Mau Jadi Sarjana Psikologi Berprestasi, Daftar Segera ,Belajar di Psikologi Yarsi

Satu prestasi lagi di persembahkan Fakultas Psikologi Universitas Yarsi dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Tahun ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi kembali menggelar PKKM dan Prodi Psikologi Universitas Yarsi memenangkan hibah PKKM kedua kalinya.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Yarsi, Dr.Miwa Patnani, S.Psi, M.Si. mengatakan, tahun 2021 kami memenangkan hibah PKKM tahun ke-1. Saat itu prodi psikologi mengajukan  aneka program bertujuan mendukung kampus merdeka. Semua pihak di prodi psikologi bekerja keras, kerjasama agar dapat menyelesaikan program sesuai rencana. Meskipun dalam pelaksanaan banyak sekali perubahan terkait waktu dan biaya, namun kami berusaha tetap dapat melaksanakan pedoman dan tidak melenceng dari ketentuan.

Menurut Doktor Miwa ,hal ini mungkin membuat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dikti) melihat prodi psikologi masih layak mendapatkan kepercayaan hibah tahun ke-2. Selain itu program yang Prodi Psikologi Universitaas Yarsi ajukan di tahun ke-2 memang berkesinambungan dengan program tahun pertama, sehingga menurut kami ini juga menjadi nilai lebih.

Tahun ke-2 tentunya lebih memerlukan perencanaan matang, karena harus berkesinambungan dengan program tahun sebelumnya. Selain itu di tahun ke-2 tentunya harus lebih memperhatikan lagi dari sisi efektivitas programnya, karena sudah masuk ke dalam tahapan pelaksanaan. “Pengalaman menjalani PKKM tahun pertama sangat membantu kami lebih dapat menyesuaikan dengan ritme ,alur kerja dengan timeline dari Dikti,”ujar Ibu Dekan

Selanjutnya ,PKKM bagi prodi psikologi merupakan kesempatan wujudkan ide dan gagasan  bagaimana mengembangkan potensi dosen dan mahasiswa dengan optimal. “Dengan perencanaan terbaik, PKKM ini sangat bermanfaat bagi prodi,” tegas Alumnus Doktor Universitas Indonesia

Meskipun dalam pelaksanaan sangat menguras energi, PKKM memberi kami kesempatan mewujudkan ragam program, memberi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya melalui berbagai pelatihan dan workshop.

Kemudian dengan adanya program PKKM, Prodi Psikologi Universitas Yarsi  dapat menyediakan sarana prasarana berupa peralatan laboratorium sangat menunjang riset-riset terkini dalam psikologi.

Dana hibah PKKM tahun ke-2 akan digunakan untuk dua kegiatan utama, pertama adaptasi  kurikulum MBKM sebagai upaya prodi psikologi menyambut Kampus Merdeka. Kegiatan program ini mencakup upaya untuk merevisi kurikulum agar sesuai dengan MBKM dan juga upaya mencapai akreditasi internasional.

Kedua, optimalisasi kompetensi dosen dan mahasiswa melalui berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi seperti visiting lecture, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Doktor Miwa bertutur ,kami tentunya sangat bangga dengan pencapaian ini, berarti Fakultas Psikologi Universitas Yarsi dipercaya dapat menjadi bagian dari agent of change menuju implementasi MBKM. Ini bukti suatu kami kerjakan dianggap sebagai kontribusi positif bagi pencapaian Kampus Merdeka

Fakultas Psikologi berharap, agar universitas dan yayasan juga memberikan dukungan psikologis maupun finansial. mengingat dalam program PKKM juga ada tuntutan keterlibatan dari institusi sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap prodi.

Selanjutnya dengan pencapaian ini kepada masyarakat, khususnya punya minat dan rencana jadi sarjana  psikologi, masuk dan belajar di Universitas Yarsi. 

Fakultas Psikologi Universitas Yarsi berdiri tahun 2007, memiliki ciri khas yaitu fokus pada psikologi kesehatan, ini membedakan dengan fakultas psikologi lainnya. Selain itu, sebagai bagian dari institusi Islam, Fakultas Psikologi Yarsi juga menanamkan nilai Islami sebagai bagian dari keunggulan lulusan dibanding perguruan tinggi lain.

Tidak hanya prestasi diatas , masih banyak prestasi lainnya dihasilkan , seperti  sembilan orang dosen berhasil memperoleh beasiswa doctoral di berbagai Universitas di Belanda, Inggris, Amerika Serikat dan Australia. Selain itu beberapa dosen memperoleh award  penelitian disertasi yang dilakukan dan memperoleh pendanaan tingkat internasional.

Tingkat publikasi Fakultas Psikologi Yarsi cukup tinggi, dimana beberapa dosen berhasil mempublikasikan artikelnya di jurnal internasional bereputasi dan beberapa mahasiswa berhasil berkompetisi tingkat nasional dalam program MBKM

Fakultas Psikologi Yarsi sudah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lain di dalam negeri  dan luar negeri seperti  VU university Belanda, UNIMAS Malaysia.

Tidak kalah pentingnya silaturahim dengan para alumni terus dikembangkan dan  alumni dilibatkan meningkatkan kualitas fakultas psikologi dan diajak berpartisipasi seperti menjadi dosen tamu, menjadi pembicara dalam seminar dan sebagainya

Nah,mulai sekarang mau jadi sarjana psikologi  profesional ,berprestasi, daftar segera dan belajar di Psikologi Yarsi, “Kami sambut dan antarkan Anda jadi sarjana  psikologi professional islami ,” cakap Ibu Dekan Psikologi  

Leave a Reply

Your email address will not be published.