Universitas YARSI berkewajiban menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi termasuk dharma penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta  meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Untuk menjalankan kewajiban tersebut maka Bidang Penelitian, Publikasi dan HKI Universitas Yarsi menaungi Lembaga Penelitian Universitas YARSI (LPUY) yang bertugas  menyelenggarakan dharma penelitian dengan melakukan koordinasi, memantau dan mengevaluasi berbagai kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh dosen baik secara internal maupun eksternal. LPUY berusaha keras mendorong dan memfasilitasi para dosen dan peneliti untuk dapat melaksanakan kegiatan penelitian sehingga mampu bersaing di ranah nasional dan internasional dengan menetapkan penelitian unggulan yang dimotori oleh pusat studi-pusat studi dalam LPUY Universitas Yarsi.

LPUY diketuai oleh ex officio Wakil Rektor II, yang dalam garis koordinasinya dibantu oleh Koordinator Penelitian tingkat Fakultas. Sesuai dengan Statuta Universitas YARSI bulan Februari 2016 terdapat 6 pusat studi penelitian di LPUY yang bertempat di lantai 11 Menara YARSI, sesuai dengan peraturan pemerintah LPUY ini merupakan lembaga yang menjadi tempat untuk mengelola penelitian secara administratifnya, menyediakan dan mengelola fasilitas-fasilitas penelitian, termasuk di dalamnya adalah laboratorium riset terpadu dan fasilitas laboratorium e-health. LPUY juga mengelola berbagai jurnal penelitian dan sebagai sentra pengurusan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual), komite etik penelitian dan untuk membantu pencapaian visi dan misi. Fasilitas sarana dan prasarana yang dapat digunakan oleh pusat studi dalam menjalankan penelitiannya terdapat dalam suatu laboratorium terpadu Universitas Yarsi.

Bidang Penelitian, Publikasi dan HKI Universitas Yarsi berkomitmen meningkatkan kualitas dan budaya penelitian melalui peningkatkan penelitian internal, penelitian unggulan dan kompetitif ke tingkat nasional atau internasional termasuk mengembangkan produk hasil penelitian, rancangan, perolehan HKI (hak cipta, merek dan paten), publikasi pada jurnal nasional dan internasional bereputasi, buletin, prosiding terindek, buku ajar, ataupun jasa penelitian, yang bermanfaat baik bagi peneliti, lembaga, institusi maupun masyarakat. Pada tahun 2016, prestasi kinerja penelitian Universitas Yarsi mendapatkan peringkat atau level UTAMA dari hasil pemeringkatan atau pengelompokan kinerja penelitian perguruan tinggi yang dilakukan oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Pada tahun 2018, Bidang Penelitian, Publikasi dan HKI dalam mengelola penelitian, publikasi dan HKI telah menetapkan 8 standar dilengkapi oleh SOP (Standart Operation Procedure) yang sesuai dengan aturan  KEMENRISTEKDIKTI tentang pengelolaan bidang penelitian. Standar-standar tersebut meliputi: Standar hasil, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Peneliti, Standar Sarana dan prasarana, Standar  Pengelolaan, Standar Pendanaan dan Pembiayaan. Dengan ditetapkannya standar dan SOP maka pengelolaan penelitian diharapkan menjadi lebih terarah dan terjamin mutunya.

LPUY memiliki 9 bidang penelitian unggulan universitas, yang semuanya mengarah kepada bidang kesehatan. Lima bidang unggulan penelitian yang terkait dengan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Pasca Sarjana Biomedik, yaitu bidang Herbal, Stem Cell, Genetika, Telomer dan Halal. Sementara unggulan penelitian yang terkait dengan Fakultas Ekonomi,  Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum memfokuskan penelitian di bidang kesehatan, yaitu penelitian Ekonomi Kesehatan/Syariah, Informatika Kesehatan (e-Health), Psikologi Kesehatan, dan bidang Hukum Ekonomi.

