Baca Quran Cegah Penuaan, Tampilkan Prof Suzana, Yarsi Berencana Gandeng UKM

Fungsi kulit itu sangat banyak. diantaranya mengatur dan mempertahankan suhu tubuh, mengeluarkan lemak dan keringat, absorsi dari bahan-bahan tak berguna. Kemudian toksis, regulasi pertukaran cairan, vitamin D, melindungi dari gangguan dari proses penuaan, termasuk untuk penampilan

Penuan  kulit ini merupakan proses kompleks, menyebabkan suatu perubahan dari struktur kulit, fungsi dan juga penampilan.Tentunya  seorang berusia 40 tahun tetapi  penampilannya seperti 60 tahun.  ini contoh terjadi penuaan dini. Pasti sudah terjadi perubahan pada struktur dan fungsi kulitmya

Kepala Bagian Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi, Dr.dr.Nenden Soebana, Sp.KK mengatakan hal itu dalam  webinar  Universitas Yarsi  bertema Strategies for Anti-Aging: From Molecular Basis to Clinical Practice.

Webinar pagi hari ini banyak pengetahuan diberikan Doktor Nenden, termasuk kolagen, pemedekan telomer, penggunaan sunblock dan penyebab penuaan

Terkait penuaan, alumni Fakultas kedokteran Universitas Padjajaran menjelaskan, penuaan dicirikan kulitnya berkerut dan garis-garis halus  , menipis tampak kedur akibat berkurangnya volume kulit dan jaringan menyokong,

Sedangkan penyebabnya  penuaan  karena sinar ultraviolet (UV) merusak jaringan kolagen akibat  produksi kolagen berkurang, minum alkohol dan merokok merusak kulit, polusi radikal bebas, kurang asupan oksidan dan kurang olahraga serta pola hidup kurang sehat “Jika terjadi tanda penuaan, segera atasi,” pesan Doktor Nenden.

Menurut dosen Universitas Yarsi ,lakukan perawatan  termasuk pemakaian produk  tabir surya  dan konsumsi vitamin c sesuai dosisnya sesuai arahan dokter, terapkan gizi seimbang, . “Sebelum terlambat jagalah kesehatan kulit dari sekarang dan kembalilah bergaya hidup sehat,” pesan Doktor Nenden

Dalam diskusi online yang dihadiri beberapa universitas di Indonesia,tampil juga pembicara dari Malaysia, Prof Dr. Suzana Makpol  dari Departement of Biochemistry  Universiti Kebangsaan Malaysia(UKM) ,

Prof Suzana mengatakan, Aging (Penuaan) termasuk masalah kompleks, baik secara molekular di dalam sel juga sosio psikologis. Perubahan hormonal, enzimatis serta kemampuan komunikasi sel di usia lanjut usia (lansia) sangat terbatas. Keadaan ini boleh jadi akibat level oksidatif stres  meningkat dalam tubuh lansia. Akibatnya terjadi perubahan fisiologis seperti imunitas, gangguan fungsi kognitif, kekuatan otot dan  sistem pencernaan.

Akibat lainnya munculnya penyakit-penyakit  degeneratif sel seperti diabetes, gangguan sistem kardiovaskular, hipertensi, disfungsi seksual, kanker bahkan penuaan itu sendiri.

Dengan begitu lanjut Prof Suzana, kita dapat melihat pengaruh molekular seperti keberadaan antioksidan dan molekul redox sangat menentukan gangguan tadi.

Guru Besar Departement of Biochemistry  Universiti Kebangsaan Malaysia(UKM) banyak menyampaikan pengetahuan seperti perubahan penuaan, perubahan pola makan, gaya hidup, telomer. Menariknya terkait  vitamin E,  air zamzam dan kebiasaan baca Alquran.

Vitamin E mampu memperpanjang telomer. Tetapi  peningkatan telomer  jangan diabaikan begitu saja ,harus dikontrol. Vitamin E itu dapat mengurangi proses  penuaan karena bersifat antioksidan serta pengatur redox molecule. “Sistem transfer elektron dalam menjaga keseimbangan redox juga dibantu vitamin  E  dan vitamin C,” terang Prof. Suzana.

Selanjutnya , minum air zamzam dan membaca Alquran bagus untuk tubuh, bisa membuat jiwa tenang,berperilaku baik, tidak stres,dan daya ingat kuat serta terhindar dari penyakit Alzheimer. “Ayo perbanyak baca Alquran ,hidup selalu sehat,”pesan Guru Besar dari Malaysia

“Terhadap air zamzam  sudah ada penelitiannya, bermanfaat bagi kesehatan  tetapi belum terpublikasikan,”ucap Prof Suzana.

Sependapat dengan Prof. Suzana,Kepala Pusat Penelitian Telomer. Longevity and Stress Oxidative,Universitas Yarsi, Harliansyah ,Ph.D menambahkan, kebiasaan positif seperti membaca Al Qur’an dapat mencegah kepikunan karena kalamullah itu membawa energi positif yang mengontrol oksidatif stres di dalam tubuh. Begitu juga sholat dapat memberikan ketenangan dari keadaan yang mengganggu selular serta bagian dari pola hidup sehat.

“Bukankah kita diingatkan Allah jika menghadapi masalah maka bersabarlah dan sholat karena sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar,” tutur Doktor Harliansyah.

Alumni Dept. Biochemistry. Faculty of Medicine University Kebangsaan Malaysia (UKM) Harliansyah.Ph.D  menjelaskan webinar ini mendatangkan Prof Suzana karena Guru Besar UKM memiliki reputasi penelitian aging mendunia.

Universitas Yarsi berencana bekerjasama dengan pihak UKM  khususnya Department Biochemistry tempat Prof. Suzana. Kini kerjasama Universitas Yarsi dengan pihak UKM secara resmi belum ada.

Selaku Alumni UKM  mempunyai tanggung jawab moral  menjembatani kerjasama ini baik dibidang penelitian dosen, perkuliahan bersama, magang penelitian dan kesempatan mahasiswa S2 Biomedik ikut meneliti di UKM.

Acara ini bagian upaya Univeristas Yarsi akan bekerjasama dengan beberapa pihak terutama perusahaan-perusahaan kosmetik dan kecantikan serta menggugah masyarakat luas untuk kuliah Magister Biomedik (S2) di  Yarsi  

Kelanjutan webinar ini  akan dilanjuti dengan membuat nota kesepahaman antara Dept Biochemistry Faculty of Medicine UKM dengan Prodi Magister Biomedik Univ Yarsi.”Ini upaya menggandeng UKM,” tutup Doktor Harliansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.