SINGING CEREMONY PEMBAYARAN MANDIRI VIRTUAL ACCOUNT HOST TO HOST (MVA – H2H)

PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 21 September 2018 14:50

gambar21September

 

Rabu (19/09), bertempat di Ruang Seminar Rektorat Universitas YARSI lantai1, telah diselenggarakan seremoni penandatanganan pembayaran Mandiri Virtual Account Host to Host (MVA – H2H) Universitas YARSI bersama dengan Bank Mandiri sebagai mitra. Virtual Account adalah rekening tidak nyata (virtual) yang berisikan nomor ID customer yang dibuat Bank untuk melakukan transaksi. Setiap mahasiswa Universitas YARSI mendapatkan satu nomor ID Virtual Account yang disebut Virtual Account Number yang unik dan berbeda tiap mahasiswa. Virtual Account Number mahasiswa Universitas YARSI merupakan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang telah diberikan pada saat mahasiswa mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas YARSI.  Mahasiswa yang melakukan pembayaran melalui Virtual Account maka konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis.

 

gambar21September-2

 

Dengan pengembangkan sistem Host to Host, Host Universitas YARSI (SISAKAD dan Medinfo Universitas YARSI) dapat langsung terintegrasi dengan Host Bank Mandiri yang telah ditunjuk sebagai mitra oleh Universitas YARSI. Semua data (pembayaran) yang masuk dalam server Bank Mandiri akan terintegrasi secara langsung dengan data yang ada dalam server SISAKAD dan Medinfo Universitas YARSI. Pada saat mahasiswa akan melakukan pembayaran SPP, mahasiswa dapat melakukan pembayaran di Bank Mandiri melalui teller, ATM, Internet Banking, Mandiri Online, atau channel pembayaran lainya, maka akan langsung masuk ke sistem SISAKAD dan Medinfo Universitas YARSI dan data mahasiswa yang melakukan pembayaran akan muncul, lalu dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar mahasiswa akan berganti dengan otomatis di kedua server yaitu pihak bank dan universitas.

 

gambar21September-3

 

Host to Host atau sering dikenal H2H adalah “sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung“. Secara lebih sederhana dapat disebutkan sebagai “komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain secara langsung (real time)”. Dengan adanya program server Host to Host ini membuat mahasiswa menjadi lebih mudah dalam proses administrasi perkuliahan. Sistem ini saat ini telah digunakan di SISAKAD http://sisakad.yarsi.ac.id/ dan Medinfo http://medinfo.yarsi.ac.id Universitas YARSI untuk menunjang pembayaran perguruan tinggi yang lebih mudah.

 

gambar21September-4

 

Keuntungan Penggunaan Host to Host bagi Universitas YARSI: 1. Meminimalisir antrian panjang di kasir keuangan kampus; 2. Bagian keuangan tidak perlu sibuk mencatat serta melayani padatnya antrian mahasiswa yang akan melakukan pembayaran; 3. Pembayaran yang dilakukan mahasiswa melalui ATM akan langsung masuk ke dalam sistem keuangan SISAKAD sehingga bagian keuangan kampus cukup melihat dari sistem SISAKAD, siapa saja mahasiswa yang belum dan yang sudah membayar; 4. Data pembayaran mahasiswa dapat dilihat secara real time oleh pihak kampus; 5. Sistem yang dikembangkan dibangun dengan standar kemanan yang tinggi. Standar operasi yang baku menjamin semua proses terkontrol dengan baik. Sedangkan keuntungan bagi mahasiswa antara lain: 1. Mahasiswa dapat melakukan pembayaran kuliah kapan pun selama 24 jam; Mahasiswa pun dapat melakukan pembayaran melalui ATM; 3. Memberikan rasa aman kepada mahasiswa pada saat melakukan pembayaran biaya kuliah karena mahasiswa tidak perlu membawa uang tunai ke kampus.