Pendidikan di Universitas YARSI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan Internasional dan peningkatan daya saing bangsa sesuai Islam, membekali lulusan dengan nilai-nilai universitas, muatan fakultas, dan profesionalisme jurusan/program studi. Prosen pendidikan di Universitas YARSI juga menekankan berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.

Sebagaimana halnya perguruan tinggi pada umumnya, proses belajar mengajar di lingkungan Universitas YARSI dilaksanakan oleh setiap program studi yang ada di Fakultas-fakultas. Sampai saat ini, seperti telah diuraikan di depan, Universitas YARSI memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran dengan Prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dengan Prodi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi dengan Prodi Teknik Informatika dan Ilmu Perpustakaan dan Fakultas Psikologi. Dan Sekolah Pascasarjana dengan Prodi Magister Manajemen dan Magister Kenotariatan

Pendekatan pembelajaran di Universitas YARSI terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa agar dihasilkan lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan Internasional dan peningkatan daya saing bangsa sesuai Islam. Setiap kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa (student centered learning) dimana capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan agar mahasiswa memiliki motivasi tinggi dan kemampuan belajar mandiri serta bertanggungjawab untuk selalu memperkaya dan mengembangkan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan  sikap profesinya. Metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran dapat meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan

KOMPETENSI

Profil lulusan Universitas YARSI yaitu “Insan Intelektual Islami yang memiliki kepribadian Islami, memiliki pengetahuan integrative dengan nilai keisalaman, dan berketerampilan sesuai ajaran Agama Islam.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN UNIVERSITAS YARSI

Kode Capaian Pembelajaran
PENGETAHUAN (P)
P1 Setiap lulusan program pendidikan profesi harus memiliki pengetahuan terintegrasi antara keilmuan dan nilai-nilai Agama Islam
SIKAP (S)
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11 Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat tanpa terikat ruang dan waktu
KETERAMPILAN UMUM (KU) PROGRAM SARJANA
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10 Mampu menerapkan keterampilan sesuai ajaran Agama Islam:

a.       Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya

b.       Mampu menghafal dan memahami Al Quran juz 30

c.        Mampu menjadi imam dalam shalat

d.       Mampu memberikan khutbah

e.       Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafasni, serta menshalatkan jenazahKETERAMPILAN UMUM (KU) PROGRAM PROFESIKU1Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya;KU2Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;KU3Mampu mengomunikasi-kan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertang-gungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya;KU4Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawatKU5Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;KU6Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;KU7Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;KU8Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya;KU9Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;KU10Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;KU11Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;KU12Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya;KU13Mampu mendokumen-tasikan, menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya.KU14Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannyaKETERAMPILAN UMUM (KU) PROGRAM MAGSITERKU1Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;KU2Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;KU3Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;KU4Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;KU5Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;KU6Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;KU7Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;KU8Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.KU9Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya