilkan karya ilmiah yang dimuat di berbagai forum.

 

Talkshow-Hima-MKn-YARSI-2
Dari kiri atas: Prof. dr. Tjandra Y. Aditama, MARS.; Dr. Endang Purwaningsih, SH., MHum., MKn.; kiri bawah: Dr. M. Ryan Bakry, SH., MH. dan Buntario Tigris, SH., SE., MH.

“Dosen-dosennya begitu peduli dengan kemajuan mahasiswa, terjalinnya komunikasi yang intens antara dosen dan mahasiswa, sehingga akan menunjang proses perkuliahan yang interaktif dan bermutu,” ujar Prof. Tjandra.

Kedua, tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan sangat bagus. Sehubungan hal itu, Prof. Tjandra menceritakan bagaimana sewaktu pertama kali menginjakkan kaki di Universitas YARSI, dia benar-benar tercengang oleh gedungnya yang sangat megah dan memiliki ruang kuliah yang melebihi standard internasional dibandingkan dengan kampus-kampus yang pernah dikunjunginya di berbagai negara. UY juga memiliki perpustakaan yang lengkap dengan memiliki ruang baca yang mewah dan sangat nyaman. Selain itu, memiliki ruang olahraga yang cukup luas, ruang kantin/foodcourt menyajikan aneka hidangan nusantara yang bersih dan sehat dengan harga terjangkau.

Ketiga, terjalinnya kekerabatan yang sangat baik antar mahasiwa yang terhimpun dalam Hima Mkn YARSI dan telah banyak berkiprah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti webinar, talkshow, kegiatan sosial kemanusiaan, dan lain sebagainya.
SPS-UY kata Prof. Tjandra akan terus mengembangkan program-program keilmuan yang tergabung dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta ruhul Islam. Dijelaskan pula, Prodi Mkn YARSI sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu telah menghasilkan para lulusan, karya-karya ilmiah, dan berbagai sumbangsih terhadap perkembangan ilmu kenotariatan di Indonesia saat ini dan di masa mendatang.

“Sehubungan dengan semangat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Prof, saya mengharapkan Prodi Mkn YARSI agar terus berjuang makin keras untuk meningkatkan ilmu dan profesi kenotariatan,” tutur Prof. Tjandra mengakhiri.

Talkshow-Hima-MKn-YARSI-3-1400x788
Dari kiri atas: Dr. Irwan Santosa, SH., Sp.N, MKn.; Frengki Hardian, SH., MKn., PhD.; dan Ragan Varian Antariksa, SH.

 

Tidak kalah serunya, Ragan menuturkan secara gamblang Academic Atmosphere di Prodi MKn YARSI. Pelbagai kegiatan Hima, kata Ragan baik ikut perlombaan maupun kegiatan lain Mkn YARSI telah berhasil selenggarakan 14 kali webinar selama masa pandemic Covid-19 ini. Demikian pula dengan para dosen yang terdiri dari akademisi dan profesional yang sudah berpengalaman dan telah banyak memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat baik teori maupun praktek. Demikian pula mereka selalu mendukung segala kegiatan berkaitan dengan kemajuan mahasiswa.

“Selama di Mkn YARSI saya dibimbing dan selalu dimotivasi dalam menggapai prestasi dan cita-cita. Para dosen di Mkn YARSI bak teman diskusi, kami dipacu untuk berprestasi dan lulus tepat waktu,” jelas Varian.
“Meskipun di masa pandemi Covid-19 ini, Hima Mkn YARSI tidak akan menyerah dan selalu berusaha menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang akan membawa nama baik almamater,” tambah Varian.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Endang selaku Kaprodi Mkn YARSI juga menjelaskan bahwa kurikulum dan matakuliah selalu update dengan muatan islami yang trendy seperti Hukum Badan Sosial dan Ziswaf, Hukum Perdagangan Internasional dan IT (Information Technology) Pengarsipan Notaris, serta Hukum Ekonomi Syariah.
“Prodi MKn YARSI juga selalu adakan pengayaan materi baik dari dosen luar yang praktisi maupun stakeholders lain dan pemerintah seperti dari badan pertanahan, pelelangan, akademisi, dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah),” ujar Dr. Endang.

“Selain itu, MKn YARSI juga aktif menjalin kerjasama baik dengan kantor notaris maupun institusi dan organisasi yg relevan seperti forum MKn perguruan tinggi swasta se-Indonesia, beberapa kantor notaris, jadi sangat mendukung kelak untuk magang,” pungkas Dr. Endang.

Talkshow ini dihadiri oleh banyak peserta yang terdiri dari mahasiswa, notaris, dan masyarakat umum. Meraka sangat antusias mengikuti dan Kaprodi Mkn YARSI berharap acara ini bermanfaat bagi khalayak umum agar semakin membuka wawasan terkait dunia notaris, serta mampu melejitkan nama Prodi Mkn YARSI. (EDG/ART)

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.