Pusat-pusat penelitian unggulan yang berada dalam satu pengelolaan oleh Lembaga Penelitian Universitas YARSI dan dipimpin oleh kepala pusat studi saat ini ada 6, yaitu :

 

  1. Pusat Penelitian Genomik/Genetika
  2. Pusat Penelitian Halal
  3. Pusat Penelitian Herbal
  4. Pusat Penelitian Sel Punca
  5. PusatPenelitian Telomer/Usia Harapan Hidup (Longevity)
  6. Pusat Penelitian e-Health.

 

Sinergi kerja dosen, peneliti, asisten peneliti dan mahasiswa dalam penelitian telah menghasilkan artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi/jurnal internasional bereputasi/prosiding/seminar-seminar ilmiah bertaraf nasional atau internasional, perolehan HKI (hak cipta, paten), dan dimanfaatkan dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa dalam bentuk skripsi atau tesis. Sumber Daya Manusia terkait Penelitian terdiri dari Dosen, Peneliti, Asisten Peneliti, Teknisi, dan Mahasiswa. Untuk Dosen, kegiatan dan hibah penelitian mengikuti Jabatan Akademik dosen sedang keterlibatan mahasiswa dalam penelitian sesuai dengan Tugas Akhir Mahasiswa atau Penelitian yang diminati mahasiswa atau penelitian dalam tugas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sumber pendanaan penelitian diperoleh dari hibah internal penelitian (dukungan dari Yayasan Yarsi), hibah eksternal (KEMENRISTEKDIKTI atau LPDP KEMENKEU) atau mandiri. Dalam rangka peningkatan luaran dan capaian penelitian maka Universitas Yarsi dapat memberikan insentif bagi artikel yang dimuat dalam jurnal nasional teraKreditasi/internasional bereputasi dan insentif dalam pengajuan hak Cipta dan insentif dalam perolehan paten.

Universitas Yarsi saat ini mempunyai Jurnal Ilmiah cetak maupun elektronik yang dikelola Lembaga Penelitian dan diterbitkan oleh Universitas Yarsi yaitu: Jurnal Kedokteran Yarsi, Jurnal ADIL, Jurnal Psikogenesis, Jurnal Teknologi Informasi Yarsi, Journal of Economics and Business Aseanomics, Majalah Kesehatan Pharmamedika dan Majalah Sainstekes. Beberapa jurnal-jurnal tersebut sudah didaftarkan dalam indeksasi jurnal Sinta DIKTI dan akan terus dibenahi hingga mendapatkan peringkat indeks yang terakreditasi (Sinta1 dan Sinta 2).

Indikator penilaian kinerja penelitian untuk akreditasi dan pemeringkatan suatu Perguruan Tinggi oleh BAN-PT menilai hasil penelitian tidak hanya sekedar dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, namun juga perolehan HKI (Hak atas Intelektual) dan luaran lain. HKI penting untuk melindungi semua karya ilmiah atau karya akademik dosen. Pemeringkatan perguruan tinggi harus selalu dipertahankan dan dikembangkan, salah satu upaya yang penting adalah mendorong para peneliti untuk mendaftarkan seluruh karya ilmiah dan akademik dosen dalam perolehan HKI. Universitas Yarsi dengan dukungan dari Yayasan Yarsi mendorong peneliti dan asisten peneliti untuk perolehan HKI melalui sentra HKI yang bernaung dibawah Lembaga Penelitian.

Kerjasama Penelitian juga dilakukan oleh Pusat-pusat Studi di bawah Lembaga Penelitian baik dalam tingkat nasional maupun internasional, baik antar Perguruan Tinggi atau menjadi bagian organisasi atau bagian konsorsium. seperti, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah mada, Universitas Indonesia, RSUD Pasar Rebo, RS Sitanala, RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Grogol, dan RSJ Islam Klender. Instansi Luar Negeri mencakup Lembaga Penelitian, Universitas, Komunitas ilmiah dan Pemerintah seperti Genome Institute of Singapore, University of Tokyo, Kanazawa University, Perdana University Centre of Bioinformatics, NIH, SEAPHARM, Kementrian Kesehatan Masyarakat Thailand, Universitas Sabah Malaysia, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, IPB dan lain-lain. Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk kolaborasi penelitian bersama, publikasi bersama, penyelenggaraan seminar dan workshop internasional bersama.