4C + 1C, Kunci Kualitas Generasi Produktif Menuju Indonesia Emas 2045” Pesan Rektor dalam Wisuda Online Universitas YARSI

Wisuda Online Universitas YARSI digelar pada hari Sabtu, 16 April 2022. Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia, Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma’ruf Amin, Kepala LL Dikti Wilayah 3, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., Rektor Universitas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal Ph.D, serta Kepala Yayasan YARSI, Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK.

Dalam sambutannya, Prof. dr. Fasli Jalal Ph.D membahas tentang Indonesia Emas 1 Abad Kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 2045, Indonesia akan bergabung ke dalam kelompok negara-negara maju. Indonesia akan diperkirakan meraih ekonomi 5 besar di dunia. Prasyarat utama Indonesia Emas tersebut adalah sumber daya manusia yang berkualitas.

Saat ini Indonesia sedang berada pada puncak masa bonus demografi. Hal itu ditandai dengan sebanyak 20 juta penduduk Indonesia menduduki usia produktif. Kondisi ini dapat menjadikan Indonesia memiliki kekuatan raksasa sehingga mampu menjadi negara yang kuat dan maju. Namun kondisi ini akan berubah menjadi ancaman bahkan malapetaka jika generasi produktif tidak berkualitas.

Generasi dengan umur produktif harus dapat menerapkan 4C yaitu mampu berfikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking and problem solving), menjadi pribadi yang kreatif (creative thinking), dapat berkomunikasi dalam semua dimensi (communication), dan mampu bekerja sama serta berkolaborasi dalam berbagai kelompok (collaboration). Lebih sempurna jika dilengkapi 1C yaitu karakter atau akhlakul karimah (character). Saat ini, Universitas YARSI telah menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang memiliki wakil rektor khusus dalam bidang Agama Islam, yaitu Ruhul Islam.

prof fasli
Rektor Universitas YARSI

Selanjutnya, Prof. dr. Jurnalis Uddin, PAK. selaku Ketua Yayasan YARSI menyampaikan bahwa diselenggarakannya wisuda secara online menjadi alternatif terbaik, meskipun wisuda di kampus dengan adanya fasilitas memadai juga yang terbaik. Pemerintahan Indonesia masih perlu berhati-hati dalam menghadapi pandemi virus Covid-19 dan belum bisa dinyatakan sebagai endemi.

Beliau berharap acara wisuda dapat berjalan khusyuk dan lancar. Prof dr. Jurnalis Uddin, PAK. juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan tingkat maupun pasca sarjana yang telah bersusah payah menyelesaikan studi di tengah pandemi Covid-19. Kesuksesan mereka tak luput karena bantuan serta dukungan orangtua, keluarga, dosen, tenaga pendidikan, serta universitas.

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah 3 DKI Jakarta pada sambutannya pun menyampaikan, “Semoga sambutan-sambutan sebelumnya dapat dijadikan bekal untuk mengarungi samudera kehidupan serta membawa nama baik Universitas YARSI”

Oleh: Thufailah Hamida J

“Universitas YARSI, Islami dan Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.