Lulusan Yarsi Siapkan Diri, Jujur Kunci Sukses,Melatihnya Gampang,

Wisuda dan pengucapan sumpah bagi dokter dan dokter gigi merupakan kegiatan rutin tahunan Universitas Yarsi. Serimonial itu menandakan selesainya proses belajar mengajar di kampus. Kepada para sarjana diwisuda dan disumpah Universitas Yarsi, selamat berpisah dengan dunia kampus dan selamat datang di dunia nyata. Dunia penuh gelombang tapi juga dunia sangat menjanjikan.

Kalau mau sukses didunia, ya harus jujur. Kunci awal kesuksesan versi internasional adalah kejujuran sedang menurut Islam disebut Akhlakul Karimah (akhlak mulia dan terpuji).

Anggota pengurus Yayasan Yarsi, Adji Abdul Karim menyampaikan pesan itu kemarin lalu.

Pak Adji sapaan akrab Adji Abdul Karim menjelaskan, kepada wisuda, dokter dan dokter gigi, sukses tidak ditentukan intellectual quotient (IQ) atau tingginya nilai akademik saja ataupun kepemimpinan dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler saja, tetapi kejujuran atau akhlakul karimah.

Bersikap jujur itu berarti memiliki empat  sikap yaitu Shiddiq (benar dan tepat dalam bertindak), Amanah (bisa dipercaya), Tabligh (mengajak kepada kebaikan) dan Fathonah (Cerdas dalam semua dimensi kehidupan).

Prasyarat utama untuk mencapai Indonesia Emas adalah tersedianya sumber daya manusia berkualitas, “Manusia berkualitas itu ya berbuat jujur” cakap Pak Adji, berpengalaman direktur di perusahaan farmasi asal Inggris.

Selanjutnya kepada para wisuda dan mereka mengucapkan sumpah tetap dan teruslah berupaya mengembangkan kecakapan ngetren pada abad ke 21.

Kecakapan dibutuhkan disebut 4Cs; mampu berfikir kritis dan menyelesaikan masalah (critical thinking and problem solving); menjadi orang kreatif (creativity); mampu berkomunikasi semua dimensinya, termasuk komunikasi lintas budaya, agama, dan bangsa (communication); dan mampu bekerjasama berbagai kelompok dan berbagai penugasan (collaboration) dilengkapi satu C lagi, yaitu karakter (character)  atau akhlakul karimah  berbuat jujur.

Ditengah era penuh ketidakpastian. lulusan dari sebuah perguruan tinggi Islam maka nantinya suksesnya bekerja, baik sebagai entrepreneur maupun bekerja dengan orang lain, termasuk bekerja dalam  berbagai upaya kemanusiaan adalah ibadah. “Jujur itu ibadah dan tidak ada istilah lelah berbuat jujur,”ucapya.

Menurut Pak Adji.pensiunan direktur farmasi asal Amerika ,jujur itu nikmat. Melatihnya gampang, ciptakan lingkungan baik secara moral dan akademi , terapkan dalam keseharian dan akui kesalahan.

Kemudian setelah jujur harus mempunyai komitmen maju dan cinta pada apa kita lakukan dengan perseverance  atau kegigihan, ketangguhan dan daya tahan atau semangat pantang menyerah bila berhadapan dengan tantangan atau kegagalan.

Bukan hanya kepada wisuda dan mereka ikut sumpah, Pak Adji  juga mengatakan, kepada mahasiswa baru Universitas Yarsi, Para mahasiswa dan mahasiswi  menjadi insan terpilih dari ribuan pendaftar.

Selamat belajar di Universitas Yarsi, kelak menjadi alumni memiliki akhlakul karimah, ilmu , cinta tanah air dan berdaya saing global.

Pendidikan Ruhul Islam menjadi ciri khas Universitas Yarsi. Lewat Pendidikan Ruhul Islam seluruh mahasiswa Universitas Yarsi akan menjiwai nilai-nilai Islam dalam kehidupannya.

Pendidikan Ruhul Islam ini dalam rangka mencetak intelektual Islam yaitu, memiliki wawasan, pengetahuan keislaman, serta memiliki keterampilan sesuai ajaran Islam.

Lebih jauh Pak Adji menegaskan, Ruhul Islam bukan hanya ditempel-tempelkan sebagai mata pelajaran, tapi pembelajaran agama Islam di Universitas Yarsi diajarkan setiap semester semua program studi . sehingga akhirnya laporan penelitian dan skripsinya harus punya kajian berkaitan dengan Islam.

Dalam rangka penghayatan nilai Islam dan pembentukan insan intelektual, Pendidikan Ruhul Islam di Yarsi memiliki tiga tujuan yaitu, menjadikan mahasiswa intelektual memiliki kepribadian islami, memiliki wawasan pengetahuan keislaman, memiliki keterampilan sesuai ajaran Islam.

Selain itu untuk memperluas akses masyarakat mendapatkan pendidikan tinggi bermutu, Universitas Yarsi konsisten meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Para wisuda, dokter dan dokter gigi mulai hari ini kalian menjadi alumni baru. Tentu kontribusi alumni diberbagai bidang kehidupan dalam berbangsa dan bernegara akan mengangkat citra dan nama baik almamater dinantikan. “Kepada lulusan dan mahasiswa baru Universitas Yarsi siapkan diri, berbuat jujur karena jujur kunci meraih sukses,melatihnya gampang,” pesan Pak Adji.

Pada akhirnya, sekecil atau sebesar apapun kerjaannya, kita bekerja untuk kebahagiaan umat manusia, dengan tetap memohon ridho Allah SWT (usman).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *