KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI (KPT) UNIVERSITAS YARSI

PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 14 September 2018 13:37

Pendidikan di Indonesia sesuai dengan peraturan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi republik indonesia nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Standar Nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal tentang pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Penelitian adalah kriteria minimal tentang sistem penelitian pada perguruan tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, juknis Perpres ini Permendikbud no. 73 Tahun 2013. Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012  Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes)

.g5

Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) merupakan  seperangkat rencana  dan  pengaturan  mengenai tujuan, isi,   dan bahan   ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman   penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. KPT  dikembangkan  oleh setiap  Perguruan Tinggi  dengan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi  (SN Dikti). Penerapan KPT tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang bermutu dan relevan dengan  pembangunan nasional termasuk kebutuhan tenaga terdidik dan terampil di dunia industri. Pelaksanaan penyusunan KPT dilakukan melalui 8 tahapan yaitu melalui penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusuan Rencana Perkuliahan. Kompetensi adalah akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu deskripsi kerja secara terukur melalui asesmen yang terstruktur, mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya.

 

 

Capaian Pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja.

Universitas YARSI, dalam rangka penerapan KPT telah melaksanakan serangkaian pelatihan penyusunan kurikulum sejak tahun 2018. Pelatihan KPT tahap III yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Agustus 2018, telah berhasil menyelesaikan struktur kurikulum di seluruh Program Studi, yang selg6anjutnya akan diterapkan pada mahasiswa baru tahun akademik 2018 – 2019.

Seluruh rangkaian penyusunan yang telah dilaksanakan, dengan menghadirkan narasumber Ketua Tim Ahli KKNI Pusat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr. Ir. Endrotomo, MT. Kegiatan ini diikuti oleh Dekan, Kepala Program Studi, dan Sekretaris Program Studi dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik (Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Ilmu Perpustakaan), Fakultas Ekonomi (Program Studi Manajemen dan Program Studi Akutansi), dan Pascasarjana  (Program Studi Magister Manajemen, Magister Kenotariatan, dan Magister Biomedik) Universitas YARSI. Pada saat ini, Universitas YARSI telah menerapkan KPT di seluruh Program Studi, dengan gambaran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai berikut:

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Universitas YARSI, yaitu “Insan Intelektual Islami yang memiliki kepribadian Islami, memiliki pengetahuan integratif dengan nilai keislaman, dan berketerampilan sesuai ajaran Agama Islam.”

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

A.       PENGETAHUAN

Setiap lulusan program pendidikan akademik serta profesi harus memiliki pengetahuan terintegrasi antara keilmuan dan nilai-nilai Agama Islam

 

B.       RUMUSAN SIKAP 

Setiap lulusan program pendidikan akademik serta profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

1.         Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.         Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.         Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.         Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.         Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.         Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.         Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.         Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11.     Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat tanpa terikat ruang dan waktu

 

 

C.       RUMUSAN KETERAMPILAN UMUM

PROGRAM SARJANA

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

1.         Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.         Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.         Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4.         Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.         Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.         Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.         Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.         Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

9.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

10.     Mampu menerapkan keterampilan sesuai ajaran Agama Islam:

  1. Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya
  2. Mampu menghafal dan memahami Al Quran juz 30
  3. Mampu menjadi imam dalam shalat
  4. Mampu memberikan khutbah
  5. Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafasni, serta menshalatkan jenazah

PROGRAM PROFESI

Lulusan Program Profesi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

1.         Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya;

2.         Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

3.         Mampu mengomunikasi-kan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertang-gungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya;

4.         Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat;

5.         Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;

6.         Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;

7.         Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;

8.         Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya;

9.         Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;

10.     Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;

11.     Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

12.     Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya; dan

13.     Mampu mendokumen-tasikan, menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya.

14.     Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya

 

PROGRAM MAGISTER

Lulusan Program Magister wajib memiliki keterampilan-umum sebagai berikut:

1.         Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

2.         Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3.         Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4.         Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5.         Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6.         Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7.         Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

8.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya