SGS Indonesia Kembali Audit Universitas Yarsi

Universitas Yarsi (UY) kembali dilakukan Audit Surveillance ISO21001:2018 oleh Badan Sertifikasi SGS Indonesia. Sebagai bentuk evaluasi berkelanjutan atas implementasi manajemen mutu yang telah diterapkan Universitas Yarsi sebagai sarana penilaian apakah UY masih layak menerima sertifikat ISO 21001:2018 atau tidak.

Standar ISO 21001: 2018 adalah sistem manajemen organisasi pendidikan disesuaikan dari ISO 9001: 2015. Standar ini disusun khusus untuk sektor pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu memberikan pendidikan bermutu.

Proses audit akan dilangsungkan selama tiga hari, pada Selasa- kamis (28-30 September) dibeberapa unit kerja yang ada di UY.seperti seluruh tim bidang penelitian, pengabdian kepada Masyarakat dan prodi magister manajemen, publikasi dan HKI, pusat kewirausahaan, pusat kerjasama, pusat perpustakaan, prodi kedokteran gigi. prodi akutansi, prodi magister biomedical science

Dalam sambutannya pada pembukaan, Rektor Universitas Yarsi Prof Fasli Jalal menyampaikan beberapa hal. Audit ini untuk kedua kalinya bagi Universitas Yarsi. Kegiatan ini amat penting merupakan usaha investasi dalam upaya terus-menerus untuk meningkatkan mutu seperti mutu proses pembelajaran, mutu manajemen keseluruhan dan pada akhirnya mutu dari hasil belajar atau kompetensi lulusan.

Selanjutnya Prof Fasli menginformasikan ,struktur rektorat, dekanat , prodi dan tendik saat ini bertugas baru berusia 1 bulan .Keberadaannya ada pejabat baru, ada mutasi dan ada tetap memangku jabatan. “Seperti saya saat ini memangku jabatan periode kedua,”ujarnya .

Prof Fasli mempunyai harapan ,memalui audit eksternal ini dapat menemukan apa yang menjadi kekurangan UY, sehingga kedepan dapat memperbaiki pelayanan yang diberikan kepada para stakeholder kita. SGS ada sebuah organisasi atau perusahaan internasional sangat kredibel.“Kepada keluarga besar UY mari bekerjasama meyukseskan selama proses audit,” pinta Rektor UY..

Sementara itu Tim auditor SGS Renata Hutapea dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor, Dekan, Prodi dan tendik termasuk tim Universitas Yarsi yang sudah meluangkan waktu mengikuti opening meeting kali ini untuk pelaksanaan kegiatan Audit Surveillance ISO21001:2018 .

Selanjutnyadiharapkan para unit kerja yang dilakukan pemeriksaan dapat kooperatif dan terbuka pada saat berlangsungnya proses audit. Sehingga nantinya setelah diperiksa kita dapat menemukan apa yang harus diperbaiki agar dapat memberikan pelayanan mutu sesuai dengan standar.

Menurut Renata , SGS melakukan audit yaitu benar-benar objektif saja, apa yang kami lihat apa kami dengar, apa kami peroleh informasinya dan pada saat itu didiskusikan .“ Jadi dibutuhkan komunikasi,saling mengingatkan dan keterbukaan serta ingat SGS bukan mencari salah atau benar, “paparnya.

Dengan Sertifikasi SGS memungkinkan UY untuk menunjukkan bahwa produk , proses, sistem atau jasa sesuai dengan baik standar nasional maupun internasional dan peraturan atau standar yang ditetapkan UY .

Standar ISO 21001: 2018 membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kepuasan peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, serta penerima manfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.