Rektor UY dalam Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci: Kerjasama Universitas dan Kabupaten/Kota itu Penting

Universitas YARSI pada tanggal 17 Juni 2022 melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Jambi. Perjanjian ini tercatat pada Nota Kesepamahan Nomor 710/01/MoU/Pem-2022 atau 017/MOU/REK/UY/VI/2022 tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Masyarakat, serta Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kerinci. Acara dihadiri oleh Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. selaku Rektor Universitas YARSI serta Dr. H. Adirozal, M.Si selaku Bupati Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Ruang lingkup kerjasama antara Universitas YARSI dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Jambi antara lain:

  1. Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, serta Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  2. Pengembangan Sumber Daya Alam dan Kelestarian Lingkungan;
  3. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat;
  4. Sosial Politik, Hukum dan Perundang-undangan;
  5. Pengembangan Agribisnis dan Agroindustri;
  6. Kesehatan Masyarakat;
  7. Pemanfaatan Teknologi Informasi;
  8. Pemagangan Mahasiswa;
  9. Pengembangan Pariwisata;
  10. Kesejahteraan Sosial Masyarakat dan;
  11. Bidang-bidang lain yang dianggap perlu oleh kedua belah pihak

Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama antara kampus dengan kabupaten/kota sangatlah penting mengingat mahasiswa nantinya akan terjun langsung ke masyarakat. Saat ini Universitas YARSI telah melakukan kegiatan pendampingan dengan kabupaten/kota mencakup perkembangan perpustakaan, puskesmas, UMKM, dan masih banyak lembaga masyarakat lainnya. Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. pun berharap kerjasama ini bukan hanya sekedar penandatanganan namun juga terdapat program rutin yang dijalankan oleh kedua belah pihak.

Selanjutnya, Dr. H. Adirozal, M.Si selaku Bupati Kabupaten Kerinci, Jambi juga menyampaikan sambutan. Beliau mengatakan bahwa sebelumnya Universitas YARSI juga sudah beberapa kali bekerjasama dengan Kabupaten Kerinci. Kabupaten Kerinci juga sangat membutuhkan alumni-alumni dari YARSI terutama alumni Dokter Muslim untuk kesehatan masyarakat Kerinci. Harapannya, kegiatan kesehatan di Kabupaten Kerinci dapat berjalan dengan didasari oleh agama Islam.

Kabupaten Kerinci juga sedang melaksanakan program “Kerinci Cerdas” yang nantinya dapat memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang diutamakan oleh Hafidz dan Hafidzah al-Qur’an. Harapannya dengan dijalinnya kerjasama ini, Universitas YARSI juga dapat membantu dalam menyukseskan program Kerinci Cerdas.

Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat menjalin hubungan silaturahim serta kedua pihak baik Universitas YARSI dan Pemerintah Kabupaten Kerinci dapat lebih berkembang dalam kebaikan.

Oleh: Thufailah Hamida J

Leave a Reply

Your email address will not be published.