Kadis DPPAPP DKI Jakarta, Ir. Tuty Kusumawati: MM 60 sampai 70 Remaja maupun Dewasa di Indonesia Lebih Nyaman Bercerita kepada Teman

Duta Anti Kekerasan merupakan figur dari mahasiswa terkait Anti Kekerasan di perguruan tinggi. Duta Anti Kekerasan ini menjadi ajang sosialisasi POS SAPA dan Peremedikbudristek No. 30 tahun 2021 tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Harapannya, warga Universitas YARSI akan lebih mengerti dan faham akan pentingnya penanganan serta pencegahan kekerasan di lingkungan Perguruan Tinggi maupun di lingkungan masyarakat.
Ketua Panitia Duta Anti Kekerasan Universitas YARSI, dr. Maya Trisiswati, M.KM. Dalam laporannya, beliau menyampaikan harapannya bahwa “Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan pengetahuan sivitas akademika khususnya mahasiswa Universitas YARSI tentang kekerasan serta menurunkan angka kekerasan di lingkungan Universitas YARSI maupun di masyarakat”
Selanjutnya, Prof. Fasli Jalal, Ph.D menyampaikan pendapatnya mengenai kekerasan dewasa ini. Masih banyak kasus kekerasan yang ditutupi, bahkan bukannya pelaku yang mendapat ganjaran, namun korban justru mendapatkan stigma buruk di masyarakat. Universitas YARSI membangun tim dengan diadakannya Duta Anti Kekerasan Universitas YARSI untuk menghindari hal-hal berikut terjadi.
Ir. Tuty Kusumawati, MM selaku Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta pun ikut menyampaikan sepatah dua patah kata terkait Duta Anti Kekerasan. Beliau menyampaikan bahwa 60 sampai 70% remaja maupun dewasa di Indonesia lebih nyaman jika bercerita kepada temannya, setelah itu kepada ibunya. Harapannya, Duta Anti Kekerasan ini bisa menjadi tempat bercerita bagi sivitas akademika Universitas YARSI sehingga jika terjadinya kekerasan akan segera diketahui dan dapat ditindaklanjuti lebih cepat.
Acara dilanjutkan dengan penilaian finalis Duta Anti Kekerasan Universitas YARSI. Terdapat dua kategori pemenang yaitu pemenang perempuan dan pemenang laki-laki, sebagai berikut:
Perempuan:
1.    Juara 1: Mutiara Azzahra
2.    Juara 2: Tasya Talitha
3.    Juara 3: Rizki Rahmatia
Laki-laki:
1.    Juara 1: Yudha Attallah
2.    Juara 2: khairul Rizal
3.    Juara 3: Aga Pratama

Oleh: Thufailah Hamida J

Leave a Reply

Your email address will not be published.