Mau Jadi Pahlawan ,Tunaikan Sholat dan Sabar

Peringatan Hari Pahlawan dapat dilakukan berbagai bentuk kegiatan.Di lingkungan sekolah, kampus atau masyarakat.kini semua sudah digelar kreatif dan seru, namun  kesemuanya itu tetap sesuai makna kepahlawanan.

Di Universitas Yarsi, dalam suasana masih pandemi Covid-19 peringatan hari pahlawan  digelar Minggu pagi  lewat Kajian Islam Tematik. Mendatangkan pembesar Masjid Salman ITB, Prof. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE., Ph.D.

Alumni Engineering Physics ITB 1979 mengatakan, dalam hidup ini kita seharusnya tak perlu pusing dapatkan gelar pahlawan atau tidak. Sekarang ini hanya perlu dilakukan patuhi dan laksanakan  peritah Allah SWT dan Rasulullah serta tinggalkan larangan-Nya. Berusahalah menjadi syahid dimata Allah yaitu selalu berusaha menjadi pribadi terbaik. Saat menjadi mahasiswa dan dosen dilingkungan kampus atau saat menjadi warga masyarakat peraturan Allah SWT selalu ditaati.

Taat pada Allah SWT dan Rasulullah SAW  menurut Prof. Hermawan itu pilihan sebagai manusia. Terpenting tidak melanggar hukum dan tak membuat gaduh lingkungan. Pilihan itu ada ilmunya dan kita harus menghormati . “Saya bergabung lewat virtual Universitas Yarsi ini , mengajak bersama ayo  ikuti peritah Allah SWT dan Rasulullah SAW,” seru Master Coding Theorem University of Hawaii at Honolulu, USA.

Selanjutnya Prof Hermawan menekankan, menjadi pahlawan itu ada syaratnya. “Mau jadi pahlawan tunaikan sholat dan sabar,” tuturnya  .

Sabar itu melaksanakan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW. Godaaannya besar, bisa muncul dari dalam diri maupun lingkungan dimana berada. Bisa pula dalam kondisi ekonomi mapan atau krisis ekonomi

Sementara Sholat itu mencegah perbuatan keji dan munkar. Dengan sholat, manusia akan selalu ingat kepada Allah SWT. Dengan itu, semua perbuatannya akan selalu menuruti batas-batas hukum yang telah ditentukan-Nya. Sehingga akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Sholat itu mendidik dan membiasakan manusia hidup teratur dan menghargai waktu dan menjadikan hidup sehat.

Sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,” ucapnya

Dalam webinar pagi itu ,banyak pengetahuan bermanfaat disampaikan Prof Hermawan  seperti  penjelaskan aktualisasi nilai kepahlawanan dari definisi pahlawan bersifat mendatangkan pahala, berikut penghargaan dan penghormatan. Apakah dikira masuk surga itu gampang, kapan datang pertolongan Allah, “Ingatlah pertolongan Allah itu dekat,tunaikan sholat dan sabar” tutup Doctor The Ohio State University at Colombus, USA .

Penulis : Anggun

Leave a Reply

Your email address will not be published.