Pendidikan di Universitas YARSI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan Internasional dan peningkatan daya saing bangsa sesuai Islam, membekali lulusan dengan nilai-nilai universitas, muatan fakultas, dan profesionalisme jurusan/program studi. Proses pendidikan di Universitas YARSI juga menekankan berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.
Sebagaimana halnya perguruan tinggi pada umumnya, proses belajar mengajar di lingkungan Universitas YARSI dilaksanakan oleh setiap program studi yang ada di Fakultas dan/atau Sekolah. Universitas YARSI memiliki enam fakultas, yaitu Kedokteran dengan Prodi Kedokteran, Profesi Dokter, serta Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Teknologi Informasi dengan Prodi Teknik Informatika dan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Kedokteran Gigi dengan Prodi Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi. Universitas YARSI memiliki juga Sekolah Pascasarjana 5 program studi yakni Prodi Magister Manajemen, Magister Kenotariatan, Magister Sains Biomedis, Magister Administrasi Rumah Sakit, serta Doktor Sains Biomedis.
Pendekatan pembelajaran di Universitas YARSI bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa (student centered learning).
Hal ini bertujuan agar capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan sehingga mahasiswa memiliki motivasi tinggi dan kemampuan belajar mandiri serta bertanggungjawab untuk selalu memperkaya dan mengembangkan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap profesinya. Metode pembelajaran yang dapat dipilih meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
Untuk mendukung kegiatan belajar partisipatif, Direktorat Pembelajaran Jarak Jauh menyediakan berbagai layanan bantuan melalui program Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PELITA), LAYAR (Learning Management System Universitas YARSI), serta Smart classroom yakni ruang kelas modern dengan teknologi interaktif untuk mendukung pembelajaran hibrid.
Video-video berikut menampilkan dosen Universitas YARSI dalam menyelenggarakan pembelajaran sinkronus yang interaktif dan partisipatif. Melalui pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga berperan aktif dalam proses belajar, berdiskusi, dan membangun pemahaman secara kolaboratif.
KOMPETENSI
Profil lulusan Universitas YARSI adalah Insan Intelektual Islami yang memiliki kepribadian Islami, memiliki
pengetahuan integratif dengan nilai keislaman, dan berketerampilan sesuai ajaran Agama Islam. Capaian pembelajaran
lulusan (CPL) menurut Standar Nasional-Pendidikan Tinggi (SN Dikti), terdiri dari unsur sikap, pengetahuan,
keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Unsur sikap dan ketrampilan umum telah dirumuskan dalam SNDikti sebagai
standar minimal yang harus dimiliki oleh setiap lulusan sesuai jenis dan jenjang program pendidikannya. Universitas
YARSI menambahkan CPL Ruhul Islam sebagai kekhasan dan penciri.
- Rumusan CPL Pengetahuan
lulusan program pendidikan akademik serta profesi harus memiliki pengetahuan terintegrasi antara
keilmuan dan nilai-nilai Agama Islam 2. - Rumusan CPL Sikap
Setiap lulusan program pendidikan akademik, profesi dan spesialis, harus memiliki sikap sebagai berikut:- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila; - Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal
orang lain; - Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
- Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat tanpa terikat ruang dan waktu.
- Rumusan CPL Keterampilan Umum
Program Sarjana
Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannya; - Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam
rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya
dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; - Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir,
dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; - Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan
hasil analisis informasi dan data; - Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun
di luar lembaganya; - Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; - Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan
mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; - Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan
mencegah plagiasi; dan - Mampu menerapkan keterampilan sesuai ajaran Agama Islam:
- Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya
- Mampu menghafal dan memahami Al Quran juz 30
- Mampu menjadi imam dalam shalat
- Mampu memberikan khutbah
- Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafasni, serta menshalatkan jenazah
Program Profesi
Lulusan Program Profesi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:- Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja
yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya; - Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis,
kritis, sistematis, dan kreatif; - Mampu mengomunikasi-kan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan
kewirausahaan, yang dapat dipertang gungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama
masyarakat profesinya; - Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan
pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat; - Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;
- Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;
- Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;
- Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang
profesinya; - Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;
- Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
- Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya; - Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk
keperluan pengembangan hasil kerja profesinya; dan - Mampu membaca, menulis (mengutip), serta mengidentifikasi huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
Program Magister wajib memiliki keterampilan-umum sebagai berikut:
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
- Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
- Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
- Mampu membaca. menulis (mengutip), serta mengidentifikasi huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya
Program Spesialis
Lulusan Program Spesialis wajib memiliki keterampilan-umum sebagai berikut:
- Mampu bekerja di bidang keahlian pokok/profesi untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan kompleks serta memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi profesi yang berlaku secara nasional/internasional;
- Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, dan komprehensif;
- Mampu mengomunikasikan hasil kajian, kritik,apresiasi,argumen, atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, kewirausahaan,dan kemaslahatan manusia,yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat umum melalui berbagai bentuk media;
- Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam laksanakan pekerjaan profesinya baik oleh dirinya sendiri, sejawat, atau sistem institusinya;
- Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja dengan mempertimbangkan kemutakhiran bidang profesinya di tingkat nasional, regional, dan internasional;
- Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;
- Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah baik pada bidang profesinya, maupun masalah yang lebih luas dari bidang profesinya;
- Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang maupun yang tidak sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan yang kompleks yang terkait dengan bidang profesinya;
- Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;
- Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri dan tim berada tanggungjawabnya;
- Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan,dan menemukan kembali data serta informasi untuk
keperluan pengembangan hasil kerja profesinya.
Program Doktor
Lulusan Program Doktor wajib memiliki keterampilan-umum sebagai berikut:
- Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
- Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi;
- Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;
- Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
- Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta
mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; - Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya;
- Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya; dan
- Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.
- Rumusan CPL Keterampilan Khusus
Rumusan CPL keterampilan khusus ditetapkan oleh masing-masing program studi sesuai dengan kekhususan keilmuan program studi terkait.