VISI KEILMUAN

Menyelenggarakan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bermutu, terpandang, dan berwibawa serta sesuai dengan nilai-nilai Islami dalam pengembangan Psikologi Kesehatan di tingkat nasional dan mempersiapkan diri untuk berkiprah di tingkat internasional.

Sarjana psikologi yang memiliki kepribadian Islami, terampil dalam menyelesaikan permasalahan psikologi melalui analisis ilmiah yang didasarkan pada pengetahuan akan aspek-aspek bio-psiko-sosio-spiritual dari perilaku beserta tinjauannya dalam Islam, dan mampu menjalankan peran di masyarakat sebagai:

  1. Asisten Psikolog
  2. Staf atau Manajer di bidang Sumber daya Manusia
  3. Konsultan di bidang Psikologi (Pendidikan, SDM, Tumbuh Kembang, dan Kesehatan Mental)
  4. Pengajar
  5. Konselor
  6. Perancang dan Fasilitator pengembangan komunitas
  7. Asisten Peneliti
  8. Fasilitator dan Motivator dalam program pelatihan
  9. Administrator Tes Psikologi
  10. Pelaku Usaha Mandiri

Kode

Capaian Pembelajaran

PENGETAHUAN (P)

P1

Memiliki pengetahuan terintegrasi antara keilmuan dan nilai-nilai Agama Islam

P2

Setiap lulusan program pendidikan akademik serta profesi harus memiliki pengetahuan terintegrasi antara keilmuan dan nilai-nilai Agama Islam

P3

Menguasai konsep dasar teori-teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai perilaku dan gejala psikologi   pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas, mencakup Sejarah Aliran dan Perspektif Psikologi, biopsikologi, Proses dan Fungsi Mental Manusia, Teori Kepribadian, Ilmu Perkembangan Manusia, Ilmu Kesehatan Mental dan Psikopatologi, Hubungan Manusia dengan Lingkungan Sosialnya, Psikologi Industri & Organisasi

P4

Menguasai metode penelitian di bidang psikologi  yang meliputi desain, pengolahan data, etika, dan analisis hasil penelitian sesuai dengan prinsip metodologi penelitian dasar, mencakup pendekatan kuantitatif dan kualitatif, psikometri dan statistika

P5

Menguasai konsep dasar asesmen psikologis, yang meliputi observasi, wawancara serta asesmen kepribadian, minat, bakat dan inteligensi

P6

Menguasai konsep intervensi psikologi non klinis, yang meliputi intervensi individual, kelompok maupun komunitas seperti konseling, pelatihan, psikoedukasi dan intervensi sosial

P7

Menguasai prinsip literasi data yang mencakup tata cara memperoleh data dan informasi yang sahih serta mengolah data dengan memanfaatkan teknologi informasi

P8

Menguasai prinsip literasi teknologi yang mencakup tata cara pemanfaatan teknologi dalam menyampaikan gagasan

P9

Menguasai konsep-konsep Keislaman berdasarkan sumber yang sahih dan ilmiah, khususnya  yang berhubungan dengan psikologi

SIKAP (S)

S1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

S11

Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat, serta menunjukkan nilai-nilai keislaman yang meliputi sikap cerdas (fatanah), berkasih sayang, dan dapat diandalkan (amanah dan sidiq).

KETERAMPILAN UMUM (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU6

Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU10

Mampu menerapkan keterampilan sesuai ajaran Agama Islam:

  1. Mampu membaca dan menulis (mengutip) huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya
  2. Mampu menghafal dan memahami Al Quran juz 30
  3. Mampu menjadi imam dalam shalat
  4. Mampu memberikan khutbah
  5. Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafani, serta menshalatkan jenazah

KU11

Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

KK1

Mampu melakukan wawancara, observasi, dan tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan kode etik psikologi Indonesia

KK2

Mampu mengembangkan instrument pengukuran psikologi dengan menerapkan tahapan penyusunan instrumen yang benar berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik

KK3

Mampu  menyajikan alternatif pemecahan masalah psikologis non-klinis dan persoalan perilaku berdasarkan analisis yang sesuai dengan konsep-konsep dasar teori psikologi secara mendalam, terperinci dan tepat.

KK4

Mampu melakukan intervensi psikologi non klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

KK5

Mampu menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab untuk menyampaikan gagasan secara tertulis dan menampilkan presentasi secara efektif berdasarkan standar yang ditetapkan APA.

KK6

Mampu memperoleh serta mengolah  data dan informasi dalam konteks psikologi melalui penggunaan teknologi  dengan metodologi yang benar dan berlandaskan prinsip etika keilmuan.

KK7

Mampu merancang dan menjalankan penelitian di bidang psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik secara benar.

KK8

Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang dipublikasikan dalam artikel umum, jurnal ilmiah, atau buku sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme.

KK9

 Mampu membuat perencanaan pengembangan diri dan karir melalui pengenalan diri sendiri dan penetapan strategi yang tepat

KK10

Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

KK11

Mampu  menyajikan alternatif pemecahan masalah terkait psikologi kesehatan berdasarkan analisis yang sesuai dengan teori dan prinsip psikologi kesehatan secara mendalam, terperinci dan tepat.

KK12

Mampu menganalisis konsep-konsep psikologi berdasarkan perspektif islam sesuai dengan kaidah ilmiah dan sumber-sumber keislaman yang sahih

KK13

Mampu memublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

KK14

Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan di bidang psikologi pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global

KK15

Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian psikologi