Puskaka Bantu Alumni Yarsi, Lamar Kerja Tampilkan Nilai Tambah

Lulus kuliah pasti jadi kebanggan setiap mahasiswa dan jadi harapan. Bukan saja dirinya , kelurgapun turut bahagia. Pertanyaan muncul, cukupkah hanya tamat, diwisuda  dan menyandang gelar sarjana ? Jawabannya ,tentu tidak.

Lulus kuliah bisa menjadi masalah baru, terutama bilamana tidak mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, menjalani perubahan dari anak kampus menjadi pekerja profesional tidaklah gampang. Bisa menjadi beban pemerintah, bilamana menjadi pengangguran  

Disini seorang sarjana dituntut  mencari pekerjaan sesuai dengan apa dicita-citakan. Persaingan tentu muncul, mulai sesama almamater hingga dari berbagai lain perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri.

Bagi alumni Universitas Yarsi, jika sudah melamar tetapi belum juga mendapatkan pekerjaan ,  tidak perlu terlalu  khawatir. Para Alumni  bisa memanfaatkan dan berkomunikasi dengan Pusat Kemahasiswaan, Alumni, dan Karier (Puskaka) Universitas Yarsi.

Menurut Kepala Pusat Kemahasiswaan, Karir dan Alumni, Kukuh Fadli Prasetyo, lembaga ini secara struktural berada di bawah Wakil Rektor I. Memiliki berbagai program dan kegiatan mencakup pengembangan kegiatan kemahasiswaan, persiapan karier, dan pengembangan jejaring alumni.

Setiap kegiatannya bertujuan membantu lulusan dan mahasiswa Universitas Yarsi  mempersiapkan diri untuk karier sesuai dengan passion-nya masing-masing. Secara khusus, bedah deskripsi lowongan kerja, mengupas surat lamaran, dan curriculum vitae (CV) membantu alumni  untuk lebih kompetitif dalam proses rekrutmen talenta sangat ketat saat ini.

Kemudian setiap kegiatan Puskaka mempunyai kriteria sukses. Contoh saat  mendatangkan pembicara tamu, para alumni dapat secara dialogis dan interaktif menyampaikan kesulitannya dalam mempersiapkan diri bersaing di pasar kerja. Tentu berkelindan dengan kriteria lainnya yakni peserta memperoleh jawaban dan petunjuk untuk menjalankan kiat jitu yang diberikan pembicara.

Para pembicara dihadirkan memiliki pengalaman bekerja istimewa dari dalam dan di luar negeri negeri. Memiliki jabatan , khususnya jabatan sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan ternama. Diharapkan dapat memberi para peserta segudang insight dalam persiapan karier, lebih baik sesuai dengan harapan dan kompetensinya masing-masing.

Seperti kemarin siang Puskaka, menggelar Webinar Orietasi Dunia Kerja.dengan mendatangkan Sales Director PT. Krohne Teknik Nusantara, Jahnawi Tri. Wasisto.

Sebelum  kerja di perusahaan Jerman , PT . Krohne Indonesia dan Krohne Teknik Nusantara ,Jahnawi Sarjana Teknik  sudah berpengalaman beberapa perusahaan seperti, Citra Mas Group (DSDP Energy Company sebagai president direcor. Selama 9 tahun di perusahaan Italia ,PT ENI S.P.A  sebagai Vice President Operations.Selama 5 tahun di Qatar  dan 1 tahun di Amerika Serikat  working overseas dan 9 tahun di perusahaan Inggris, BP Chemicals  Company.

Jahnawi merupakan alumni Master Business Administration dari Sekolah Bisnis Manajemen ITB dihadapan peserta webinar menyampaikan pengalaman bekerja diperusahaan. Banyak informasi menarik dihidangkannya, seperti siasat melamar pekerjaan, motivasi pengembangan karir, teknik penyusunan dokumen lamaran pekerajaan, persiapan psikologis.

“Saat melamar pekerjaan jangan asal melamar dan memasuki dasar  kualifikasi saja tetapi tampilkan nilai tambah berupa keahlian.,” ujar Jahnawi

Persaingan dunia kerja sangat ketat dan tajam. Pengusaan bahasa asing jangan bahasa Inggris saja, tetapi perlu nilai tambah bahasa asing lainnya. Pekerjaan administrasi bukan hanya office managemen saja. ,perlu ditambah desain, web dan komunikasi sosial media.

“Selain itu melamar pekerjaan harus action  dan memiliki visi , tujuan atau goals harus jelas, specific dan positive serta visible realistic . harus juga  memiliki emosi  berupa komitmen kuat dan attitude,” tutup Jahnawi

Leave a Reply

Your email address will not be published.