Akhlakul Karimah dan Empat Sikap, Kunci Sukses Lulusan Yarsi

Dalam proses penyiapan diri terjun kedunia kerja, perhatikan hasil studi Prof. Thomas J. Stanley, Ph.D (tahun 2000) menyatakan, dari 100 faktor sukses dimiliki para tokoh sukses di dunia, faktor Intellegence Quotients (IQ) hanya menempati peringkat ke-21, bersekolah di sekolah favorit di peringkat ke23 dan nilai indeks prestasi hanya peringkat ke-30. Ternyata 10 faktor  paling menentukan kesuksesan seseorang adalah sikap jujur, disiplin, kemampuan menjalin hubungan antar manusia yang kokoh, dukungan dari pasangan hidup.

Kemudian  bekerja lebih keras dari lainnya, mencintai pekerjaan , kepemimpinan yang baik dan kuat, semangat dan berkepribadian kompetitif. Terakhir pengelolaan kehidupan yang baik serta kemampuan menjual gagasan dan produk.

Menurut Rektor Universitas Yarsi ,Prof.dr. Fasli Jalal,Ph.D, dalam sambutan virtual Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahun 2021/2022 virtual, Sabtu, 16 april 2022   hasil studi itu merupakan pembenaran dari ajaran Islam

“Ajaran Islam sejak 14 abad  lalu, telah mengutamakan akhlakul karimah di atas transformasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kompetensi teknikal dalam dunia pendidikan,” tegas Tokoh Pendidikan dari Universitas Yarsi.

Selanjutnya Prof Fasli menerangkan, proses pendidikan dan pembelajaran di Universitas Yarsi mahasiswa selalu dituntun agar mampu menunjukkan akhlak terpuji (akhlakul karimah) seperti takut kepada Allah SWT, bersandar atau tawakal kepada AllahSWT, sabar, syukur, berbuat baik, teguh pendirian, jujur, dan adil.

Lalu, terpercaya, pemaaf, dan lapang dada, selalu menjaga silaturahim dan berupaya memelihara perdamaian, serta berkata baik dan benar.

Selain itu mahasiswa Universitas Yarsi diajak mengenal, memahami, dan menghindari akhlak tidak terpuji seperti sikap sombong, berbuat kerusakan, ingkar janji, khianat, riya, dan bermuka dua.

“Mahasiswa Yarsi tak boleh kikir, berfoya-foya,bermegahan, suka mencela, menghina, curiga,  mengolok-olok , disertai sikap iri, dan suka berbuat fitnah,” ingat Penggiat Pendidikan dari Universitas Yarsi

Untuk mencapai semua itu,  Alumnus Doktor Cornell University mengatakan, Universitas Yarsi  mempunyai komitmen tinggi dengan mengangkat Wakil Rektor khusus (WR5) didedikasikan  mengurus ruhul Islam dalam semua dimensi kehidupan kampus.

Kurikulum Agama Islam di Universitas Yarsi masuk dalam seluruh aspek pendidikan, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Oleh sebab itu, setiap mahasiswa tidak hanya paham tetapi juga memiliki keterampilan sesuai  kompetensi sebagai muslim. “ Mempunyai nilai Smart, Compassionate, dan Reliable (SCORE),” tutur Wakil Menteri Pendidikan Nasional tahun 2010,” tambahnya

Masih menurut Prof Fasli , mahasiswa juga dituntut memenuhi aspek-aspek tersebut sehingga internalisasi ruhul Islam melalui semua jalur tridharma bisa berjalan sesuai direncanakan.

Universitas Yarsi juga terus berupaya meningkatkan kompetensi lulusan dan memberikan kontribusi pada penyelesaian masalah-masalah dihadapi bangsa dan negara melalui berbagai penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Selain penyiapan diri terjun kedunia kerja,proses pendidikan dan pembelajaran hingga memiliki akhlak terpuji ,saat wisuda ini Rektor Universitas Yarsi juga menyampaikan informasi, seperti,untuk memperluas akses masyarakat mendapatkan pendidikan tinggi bermutu. “Universitas Yarsi konsisten meningkatkan kualitas sumber daya manusianya,” cakap Prof Fasli.

Buktinya, sebagai hadiah ulang tahun Yarsi ke 55, tanggal 15 April 2022, Universitas Yarsi  memperoleh 1 orang Guru Besar baru sehingga dalam 3 tahun terakhir telah melahirkan 4 orang Guru Besar dengan urutan Prof. Nurul Huda (bidang ekonomi syariah), Prof. Rika Yuli Wulandari (bidang kedokteran), Prof. Tjandra Yoga Aditama (bidang kedokteran), dan Prof. Endang Purwaningsih (bidang hukum).

Selain itu Universitas Yarsi juga diberi amanah menyelenggarakan program studi S3 (doktoral) Sains Biomedis. Sementra prodi pendidikan Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer dan prodi Magister Administrasi Rumah Sakit ,Insya Allah tahun ajaran depan sudah bisa menerima mahasiswa. “kini sedang diusulkan dan dievalusi,” Kata Rektor Universitas Yarsi

Diakhir sambutan, Prof Fasli berpesan  kepada lulusan Universitas Yarsi  mari siapkan diri dengan baik. Kunci sukses dalam kehidupan harus memiliki akhlakul karimah  dan empat  sikap yaitu : pertama bangunlah kecintaan pada pekerjaan , kedua, fokus pada tujuan dicapai; ketiga, asah diri, berlatih sungguh-sungguh menguasai pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan; dan keempat, bekerjalah untuk mencapai tujuan lebih besar baik untuk kesehatan diri, kesejahteraan dan keadilan serta kemuliaan buat umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.