PIMPINAN

Direktur SPS

:Prof. dr. Abdul Salam M. Sofro, PhD., Sp.KT(P).

Sekretaris SPS

: Maya Ganisa, S.Si, MT, PhD.

Ka. Prodi Magister Sains Biomedis

:Prof. Dr. Dra Endang Purwaningsih, MS, PA

Sek. Prodi Magister Sains Biomedis

:Dr. dr. Eko Poerwanto, MKes, AIFM

Koordinator Penelitian Magister Sains Biomedis

:Drs. Harliansyah, MSi, PhD

Koordinator Pengmas Magister Sains Biomedis

:Dr. Kholis Ernawati, SSi, MKes

Gugus Kendali Mutu

:Dr. Zainal Zawir Simon, SE, MA, MBP

VISI KEILMUAN

VISI
Mewujudkan Program Studi Magister Sains Biomedis yang bermutu, berkarakteristik Islam dan mampu berkiprah di fora nasional maupun internasional

PROFIL LULUSAN
Profil kompetensi Magister Sains Biomedis

Pendidikan Magister Sains Biomedis ini dirancang agar peserta didik memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu mengidentifikasi, menyusun gagasan dan hasil pemikiran berdasarkan etika akademik dan memecahkan permasalahan tersebut melalui penelitian bidang Sains Biomedis yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  2. Mampu melakukan validasi akademik dan atau kajian bidang Biomedis dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu mengembangkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif di bidang Biomedis melalui penelitian ilmiah, mengkomunikasikannya ke masyarakat akademik maupun masyarakat luas dan mempublikasikannyadi jurnal ilmiah bereputasi atau menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat dalam lembaga dan komunitas penelitian sehingga mendapat pengakuan baik secara lokal, Nasional maupun Internasional.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
kode pencapain
Pengetahuan (P)
P1 Menguasai bidang Ilmu Sains Biomedis secara mendalam dan utuh, sehingga dapat menjadi dasar untuk berpikir kritis terhadap penerapan ilmu biomedis.
P2 Menguasai teknik penulisan karya ilmiah dalam bentuk tesis sesuai dengan etika akademik
P3 Mampu mengidentifikasi, menyusun gagasandan hasil pemikiran berdasarkan etika akademik dan memecahkan permasalahan tersebut melalui penelitian bidang Sains Biomedis yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin
P4 Menguasai cara pengumpulan, penyimpanan dan penggunaan data akurat serta memvalidasinya sebagaihasil penelitian bidang Sains Biomedis untuk dimanfaatkan secara benar dan etis.
P5 Mampu mengembangkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif di bidang Sains Biomedis melalui penelitian ilimiah, menguasai dasar teori molekular bidang Sains Biomedis dan metode penelitianuntuk menjelaskan patogenesis, mengembangkan diagnosis dan terapi serta rehabilitasi gangguan kesehatan individu dan lingkungan hidupnya dan kehidupan masyarakat atau menghasilkan karya inovatif dan teruji.
P6 Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian bidang Sains Biomedis ke masyarakat akademik maupun masyarakat luas secara tertulis maupun lisandan mempublikasikannyadi jurnal ilmiah bereputasi.
P7 Mampumengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas sehingga mendapat pengakuan baik secara lokal, Nasional maupun Internasional.
Sikap (S)
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, Pancasila.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkunga
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10 Bertanggung jawab dan amanah dalam pengembangan iptek di bidang Sains Biomedis secara beretika dan disiplin tinggi baik dalam pekerjaan secara mandiri maupun berkelompok
Keterampilan Umum (KU)
KU1 Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Sains Biomedis dan mencarikan solusinya
KU2 Mampu melakukan penelitian dalam ilmu Sains Biomedis dengan pendekatan inter atau multi disipliner, secara mandiri atau kolaboratif, sehingga menghasilkan produk penelitian dalam bidang keilmuan yang berguna.
KU3 Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya.
KU4 Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
KU5 Mampu menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan kary desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan, prosedur baku, dan kode etik yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
KU6 Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argument atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya.
KU7 Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
KU8 Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja.
KU9 Mampu meningkatkan mutu sumberdaya untuk pengembangan program strategis organisasi.
KU10 Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya.
KU11 Mampu menyusun konsep penyelesaian masalah bidang Sains Biomedis dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait bidang sains biomedis.
KU12 Mampu merumuskan gagasan pengembangan iptek sains biomedis untuk menjawab permasalahan di masyarakat
KU13 Mampu mengkomunikasikan hasil pemikiran/ gagasan atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan iptek
KU14 Mampu meningkatkan keilmuan dan keahliannya di bidang sains Biomedis melalui pengajaran dan penelitian
KU15 Mampu bekerjasama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya.
KU16 Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat ilmiah baik Nasional/Internasional.
Keterampilan Khusus (KK)
KK1 Mampu mengoperasikan dengan baik peralatan riset mutakhir untuk penelitian Sains Biomedis dan mampu memberikan pembimbingan penggunaannya kepadamahasiswa atau peneliti lain.
KK2 Mampu meningkatkan keahlian profesional bidang Sains Biomedis secara berkelanjutan melalui pelatihan dan pengalaman kerja, pengembangan dan pemeliharaan jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan klien.
KK3 Mampu melakukan penelitian secara mandiri dan mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal Nasional/Internasional.
KK4 Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian dengan menyampaikan pada forum pertemuan ilmiah Nasional/Internasional
KK5 Mampu menyusun gagasan ilmiah berdasarkan etika akademik dan pengetahuan untuk memecahkan permasalahan dan mengambil keputusan tersebut melalui pengkajian bidang Sains Biomedis.
KK6 Mampu melakukan analisis dan inovatif terhadap permasalahan-permasalahan di bidang sains biomedis sehingga dapat ditemukan dan diaplikasikan serta dikembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biomedis sebagai solusi masalah kesehatan di masyarakat.