PIMPINAN

Dekan

: Dr. Ummi Azizah Rachmawati, S.Kom, M.Kom.

Ka. Prodi IP

:Nita Ismayati, S.IP., M.Hum.

Sek. Prodi IP

:Rosini, S.S., M.P.

Koordinator Penelitian IP

:Wardiyono, S.S., MBA

Koordinator P2M IP

:Indah Kurnianingsih, S.IP., M.P.

Kepala Lab. Perpustakaan

:Wardiyono, S.S., MBA

Gugus Kendali Mutu

:Sri Puji Utami, ST, MT

 

DESKRIPSI

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi (FTI).  Keberadaannya di bawah FTI menjadi unggulan di antara program studi sejenis sesuai dengan trend global bahwa pengelolaan perpustakaan dan informasi berbasiskan teknologi informasi.  Pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam menjadi ciri khas program studi ini di antara lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan tinggi bidang perpustakaan dan informasi di Indonesia.

Di program studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI, mahasiswa diajarkan untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang  pengelolaan informasi, mulai dari bagaimana mendapatkan informasi yang kredibel, mengevaluasi sumber-sumber informasinya, mengorganisasi informasi dan pengetahuan yang ada, menyimpan dan temu kembali informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi termasuk membangun pangkalan data, menganalisis perilaku pencarian informasi, serta membuat bentuk informasi baru dan mengkomunikasikan informasi tersebut, baik secara lisan maupun tulisan, sesuai kebutuhan masyarakat.   Kemampuan untuk melakukan kajian dan riset sederhana dalam bidang Perpustakaan dan Sains Informasi juga menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan program studi ini.

Selain itu, mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola lembaga pengelola informasi seperti perpustakaan, lembaga kearsipan, pusat dokumentasi dan informasi, dan pusat informasi.  Dalam hal ini pengetahuan dan kemampuan dalam hal manajemen lembaga, komunikasi, pemasaran, serta sistem jaringan informasi menjadi bagian dari keilmuan yang diberikan.    

 

Peluang Karir

Peluang karir lulusan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi terbuka sangat luas di setiap instansi dan perusahaan, tidak hanya di perpustakaan dan lembaga kearsipan.  Setiap instansi, perusahaan, dan organisasi memiliki data, terbitan, arsip, dan berbagai sumber informasi yang harus dikelola dengan baik.  Oleh karena itu lulusan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi dapat berkiprah menjadi Pustakawan, Information Specialist, Record Manager, Knowledge Manager, Document Controller, dan profesi informasi lainnya.  Perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan nasional, perpustakaan khusus yang ada di sebuah lembaga seperti BUMN dan setiap kementerian, perpustakaan atau pusat dokumentasi bank, stasiun televisi, majalah, surat kabar, kedutaan, lembaga penelitian, dan lembaga internasional, unit kearsipan setiap instansi dan organisasi  merupakan contoh tempat kerja bagi lulusan program studi ini.

VISI, MISI, DAN TUJUAN

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi di tingkat nasional yang berbasis teknologi informasi, berkarakteristik Islami,  serta berkiprah di fora internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Perpustakaan dan Sains Informasi.
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang dapat memberikan sumbangan dalam keilmuan Perpustakaan dan Sains Informasi
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  4. Melakukan pengelolaan program studi yang mengacu pada aturan dan standar yang berlaku
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami dan kompeten di bidang Perpustakaan dan Sains Informasi sesuai dengan standar nasional dan internasional. 
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional terutama bidang informasi kesehatan, digital resources, perpustakaan dan informasi keislaman.
  3. Menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang tercatat
  4. Memberikan kontribusi untuk  meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan literasi informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  5. Menjadikan program studi yang bertata kelola baik (Good Governance) dan bereputasi
  6. Membangun jaringan kolaborasi dengan mitra dalam dan luar negeri untuk mendukung kegiatan Tridharma perguruan tinggi
VISI KEILMUAN

“Menjadi program studi yang mengajarkan pengelolaan perpustakaan dan organisasi informasi berdasarkan standar dan metode dalam bidang Perpustakaan dan Sains Informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini.”

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI :

 

