UNIVERSITAS YARSI PEMENANG DOSEN BERPRESTASI TINGKAT LEMBAGA LAYANAN PERGURUAN TINGGI WILAYAH III

PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 14 September 2018 13:53

Pendidikan tinggi di Indonesia merupakan subsistem pendidikan Nasional yang mencakup program diploma, sarjana, magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu unsur dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah dosen. Dosen merupakan tenaga akademik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 51 Ayat (1) Butir b, bahwa dosen berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kinerja akademiknya.

Sistem penghargaan terkait dengan aspirasi dan motivasi di kalangan dosen ini diharapkan menjadi salah satu cara dalam pengembangan manajemen akademik di masing-masing Perguruan Tinggi. Selain itu sistem penghargaan akan merupakan salah satu unsur penting dan memiliki peran dalam menumbuh kembangkan suasana akademik, yang pada akhirnya dapat mempercepat perkembangan masyarakat ilmiah masa kini dan masa depan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem penghargaan ini harus sejalan dan sesuai dengan harkat dan martabat dosen sebagai penggali dan pengembang ilmu, teknologi, dan seni serta budaya, peneliti dan pengabdi pada masyarakat.

Tujuan pemilihan dosen berprestasi adalah memberi pengakuan kepada dosen yang secara nyata dan luar biasa melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan sangat bermanfaat bagi kemajuan peningkatan kualitas akademik dan kelembagaan. Peserta pemilihan Dosen Berprestasi adalah dosen pada Perguruan Tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pemilihan dosen berprestasi diharapkan bermanfaat dalam :

  1. Meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan sivitas akademika untuk “bekerja lebih keras dan lebih cerdas” dalam melaksanakan tridarma Perguruan Tinggi dan meningkatkan produktivitas Perguruan Tinggi;
  2. Menciptakan suasana akademik yang mengarah kepada terwujudnya kepribadian ilmuwan yang terpuji, semangat pengabdian dan dedikasi di bidang pendidikan tinggi;
  3. Menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen terhadap profesinya.

                        Pemilihan dosen berprestasi Tingkat Perguruan Tinggi/Kopertis Wilayah III tahun 2018 melalui dua tingkat yaitu di tingkat masing-masing Perguruan Tinggi swasta dan dilanjutkan pada tingkat Kopertis untuk bidang Sains Teknologi dan Sosial Humaniora. Rektor Universitas YARSI mengajukan masing-masing satu orang dosen berprestasi untuk masing-masing bidang yaitu dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc., PhD untuk Bidang Sains Teknologi dan Dr. Nurul Huda, SE., MM., M.Si. untuk Bidang Sosial Humaniora ke Kopertis dan selanjutnya Koordinator Kopertis menyeleksi dan mengirimkan tiga orang dosen berprestasi ke tingkat Nasional untuk masing-masing bidang. Selanjutnya tingkat Nasional dilakukan dua tahap seleksi, yaitu tahap awal dan tahap akhir. Pemilihan tahap awal dilakukan berdasarkan hasil penilaian dokumen yang dikirim ke panitia pemilihan. Pada tahap awal dipilih 10 orang dosen berprestasi terbaik untuk masing-masing bidang yang akan mengikuti pemilihan tahap akhir.

Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III pada bulan Mei – Juli 2018 telah menyelenggarakan Pemilihan Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tahun 2018 yang terdiri atas 7 (tujuh) kategori, yaitu: 1. Academic Leader; 2. Dosen Berprestasi Bidang Sains dan Teknologi; 3. Dosen Berprestasi Bidang Sosial Humaniora; 4. Pranata Laboratorium Pendidikan Berprestasi; 5. Pustakawan Berprestasi; 6. Pengelola Keuangan Berprestasi; dan 7. Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi.  Pemenang pemilihan dimaksud akan mewakili Kopertis Wilayah III pada seleksi Pemilihan Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018. Dosen berprestasi yang mewakili Universitas YARSI dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc., PhD berhasil keluar sebagai Pemenang Peringkat I Dosen Berprestasi Bidang Sains Teknologi dan Dr. Nurul Huda, SE., MM., M.Si. berhasil keluar sebagai Pemenang Peringkat I Dosen Berprestasi Bidang Sosial Humaniora.