Donor Darah Universitas Yarsi, RS Yarsi Lancar,Sukses dan Pendaftar Melimpah

Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit. Mulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

Kasus kecelakaan  dan proses melahirkan contoh penyebab seorang mengalami kekurangan darah akibat perdarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi terkait, seperti Palamg Merah Indonesia (PMI) dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah cukup.

Ironisnya, sering kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit,sementara

kebutuhan akan darah terus meningkat. Semua itu disampaikan Wakil Rektor (Warek) III Universitas Yarsi(UY) ,Dr.Octaviani Indrasari Ranakusuma,M.Si.,Psi pada donor darah di Rumah Sakit Yarsi, kemarin

Selanjutnya Ibu Octa panggilan akrab bu Warek III Yarsi menyatakan, UY memberikan solusi dan menunjukkan kepedulian kami,dari Universitas Yarsi, bersama para mahasiswa dan Rumah Sakit (RS)Yarsi bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah

Menurut Ibu Warek III, tujuan aktivitas ini membantu ketersediaan darah bagi PMI dan RS sekaligus memperingati Bulan Bakti Palang Merah Indonesia,

Peserta mendaftar lebih melimpah , melebihi target. Mereka dari berbagai kalangan dan tersebar dari masyarakat sekitar Jabodetabek ”Alhamdulillah target 100 pendonor tercapai,” seru Doktor Octa.

Bu Octa menerangkan, RS Yarsi dijadikan tempat pelaksanaan donor darah karena  RS Yarsi institusi pelayanan kesehatan memberikan pelayanan komprehensif dan memiliki sarana, prasarana mendukung kegiatan donor darah, sesuai regulasi,.

Direktur Pelayanan Medis RS Yarsi, dr Andi Erlina MARS menambahkan, RS Yarsi djadikan tempat pelaksanaan karena RS Yarsi mengutamakan mutu dan keselamatan pasien, pengunjung dan seluruh staf RS, serta aman dan nyaman untuk semua peserta dalam jumlah banyak.

Kemudian RS Yarsi mendukung sebagai bentuk proaktif melayani pasien membutuhkan darah, sehingga kebutuhan PMI terhadap berbagai jenis komponen darah dapat tercukupi.

Bagi RS Yarsi, aksi sosial kemanusiaan ini untuk kedua kalinya. Beberapa tahun lalu sudah ada rencana namun terkendala masa pandemi hingga aksi donor darah tertunda. Rencananya nanti bekerjasama dengan UY dan PMI serta berbagai pihak peduli akan menjadikan kegiatan rutin dan berkelanjutan.

Selanjutnya dalam aksi mulia ini, tim dokter dan paramedis RS Yarsi terlibat aktif dalam proses kepanitiaan dan penyelenggaraan kegiatan donor darah. Mereka berupaya menjamin pelaksanaan kegiatan donor darah, dilaksanakan sesuai standar dan regulasi berlaku.

Tema donor darah kali ini Share Your Blood, Share Your Care. “Ini merupakan satu bentuk kepedulian RS Yarsi terhadap kebutuhan darah pasien-pasien membutuhkan . “Alhamdulillah kegiatan ini lancar sukses dan peserta melipah,” tutup dokter Andi (Usman).

Leave a Reply

Your email address will not be published.