TENTANG

Pusat Studi Herbal merupakan cikal terbentuknya laboratorium terpadu Universitas YARSI yang mulai dirintis dari tahun 2006. Dengan peralatan sederhana, para peneliti YARSI yang diketuai Kepala Laboratorium Herbal pertama kali, Prof. Susi Endrini, M.Sc., mulai melakukan penelitian sederhana dengan mendapatkan dana Hibah Dosen Muda dari DIKTI.

Seiring dengan perkembangan, Laboratorium Herbal Universitas YARSI mulai mendapatkan beberapa hibah berskala Nasional, seperti Hibah Kompetitif Strategis Nasional, Hibah Bersaing, Hibah Disertasi Doktor dan Hibah Unggulan Perguruan Tinggi. Mulai tahun 2012, Laboratorium Herbal bersama sama dengan Laboratorium-laboratorium lainnya dikelola dalam manajemen yang sama menjadi unit Laboratorium Terpadu dibawah Lembaga Penelitian Universitas YARSI. Saat ini Pusat Studi Herbal sedang mempersiapkan diri menuju lab terstandar dan terakreditasi, sehingga hasil penelitian yang dilakukan dapat diaplikasikan dengan bekerjasama dengan kalangan industri dan pemerintah.

VISI & MISI

Visi
Menjadi pusat studi yang unggul dibidang herbal berbasis penelitian,  pendidikan, dan pengabdian masyarakat yang berlandaskan pada nilai-nilai ilmiah dan islamiyah

Misi

  1. Melakukan penelitian yang berkaitan dengan identifkasi senyawa metabolit sekunder yang bersumber dari bahan alam Indonesia.
  2. Melakukan proses standarisasi ekstrak, identifkasi dan isolasi senyawa yang berkhasiat sebagai bahan obat, bahan suplemen makanan dan kosmetika.
  3. Mengadakan kerjasama dengan lembaga penelitian lain, baik yang berada di dalam maupun luar negeri untuk melakukan uji preklinik dan uji khasiat bahan obat alam.
  4. Melakukan training/workshop/seminar terkait herbal, baik tingkat Nasional maupun Internasional.
  5. Memberikan layanan informasi yang terkait dengan khasiat dan kemananan penggunaan obat herbal.
  6. Melakukan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penggunaan obat herbal berbasis alamiah, ilmiah dan islamiah

 

PENELITI
  1. Dr. Juniarti, S.Si, M.Si. (Kepala dan Peneliti Pusat Penelitian Herbal)
  2. Dr. Sri Utami, S.Si., M.Si
  3. Yuhernita, S.Si, M.Si
  4. dr. Aryenti, M.Sc
  5. Dharma Permana, Ph.D
  6. Dra. Linda Weni, MS
  7. Dr. Risdawati, MS, Apt
  8. Dr. Himmi Marsiati, MS
  9. Etty Widayanti, M.Biomed
  10. Harliansyah, Ph.D
  11. Dr. Tripanjiasih Susmiarsih, M.Biomed