Berikut adalah jawaban dari GEMINI: ACAPHEI adalah singkatan dari ASEAN-China Alliance of Private Higher Education Institutions, yang merupakan sebuah organisasi yang mempromosikan kerja sama dan pengembangan dalam pendidikan tinggi swasta antara negara-negara anggota ASEAN dan Cina. Tujuan ACAPHEI adalah membina kemitraan, berbagi pengetahuan, dan memfasilitasi proyek kolaboratif di berbagai bidang seperti pengembangan kurikulum, penelitian, dan mobilitas mahasiswa.
Berdasarkan informasi dari Wakil Rektor II, yang merupakan PiC ACAPHEI di Universitas YARSI, tahun 2025 ini merupakan tahun ketiga Universitas YARSI berpartisipasi di forum ini. Universitas YARSI merupakan salah satu pendiri ACAPHEI. Ranah kerjasama ACAPHEI ini mencakup pendidikan dan penelitian. Tahun ini merupakan partisipasi pertama Universitas YARSI di ACAPHEI dalam bidang pendidikan.
Pada kerjasama terkait pendidikan ini, Universitas YARSI akan menawarkan beberapa mata kuliah bagi mahasiswa yang universitasnya tergabung dalam ACAPHEI melalui LMS https://www.beeline-ai.com/. Partisipasi ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Program Studi untuk kegiatan internasionalisasi yang disyaratkan oleh FIBAA, serta sesuai arahan Ketua Yayasan agar ada realisasi yang spesifik terkait program internasionalisasi pasca granted FIBAA Seal.
Keterlibatan Universitas YARSI dalam ACAPHEI juga dapat memberikan kesan positif pada saat visitasi Akreditasi Perguruan Tinggi, yakni bahwa partisipasi Universitas YARSI dalam lingkup internasional di bidang Pendidikan telah sesuai dengan Renstra Universitas YARSI 2020-2025.
Iya, kemungkinan besar akan demikian.
Berdasarkan informasi dari Wakil PiC ACAPHEI untuk Universitas YARSI, ACAPHEI sempat mempertimbangkan biaya bagi anggotanya, khususnya terkait dengan kesempatan mengambil kuliah dari institusi lain. Hal ini mengindikasikan adanya perubahan sistem pembelajaran daring ACAPHEI yang bebas menjadi sebuah marketplace.
Ada tiga alasan yang menyebabkan kehati-hatian terhadap hak cipta orang ini diperlukan, yaitu:
Pertanyaan lanjutan dari ini adalah: apa yang teman-teman dapat lakukan agar tidak melanggar hak cipta orang lain? Silahkan lihat pertanyaan FAQ terkait hal ini, di bawah.
Pelanggaran hak cipta umumnya dikaji kasus per kasus. Artinya, peluang terjadinya inkonsistensi kriteria pelanggaran sangat mungkin terjadi. Kami berdikusi dengan Gemini dan CoPilot for Education dan mendesain beberapa strategi yang bisa digunakan, baik secara umum maupun spesifik.
Strategi umum yang akan digunakan adalah:
Jika ternyata harus menggunakan mengutip, maka beberapa strategi berikut dapat digunakan:
Jika teman-teman membutuhkan bantuan untuk membuat media dengan AI, memodifikasi gambar, menyunting berkas multimedia, DPJJ memiliki layanan BANG-MAL yang dapat dimanfaatkan. Silahkan berkomunikasi dengan DPJJ via MS Teams ACAPHEI.
Boleh, Anda dapat menggunakan alur dan konsep dari rujukkan karena tidak termasuk pelanggaran hak cipta. Jangan lupa untuk memberikan pengakuan terhadap hasil kerja orang lain, jika memungkinkan.
Sumber dan kegiatan belajar yang sudah dibuat disimpan di luar Universitas YARSI dan akan dimanfaatkan oleh mahasiswa dari universitas lainnya sehingga kemungkinan keduanya dimanfaatkan oleh orang-orang lainnya juga semakin besar. Mengeksplisitkan lisensi distribusi dan penggunannya akan memperjelas hak dan kewajiban bagi orang-orang yang akan menggunakan sumber dan kegiatan belajar kami.