  1. Pustakawan Ahli yang Islami (Islamic Librarian).Profil Pustakawan Ahli sesuai dengan kesepakatan dari rapat kerja Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (APTIPI).  Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi mengelola perpustakaan dan informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan kebutuhan informasi pengguna yang diperoleh melalui pendidikan formal serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan informasi dari perpustakaan kepada masyarakat. Pustakawan Islami merupakan ciri khas yang menjadi penguat profil lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI. Pustakawan Islami memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam termasuk memiliki kompetensi dalam penguasaan sumber-sumber informasi Islam. Profil Pustakawan Islami juga mampu menguasai teknologi informasi untuk perpustakaan. Tempat kerja profesi ini berada di perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus baik negeri  maupun swasta,  perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, pusat dokumentasi dan informasi di stasiun televisi, media, kedutaan, lembaga penelitian, dan pusat Informasi lainnya seperti pusat informasi keislaman.
  2. Informaton Spesialist (Profesional Informasi). Profesi information spesialist merupakan profesi lain yang dihasilkan dari lulusan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI, yaitu profesi yang menguasai sumber-sumber informasi dan memberikan layanan informasi di bidang tertentu, dalam hal ini informasi di bidang kesehatan dan keislaman.  Lulusan dibekali kompetensi untuk dapat bekerja di perpustakaan bidang kesehatan seperti perpustakaan rumah sakit, perpustakaan fakultas kedokteran dan perpustakaan bidang kesehatan lainnya.  Untuk information spesialist bidang keislaman dapat bekerja di perpustakaan atau pusat dokumentasi yang mengolah dan memberikan layanan di bidang sumber-sumber informasi keislaman seperti stasiun televisi Islam atau untuk siaran informasi Islam, pusat perpustakaan Islam, kedutaan dari negara-negara Islam, perguruan tinggi Islam, perpustakaan sekolah Islam dan perpustakaan lainnya yang sejenis.
  3. Record Manager (Manajer Rekod). Profesi Manajer rekod (arsip dinamis)  mulai banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan dan instansi di Indonesia. Pada prinsipnya, setiap organisasi menghasilkan data dan dokumen dan pasti memerlukan orang yang memiliki keahlian dalam mengelola data dan dokumen tersebut.  Manajer Rekod merupakan orang yang bertanggung jawab dalam pengelolaan rekod di sebuah organisasi, mulai dari perancangan dan pengembangan dokumen organisasi serta masa retensinya, mengevaluasi dan memperbaiki praktik pengelolaan rekod organisasi, mengevaluasi media simpan yang sesuai untuk rekod, merancang tempat penyimpanan rekod aktif dan inaktif, mengembangkan dan menerapkan program manajemen rekod. 
  4. Record Officer (Penata rekod). Profesi ini berada di unit kerja sebuah organisasi, bertanggung jawab dalam pengelolaan rekod di unit kerjanya sehari-hari di bawah pengawasan program manajemen rekod pusat.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Kode

Capaian Pembelajaran

PENGETAHUAN (P)

P1

Menguasai konsep teoritis, metode, dan aplikasi dalam pengembangan layanan informasi dan perpustakaan

P2

Menguasai konsep teoritis dalam pengelolaan sumber-sumber informasi yang mencakup analisis kebutuhan, kebijakan pengembangan koleksi, pengadaan dan seleksi, pengatalogan, e-resources, dan preservasi informasi.

P3

Menguasai konsep teoritis dan teknik dalam penggunaan dan pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis TIK

P4

Menguasai konsep teoritis, metode, dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) pada perpustakaan dan lembaga informasi lainnya

P5

Menguasai kaidah, prinsip-prinsip dalam personal skill lintas fungsi, audiens, dan budaya

P6

Menguasai minimal satu metode penelitian (survey, eksperimen, , studi kasus) pada lingkup kuantitatif dan kualitatif

SIKAP (S)

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

S11

Menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim yang saleh dan taat tanpa terikat ruang dan waktu

S12

Menjadi muslim yang ScoRe (Smart, Compassionate, Reliable)

a.    To be a Smart Moslem (fathonah)

b.    To be a Compassionate Moslem (bersyukur, pemaaf, sabar, santun, dan bijak)

c.    To be a Reliable Moslem (Kokoh, Shidiq, Amanah, Tabligh)

 

KETERAMPILAN UMUM (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perpustakaan dan informasi;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan kajian perpustakaan dan informasi, berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU4

Mampu menyusun deskriptif saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang kajian  Ilmu Perpustakaan dan Informasi, berdasarkan hasil analisis dan data

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU10

Mampu mengelola pembelajaran berbasis kepustakawanan secara mandiri (APTIPI)

KU11

Mampu melaksanakan sikap kepemimpinan dalam lingkup kerja di   perpustakaan dan masyarakat. (APTIPI)

KU12

Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya (APTIPI)

KU13

Mampu menerapkan ketrampilan sesuai ajaran Agama Islam

a.     Mampu membaca dan menulis huruf Al Qur’an sejalan dengan bidang keilmuannya

b.     Mampu menghafal Al Qur’an juz 30

c.     Mampu menjadi imam dalam shalat

d.     Mampu memberikan khutbah

e.     Mampu melakukan perawatan jenazah, mulai dari mengurus, memandikan, mengkafani, serta menshalatkan jenazah

KU14

Mampu menggunakan bahasa Inggris dalam menjalankan profesinya

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

KK1

Mampu membuat perencanaan dalam meningkatkan  layanan perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna

KK2

Mampu mengelola sumber-sumber informasi  dengan menggunakan metode pengelolaan sumber informasi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya

KK3

Mampu  mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan  menggunakan teknologi informasi perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna

KK4

Mampu mengelola perpustakaan sebagai lembaga informasi berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan perpustakaan

KK5

Mampu menerapkan dan mengembangkan keahlian Personnal Skill lintas fungsi dan level organisasi

KK6

Mampu melakukan kajian teoritis dan terapan bidang kepustakawanan yang menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah

AKREDITASI

Sesuai dengan SK Ban-PT No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI mendapatkan akreditasi A.