Menurut Islam,Pasang Gigi Palsu boleh , Mau Aman, Murah kompetitif datang Ke RSG Yarsi

Kebersihan gigi dan mulut harus selalu dijaga agar kita selalu sehat .Menjaga kesehatan gigi mulut sudah dimulai zaman Rasullullah SAW.Faktor utama kerusakan gigi terletak pada kebersihan gigi mulut. Karena itu sangat penting menjaga kebersihan gigi supaya bisa terus sehat dan beribadah kepada Allah SWT..

Seandainya tidak memberatkan umatku , sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu ( HR.Al Bukhari)

Siwak itu pembersih mulut dan merupakan penyebab keridhaan dari Allah (HR Nasa’I). Siwak itu sikat gigi dengan tekstur lembut dan bulunya lunak dan dapat membersihkan gigi sehingga gigi kita sehat. “Jadi kalau memilih sikat gigi pilihlah yang lembut, lalu menyikat gigi dengan teratur lakukan dengan lemah lembut,” tutur Prof. Dr. Bambang S Trenggono, drg, M.Biomed pada pengajian Universitas Yarsi, kemarin.

Selanjutnya Dekan FKG Universitas Yarsi menjelaskan, jika saat ini sudah punya gangguan gigi lalu gigi dicabut, maka perlu pemakaian gigi palsu. Jika gigi yang hilang itu tidak diganti maka akan menimbulkan banyak gangguan seperti berkurangnya fungsi pengunyahaan, dapat mengganggu pencernaan makanan, mengganggu fungsi bicara, terjadi dislokasi sendi Tmj (buka mulut tapi tak bisa menutup) hingga percaya diri berkurang. “ Gigi tiruan menjadi solusi tepat mengganti gigi yang hilang,” ujar Prof Bambang..

Menurut Guru besar FKG Universitas Yarsi ini, pemakai gigi tiruan(palsu) sudah ada 700 sebelum masehi. Dipelolori Abu Casis ( Abu Alqasim khalaf bin Al Abbas Az Zahrawi, dokter gigi muslim ini telah membuat gigi palsu menggunakan tulang sapi dan melakukan trasplantasi gigi asli telah dicabut dengan cara pembedahan

Macam-macam gigi palsu (protesa), protesa lepas, protesa penuh (cekat atau mahkota)dan bahannya dari plastik , logam dan perpaduanplastik logam

Alumni Doktor Universitas Gadjah Mada mengatakan, memasang gigi palsu, mengganti gigi dan memperbaiki susunan gigi dari perspektif islam diperbolehkan. Dasar hukumnya untuk menjaga bentuk tubuh sebaik-baiknya (surat At-Tin 95:4 dan kitab tafsir Taisirul Karimir Rohman Fi Tafsiril Kalamil Mannan),

Maksudnya sungguh kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya. Sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna, fungsinya seimbang dan Ajaran Islam tak menghendaki adanya cacat, tapi perlu keindahan kesempurnaan . “ Jadi jika ada kehilangannya wajib mengganti dan memperbaiki,” tutur Prof Bambang.

Dekan FKG Yarsi ini mengingatkan, mengganti dengan gigi palsu dalam rangka memenuhi kebutuhan menghindari gangguan dengan niatan yang baik dengan tujuan kedaruratan (mengembalikan fungsi organ gigi supaya beribadah tak terganggu) diperbolehkan.

Sementara yang tidak boleh dalam ajaran Islam memasang gigi palsu dengan niat sengaja merubah ciptaan Allah padahal tidak ada gangguan , hanya untuk kecantikan atau mode, menambah-nambah padahal tak ada gangguanriya.

Terkait saat ini banyaknya iklan untuk pemasangan gigi palsu melalui internet, Prof Bambang menegaskan, jangan tergiur untuk memasang gigi palsu akaibat terpengaruhi iklan dan harga murah . Gigi palsu yang dijual melalui internet itu banyak ukurannya tidak sesuai , karena se tiap orang akan berbeda-beda.

Selanjutnya memasang gigi palsu itu harus orang yang berilmu, profesional dan berizin, yaitu dokter gigi.”Kalau mau harga murah kompetitif memasang gigi palsu , terjamin dilakukan oleh dokter gigi datanglah ke Rumah Sakit Gigi Yarsi,”tutup Prof Bambang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.