Ilmu Kimia Sangat Strategis, Bawa Perbaikan Kualitas Hidup

Berbagai negara, termasuk Indonesia tengah mengalami Aphelion. Saat fenomena alam ini letak bumi akan sangat jauh dari matahari. Kita tidak bisa melihat fenomena tersebut, tetapi bisa merasakan dampaknya. Seperti mengalami cuaca dingin melebihi dingin sebelumnya, meriang flu, batuk sesak nafas inpeksi saluran napas atas, dan sebagainya.

Untuk mencegah dampak fenomena alam itu tingkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dengan banyak meminum vitamin atau suplemen.

Menurut dosen Universitas Yarsi, Dr.Sri Utami, S.Si., M.Si., S.H, dari sudut pandang ilmu kimia pernyataan itu tidak salah. Aphelion menunjukkan sebuah benda langit berada dalam titik terjauh dengan matahari,sehingga terjadi perubahan energi menyertainya. Ada tarik menarik, ujung-ujung nya ada hubungan dengan imunitas.

Karena itu dalam ajaran Islam disunahkan mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Lakukan sholat dan berpuasa agar terhindar dari sesuatu tak diinginkan,” terang  alumnus Doktor Bomedical Sciences FKUI, saat acara Ngaji Integrasi Sains dan Islam di Universitas Yarsi ,kemarin

Doktor Sri Utami dalam forum virtual itu membawa tema. Sains dan Islam Pendekatan Imu Kimia. Banyak hal menarik dan menambah wawasan apa yang disampaikannya. diantaranya apa itu ilmu kimia.

Kimia merupakan ilmu sangat strategis,  mempelajari  tentang materi (zat), sifat zat, strukturnya seperti bentuk minyak dan lemak dan perubahan reaksi energi menyertai

Hubungan antara ilmu kimia dan Islam dicontohkannya atom merupakan partikel terdiri atas neytron dan proton serta dikelilingi oleh electron. sedangkan teori atom yaitu adanya gerakan mengelilingi inti atom serupa tawaf.dimana jemaah melakukan gerakan. 

Kemudian sifat kimia, seperti zat. hubungan air dan Air Zamzam. Air memiliki unsur kimia hydrogen (H) dan oksigen (O).Sumber air di alam seperti sungai, laut, mata air dan hujan,  Air juga dibahas dalam Alquran surat Albaqorah ayat 22, 74, dan 164.  

Sedangkan Air Zamzam mempunyai sejarah dari Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail,diabadikan dalam Alquran dan Air Zamzam diyakini memberikan banyak manfaat. Air Zamzam kandungan mineralnya berbeda dengan air kemasan. Air Zamzam memiliki 30 ribu magnesium(Mg)  dan 40 ribu kalsium(Ca). sedangkan air kemasan hampir 59 ribu Mg dan  Ca nya lebih sedikit dari 9 ribu.   

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi ini  juga menjelaskan tawaf.  Saat umrah dan haji dari ilmu kimia banyak memberikan manfaat bagi jemaah. Dengan tawaf  para jemaah akan sehat karena banyak pertukaran energi,gerak. Lalu berdoa dan zikir mengingat Allah, manusia akan selamat.

Jadi membahas Islam dari sudut ilmu kimia, wawasan akan bertambah, orang akan tercerahkan, mengetahui keberadaan manusia itu tersusun dari atom, inti dan elektronnya . dengan gerak  saat sholat dan thawaf setiap orang akan sehat , mendapat petunjuk jalan yang benar dan menyukuri nikmat Allah SWT . “Tidak kalah penting ilmu kimia berperan sangat strategis dan membawa perbaikan kualitas hidup, “tutup Doktor Sri Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published.