Perkuat Sinergitas dengan Perguruan Tinggi, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Rangkul Universitas Yarsi Tingkatkan Pembangunan Hukum Daerah

Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta berkomitmen melaksanakan sinergitas peran pemerintah dan perguruan tinggi untuk peningkatan pembangunan hukum daerah. Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Hukum Universitas Yarsi pada Kamis (24/02). Diselenggarakan di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum (Mohammad Ryan Bakry) beserta jajaran dari Fakultas Hukum Universitas Yarsi, Para Kepala Bidang pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, serta Para Kepala Subbidang dan Pejabat Fungsional pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang mengikuti melalui zoom meeting.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan pembangunan hukum daerah. Selain itu terdapat tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ilmu hukum dan bidang Kekayaan Intelektual dimana termasuk pula penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dalam bidang kepemerintahan.

Ibnu Chuldun memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang telah menginisiasi kerja sama dengan Universitas Yarsi ini. “Saya berharap kerja sama ini akan menjembatani Kanwil dengan lembaga pendidikan lainnya serta dapat berjalan secara berkelanjutan”, ucap Ibnu Chuldun. Kerja sama ini tentunya akan memberikan dampak positif kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang hukum dan Kekayaan Intelektual.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan seminar nasional dan internasional serta dalam pembentukan perancangan peraturan daerah dan berbagai perancangan peraturan perundang-undangan. Telah disepakati pula pengembangan aksesibilitas peningkatan kapasitas, penyebar luasan informasi dalam bentuk sosialisasi, seminar, lokakarya dan workshop di bidang pengembangan SDM dan Kekayaan Intelektual, serta pemanfaatan informasi hasil penelitian.

Substansi lainnya pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM seperti bidang HAM pun dapat menciptakan sinergitas lain yang menghasilkan nilai-nilai positif. Hal itu pun telah terlihat dari penyelenggaraan kegiatan Obrolan Peneliti (OPini), Senin (21/02), dimana Dekan Fakultas Hukum Universitas Yarsi, Mohammad Ryan Bakry, sukses menjadi narasumber dengan Tema “Penerapan Hak Warga Binaan Perempuan Hamil, Menyusui serta Anak Bawaan”.

Mohammad Ryan Bakry pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang telah turut andil dalam terlaksananya kerja sama ini. “Hal ini akan bermanfaat bagi mahasiswa kami, mohon petunjuk dan arahan selanjutnya, dan semoga kita dapat terus berkoordinasi dalam menciptakan kegiatan yang bermanfaat”, ujar Mohammad Ryan Bakry.

Perjanjian Kerja Sama ini menandai komitmen Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta untuk konsisten menyelenggarakan pelayanan hukum yang berkualitas. Tak hanya berjalan sendiri, sinergi dan kolaborasi pun ditingkatkan guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia dan tentunya pelayanan hukum dan HAM dengan berlandaskan tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.