Rayakan Kelahiran Nabi Muhammad dengan Istiqomah beribadah, Baca Alquran dan Berwudhu

Merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW harus diisi ibadah  secara istiqomah. Istiqomah merupakan upaya menjaga perbuatan baik secara konsisten dan tidak berubah, teguh pendirian dan selalu konsekuen, demikian Ustad Toto Heriyanto dalam perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW digelar Departemen Agama Senat Mahasiswa Fakaultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Yarsi tadi pagi.

Lebih lanjut Ustad Toto menjelaskan, istiqomah dalam beribadah  itu, kapan dan dimanapun selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya . “Dalam kondisi apapun tetap  berada di jalan lurus berbuat kebaikan,” tegas Ustad Toto

Dosen Universitas Yarsi ini mengingatkan, menjadi seorang muslim istiqomah tak semudah dimimpikan, perlu ikhtiar serta keikhlasan menghadapi berbagai dalam hidup. Bagi mereka selalu istiqomah  dalam beribadah kepada Allah SWT , rezekinya akan melimpah dan masuk surga

Selanjutnya dalam rangka merayakan kelahiran nabi, mahasiswa program doktoral  Institut Ilmu Alquran ini mengimbau untuk biasakan baca Alquran. Mempelajari kitab suci umat Islam ini harus Istiqomah..Alquran ini dibaca, diamalkan banyak sekali manfaatnya.

Selain mendapatkan pahala dan kebaikan meskipun belum lancar. Membaca  satu huruf saja  Alquran  akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. “Marilah istiqomah membaca Alquran dengan keluarga,” ajak  Ustad Toto

Sesuai tema  Memaknai Keutamaan Maulid Nabi di Kala Pandemi, ada yang menarik dijelaskan Ustad toto  mengenai vaksin pada masa pandemi ini. .

Ustad Toto menjabarkan, orang divaksin covid-19  itu sudah termasuk patuh  pada ajaran  Islam, yaitu kita sebagai umat  harus mulai taat pada Allah SWT, para rasul-rasulnya, dan pemerintah atau pemimpin dimanapun tingkat keberadaan .

Jangan takut dengan virus, karena virus itu makhluk Allah. Kita harus berguru kepada yang benar.  Asal kebijakannya tidak membuat dholim.

Sependapat dengan ustad Toto, Dokter  Gigi  Carissa Grani  yang turut berbicara menambahkan,

Merayakan kelahiran nabi  lakukanlah  ibadah dengan Istiqomah. Manusia itu untuk melaksanakan istiqomah berat sekali . Istiqomah itu rahmat dari Allah SWT Merayakan kelahiran nabi  lakukanlah dengan memperbanyak kepada kita.

Contoh melaksanakan sholat lima waktu ingin tepat waktu, tetapi kenyataannya tidak bisa. Sholat shubuh dan dhuhur bisa tepat waktu, tetapi Ashar , magrib dan isya terlambat.  Dapat  tunaikan sholat dhuha dan tahjud, tapi  seringkali sholat shubuh atau dhuhur kelewatan. “Jadi  untuk kita bisa istiqomah   mintalah selalu pertolongan Allah SWT,” tunjuk dokter gigi  yang baru saja mualaf.

Rayakan kelahiran nabi  perbanyaklah membaca Alquran. Dengan mempelajari Alquran kita sudah melakukan penghormatan atas kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Membaca Alquran suatu upaya menjadi orang yang beruntung  dan diberkahi Allah SWT.

Bagaimana agar kita istiqiomah mempelajari  Alquran ? Dokter gigi bekerja di Puskesmas Kebon Jeruk ini memberikan pengalaman. Caranya  harus dipaksakan dulu dekat dengan Alquran . Kalau sudah dekat, akan  menjadi  kebiasaan, lalu menjadi  kebutuhan dan akhirnya kenikmatan.

Sehingga jika tidak membaca Alquran, merasa resah dan kegelisahan. “Ingat membaca dan mempelajari Alquran , kita akan dinaikan derajatnya oleh Allah SWT,” seru ibu  tiga anak ini.

Selanjutnya bicara vaksin, “Saya sebagai aparat sipil negara mendukung program pemerintah,” ujarnya.  Ikut vaksin , lebih mempertimbangkan besar manfaatnya. Vaksin itu bersifat preventif  dan upaya agar tubuh sehat. “Kalau mau vaksin berdoa dulu sama Allah SWT,supaya tidak sakit dan lebih sehat,” saran alumni FKG Universitas Indonesia.

Melakukan penghormatan kepada nabi  bisa kita lakukan kegiatan lainnya dngan menjaga wudhu. Niat berwudhu bukan untuk menjaga kesehatan,  tetapi manfaat berwudhu satu diantaranya menjaga kesehatan, termasuk masa pandemi Covid-19  ini.

Virus hinggap di tubuh, 3 hingga 4 jam tidak langsung masuk tubuh. Tapi masih ada dihidung. Sehingga berwudhu bisa membersihakan tubuh. Kalau berwudhu dilakukan  benar, umat Islam akan terakhir  terjangkit covid-19.

Webinar Senat Mahasiswa FKG Universitas Yarsi  menarik dan banyak peminatnya. Buktinya bergelombang pertanyaan yang masuk kepada pembicara dan jumlah peserta awalnya sedikit, cepat beranjak  hingga ratusan peserta  hadir , hingga akhir acara jumlah peserta tidak menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.