Kolaborasi Universitas YARSI dan MNC Portal Goes to Campus dalam Meningkatkan Brand Awareness

Pada hari Selasa tanggal 12 April 2022, MNC Portal Goes to Campus berkolaborasi dengan Universitas YARSI mengadakan webinar bertajuk “Meningkatkan Brand Awareness melalui Media Sosial” yang dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta tenaga pendidikan Universitas YARSI. Acara berlangsung dari jam 14.00 sampai dengan jam 16.00 WIB. Acara ini dibuka dengan opening speech oleh Dr. dr. Wening Sari, M.Kes. selaku Wakil Rektor 1 Universitas YARSI serta sambutan oleh Bapak Yadi Hendriana selaku Direktur Pemberitaan Portal MNC Indonesia.

Brand awareness adalah bagaimana sebuah merek memiliki ciri khas sehingga dapat dikenal oleh masyarakat. Brand awareness sangat penting untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat umum, sehingga konsumen lebih memilih produk kita dibanding yang lain.

Narasumber pertama, Dr. Ir. Perdana Wahyu Santosa, MM, CIMBA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI menyampaikan topik brand awareness yang berhubungan dengan perguruan tinggi. Media sosial sangat penting bukan hanya untuk interaksi sosial, namun juga untuk komunikasi dan pemasaran.

Dalam lingkup perguruan tinggi, media sosial dapat menjadi perantara bagi calon mahasiswa baru untuk mengenal lebih dalam calon kampusnya. Bahkan fenomena yang berkembang saat ini, banyak calon mahasiswa yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menentukan pilihan jurusan serta institusi yang ingin dituju. Media sosial dapat memberikan sisi yang berbeda dibandingkan website universitas.

Lalu, bagaimana cara menciptakan brand awareness menggunakan media sosial? Beliau menuturkan, ada lima cara yaitu brand partnership, menggunakan infografik, memerbitkan konten, menggunakan referral, serta hal yang paling penting adalah konsisten dalam pelaksanaan.

Narasumber kedua yaitu Bapak Rizki Gunawan selaku Kepala Media Sosial MNC Portal yang mengepalai media sosial dari 6 portal di bawah naungan MNC Portal. Total media sosial yang beliau kepalai ada 30 media sosial. Masing-masing dari 6 portal yaitu Celebrities.id, Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDX Channel, serta Sportstar.id yang memiliki masing-masing 5 platform media sosial.

Beliau menyampaikan, jika brand kita memiliki keunikan yang berbeda dari produk lainnya, maka masyarakat dapat dengan mudah mengenali brand kita. Masyarakat justru cenderung tertarik dengan produk yang berbeda.

Untuk meningkatkan brand awareness, terdapat beberapa cara, salah satunya dengan pemasaran melalui media sosial. Dewasa ini, 98.8% masyarakat Indonesia menggunakan media sosial. Bapak Rizki Gunawan juga menyampaikan strategi Celebrities.id dalam meningkatan brand awareness.

Yang pertama adalah aktivasi brand, dilakukan dengan diadakannya program rutin dan konsisten diantaranya Celeb Talks, Inspiring Talks, dan Celebrities.id berbagi. Kegiatan tersebut semakin menarik dengan diundangnya para selebriti ternama di Indonesia.

Yang kedua adalah strategi konten. Celebrities.id menganalisa trending-trending yang ada di internet seperti Twitter, Google, dan lainnya. Selanjutnya adalah mencocokkan trending dengan kegemaran audience dan followers dengan cara melihat insight di media sosial seperti Instagram dan lainnya.

Selain itu, Celebrities.id juga mempublikasi beberapa konten-konten yang berhubungan dengan selebriti Indonesia seperti Celeb Quote yang berisi kutipan dari selebriti, Biodata Celeb yang berisi biodata serta informasi pribadi yang menarik dari selebriti, serta Zodiak Celeb yang berisi info zodiak yang dicocokkan dengan selebriti tanah air. Celebrities.id juga melakukan kolaborasi dalam memuat konten-konten dengan portal lainnya yang dinaungi oleh MNC Portal. Celebrities.id pun mengadakan kuis berhadiah menarik untuk menggaet audience.

Selanjutnya adalah nilai-nilai dari konten yang disajikan oleh Celebrities.id. Semakin menguras emosi audience, semakin populer pula suatu konten. Sehingga hal itu dapat menjadi brand awareness untuk produk kita.

Beliau juga menyampaikan tentang langkah-langkah untuk menciptakan konten yaitu dengan membandingkan brand, meneliti isu-isu, mengoptimalisasi judul konten, serta melakukan pemuatan dan distribusi konten.

Adapula beberapa tipe konten yang diminati oleh audience Celebrities.id antara lain nominal, kekuasaan, romansa, kepercayaan, nasionalisme, serta hal-hal yang berbau konflik atau kontroversial.

Narasumber terakhir, Difki Khalif, adalah penyanyi yang juga keponakan Ariel Noah. Ia sudah mulai menekuni bidang musik sejak SMP, dengan membuat grup band nya sendiri. Sampai saat ini, ia sudah mengeluarkan empat single. Single terbarunya berjudul Lara.

Pada kesempatan kali ini, Kak Difki membagikan pengalamannya tentang proses promosi single lagu Lara selama pandemi. Kak Difki menuturkan bahwa dengan berani tampil beda, karya kita akan mudah dikenal oleh masyarakat. Tak hanya itu, karya yang bisa mendekati dan mewakili kehidupan masyarakat juga dapat menjadi brand awareness tersendiri.

Lagu Lara sendiri bercerita tentang hubungan jarak jauh antara dua insan. Sang tokoh utama merupakan orang yang egois dan tidak mau mengakui kesalahannya sendiri. Ia memilih untuk menyalahkan keadaan dibandingkan introspeksi diri. Pesan tersirat dari lagu ini adalah fenomena bahwa manusia punya hubungan jarak jauh dengan siapapun, kekasih, keluarga, bahkan dengan Tuhan. Hal ini membuat lagu Lara dapat didengar oleh berbagai kalangan masyarakat.

Acara ditutup dengan kuis menarik serta pesan yang disampaikan oleh ketiga narasumber. Pertama, Dr. Ir. Perdana Wahyu Santosa, MM, CIMBA menyampaikan bahwa kita harus tetap bijak dalam penggunaan teknologi khususnya di media sosial. Selanjutnya, Pak Rizki Gunawan menambahkan bahwa kita tetap harus mencoba dan mengeksplorasi media sosial untuk dapat meningkatkan brand awareness. Terakhir, Kak Difki Khalif menyampaikan sebagai penutup untuk terus mengolah kreativitas dalam berbagai bidang dan terus jeli untuk melihat perkembangan media sosial.

Penulis: Thufailah Hamida J

Leave a Reply

Your email address will not be published.