Ada banyak media terbuka yang dapat teman-teman gunakan dalam sumber dan kegiatan belajar, baik dengan atau tanpa acknowledgment. Berikut beberapa diantaranya:
Sumber dan kegiatan belajar yang sudah Anda buat merupakan milik Anda dan Universitas YARSI, sebagai lembaga yang mempekerjakan Anda. Tidak akan ada transfer kepemilikan hak cipta ke ACAPHEI.
Ada tiga pilihan yang cukup mudah untuk digunakan, yaitu:
Tugas Anda tidak jauh berbeda dengan tugas sebagai dosen di Universitas YARSI. Anda harus mendesain mata kuliah Anda, menyiapkan sumber dan kegiatan belajar, menyiapkan halaman LMS untuk mata kuliah, meluangkan waktu untuk memberikan bantuan bagi mahasiswa yang kesulitan, dan memeriksa jawaban mahasiswa. Nilai akhir mata kuliah harus sudah siap pada pekan ke 17. Namun, alih-alih menggunakan bahasa Indonesia, Anda bekerja dengan bahasa Inggris.
Desain pembelajaran yang Anda buat masih harus mengikuti OBE, yang artinya Anda harus mendefinisikan luaran atau kompetensi yang akan dimiliki mahasiswa secara spesifik.
Pada akhir kuliah, Anda akan diajak mengikuti kegiatan sharing session bersama para pengampu lainnya.
Anda boleh menentukan kuota peserta mata kuliah. Silahkan manfaatkan hak ini untuk membantu Anda mengatur beban penilaian hasil kerja mahasiswa di mata kuliah ACAPHEI.
Isu-isu yang perlu diperhatikan, yang tentunya akan mempengaruhi mental dan hati, adalah terkait dengan internasionalisasi, karakteristik mahasiswa, dan budaya di Universitas YARSI. Secara spesifik hal tersebut adalah:
Tidak, LAYAR tidak akan digunakan untuk perkuliahan ACAPHEI. Anda akan menggunakan LMS Xinwei Beeline yang disiapkan oleh ACAPHEI, yang dapat diakses pada https://www.beeline-ai.com/, dengan antarmuka berbahasa Inggris.
Benar, Anda akan mendapatkan akun LMS Xinwei Beeline dan juga pelatihan penggunaannya. Namun, akun ini baru akan diberikan mendekati dibukanya perkuliahan Anda. Jadi pada masa persiapan ini, Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Ini adalah salah satu bentuk kemudahan yang diberikan DPJJ bagi para dosen luar biasa di ACAPHEI.
Selama mata kuliah tersebut belum dibuka untuk khalayak ACAPHEI, DPJJ akan membantu mengunggah sumber dan kegiatan belajar yang sudah Anda siapkan. Setelah masa tersebut lewat, kamu bisa melakukan keduanya secara mandiri. Ini adalah salah satu bentuk kemudahan yang diberikan DPJJ bagi para dosen luar biasa di ACAPHEI.
Berdasarkan hasil diskusi dengan AI di LMS Xinwei Beeline: Satu kredit pembelajaran terdiri dari empat sampai lima jam pembelajaran per minggu bagi mahasiswa, yang semuanya bersifat asinkronus. Satu semester terdiri dari 15 minggu pembelajaran, termasuk ujian. Artinya dalam satu semester mahasiswa diminta meluangkan waktu 60 sampai 75 jam per kreditnya.
Beban tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan beban satu SKS di Indonesia ataupun (European Credit Transfer and Accumulation System). Berdasarkan diskusi dengan Wakil Rektor I guna mempermudah komunikasi dan koheren dengan FIBAA, satuan kredit dan perhitungan beban belajar yang akan digunakan adalah ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System).
Berdasarkan hasil diskusi dengan perwakilan ACAPHEI: Beban waktu belajar per kredit tidak dibuat kaku, artinya bisa berkurang atau lebih selama target tercapai: mahasiswa menjadi kompeten. Dalam konteks desain, beban belajar ini dapat diterjemahkan menjadi dalam satu minggu, mahasiswa minimal mendapatkan satu sumber belajar (i.e., video, bacaan, dan slide presentasi) dan satu kegiatan belajar (i.e., penugasan atau kuis). Kuis lebih direkomendasikan karena dapat dinilai secara otomatis oleh LMS Xinwei Beeline. Tentunya Anda diizinkan untuk menyediakan sumber dan kegiatan beban belajar lebih banyak.
Harap diingat bahwa kualitas desain pembelajaran yang Anda buat akan mempengaruhi citra pembelajaran di Universitas YARSI dalam kancah internasional, paling tidak di ASEAN dan Cina.
SKS (Satuan Kredit Semester) adalah sistem kredit akademik yang digunakan di Indonesia untuk mengukur beban studi mahasiswa.
ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System) adalah sistem kredit yang digunakan di negara-negara Eropa untuk memfasilitasi transfer dan akumulasi kredit antar institusi pendidikan tinggi.
Berdasarkan standar yang digunakan, 1 SKS setara dengan 1.5 ECTS.
Gunakan rumus berikut: Jumlah SKS × 1.5 = Jumlah ECTS
Contoh: 3 SKS × 1.5 = 4.5 ECTS
20 SKS × 1.5 = 30 ECTS
Desain pembelajaran di ACAPHEI masih harus mengikuti OBE. Artinya, Anda harus secara spesifik mendeklarasikan capaian mata kuliah secara umum dan setiap minggunya. Capaian ini harus berhubungan dengan kompetensi dan menggunakan pendekatan ABCD (Audience, Behavior, Conditions, and Degree) yang secara detail dapat dibaca pada dokumen ini.
Minimal, setiap minggunya Anda perlu menyiapkan satu slide presentasi (atau materi lainnya) dan satu video sebagai sumber belajar. Anda boleh menambahkan sumber belajar lainnya sesuai dengan kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa LMS Xinwei Beeline pada saat ini hanya dapat menerima berkas dalam format video, gambar, dan PDFs. Jadi pastikan sumber belajar menggunakan salah satu format tersebut.
Guna menunjukkan partisipasi aktif Universitas YARSI dalam ACAPHEI, semua sumber belajar harus memiliki logo Universitas YARSI dan ACAPHEI. DPJJ sedang mengembangkan templat presentasi modern dan dokumen dengan kedua logo tersebut, yang nantinya dapat diakses pada MS Teams ACAPHEI. Khusus untuk video, DPJJ sedang menyiapkan intro dan outro yang nanti akan dipasangkan sebelum video terkait diunggah ke LMS Xinwei Beeline.
Jika Anda membutuhkan bantuan penyuntingan terkait dengan pemasangan logo dalam dokumen, silahkan manfaatkan layanan BANG-MAL dengan mengkomunikasikan kebutuhanmu via MS Teams ACAPHEI.
Seluruh jenis kegiatan belajar dapat dibuat. Hanya saja, DPJJ merekomendasikan agar memperbanyak kegiatan belajar yang menggunakan kuis untuk mengurangi beban memberikan penilaian terhadap hasil kerja peserta mata kuliah. Jika Anda ingin membuat kuis, jangan lupa untuk melihat pertanyaan FAQ terkait kuis, ya!
Tim desain instruksional daring DPJJ siap membantu Anda untuk mendesain kegiatan belajar, jika dibutuhkan. Silahkan komunikasikan kebutuhan Anda via MS Teams ACAPHEI.
Anda harus menghindari pertanyaan yang terkait dengan C1 Remembering dan C2 Understanding. Pastikan pertanyaan Anda disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dicapai, yang juga berarti: kompetensi yang harus diases.
LMS Xinwei Beeline memiliki fitur kuis, yang sayangnya belum dapat diceritakan lebih jauh karena DPJJ masih dalam tahap eksplorasi fitur tersebut. Jika tahap ini sudah dilewati, maka FAQ ini akan diperbaiki.
Tim ACAPHEI akan membantu mempromosikan mata kuliah yang ditawarkan oleh Universitas YARSI. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan teks dan video perkenalan mata kuliah. Informasi yang harus disampaikan terkait hal tersebut sedang disusun oleh DPJJ dan akan dikabarkan kemudian.
Selain kedua hal di atas, ada kemungkinan kamu juga akan diminta untuk membuat beberapa konten promosi lainnya untuk mata kuliah Anda.
Tidak perlu. Jika ada mahasiswa Universitas YARSI yang akan mengambil mata kuliah di ACAPHEI, mereka hanya diperkenalkan mengambil mata kuliah yang ditawarkan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
Anda harus memulai mata kuliah di ACAPHEI sesuai tanggal dimulainya perkuliahan Semester Ganjil TA 2025/2026 yaitu 15 September 2025.
Berdasarkan jawaban dari Wakil Rektor I, mahasiswa Universitas YARSI boleh mengambil mata kuliah yang ditersedia di ACAPHEI dan mendapatkan pengakuan kreditnya sesuai dengan beban mata kuliah yang diikuti sebagai Internasional Credit Transfer. Guna meningkatkan paparan pembelajaran internasional, maka mahasiswa Universitas YARSI hanya diperkenankan mengambil mata kuliah ACAPHEI yang ditawarkan Perguruan Tinggi Luar Negeri. Strategi ini juga akan memungkinkan kuota peserta mata kuliah dari Universitas YARSI didominasi oleh mahasiswa asing.
Belum ada jawaban mengenai hal ini dari Wakil Rektor I dan PiC ACAPHEI. Jika jawaban pertanyaan ini sudah tersedia, maka Anda akan dikabarkan via WAG ACAPHEI dan konten FAQ ini akan diperbaharui.
Perlu diingat bahwa ada banyak mata kuliah yang ditawarkan dari berbagai universitas yang tergabung dalam ACAPHEI. ACAPHEI tidak menentukan tanggal mulai perkuliahan sehingga kemungkinan waktu dimulainya perkuliahan akan ditentukan masing-masing universitas.
ACAPHEI menetapkan dua kriteria lulus untuk suatu mata kuliah, yaitu sebagai berikut:
Selain kompetensi dan nilai, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dari ACAPHEI yang ditandatangani oleh pihak universitas terkait.
Pastikan Anda sudah membaca FAQ terkait Hak Cipta Anda dan Orang Lain.
Seluruh sumber belajar yang Anda buat harus;
Selain yang sudah disampaikan dalam bagian informasi umum, lihat pertanyaan FAQ pertama untuk kategori ini, seluruh dokumen Anda harus dalam format PDFs.
Layanan BANG-MAL dari DPJJ dapat membantu Anda terkait penyuntingan dokumen. Jangan ragu untuk memanfaatkannya!
Selain yang sudah disampaikan dalam bagian informasi umum, lihat pertanyaan FAQ pertama untuk kategori ini, seluruh dokumen Anda harus dalam format PDFs.
Layanan BANG-MAL dari DPJJ dapat membantu Anda terkait penyuntingan dokumen. Jangan ragu untuk memanfaatkannya!
Selain yang sudah disampaikan dalam bagian informasi umum, lihat pertanyaan FAQ pertama untuk kategori ini, seluruh video Anda harus:
Spesifikasi di atas merupakan spesifikasi umum diperangkat berbagai perangkat keras dan lunak saat ini. Beberapa perangkat bahkan menggunakan konfigurasi yang lebih bagus dari pada yang dijabarkan di atas.
Jika Anda butuh untuk menurunkan kualitas atau ukuran video Anda, silahkan manfaatkan HandBrake (https://handbrake.fr/).
Layanan BANG-MAL dari DPJJ dapat membantu Anda terkait perekaman dan penyuntingan video. Jangan ragu untuk memanfaatkannya!
Saat ini yang baru pasti adalah Anda akan mendapatkan Surat Tugas terkait Task Force ACAPHEI.
Berdasarkan diskusi dengan Wakil Rektor I, Anda juga berhak mendapatkan Surat Tugas mengajar dari pimpinan seperti halnya Surat Tugas mengajar mata kuliah lainnya di Universitas YARSI.
Anda akan mendapatkan banyak bantuan untuk mempersiapkan mata kuliah ACAPHEI dari DPJJ. Selain itu, DPJJ akan mengadakan sharing session terkait pengalaman menjadi dosen di ACAPHEI di mana Anda akan menjadi narasumbernya.
Rencana adanya asisten mata kuliah ACAPHEI, seperti yang dibicarakan di WAG, tidak disetujui oleh Ketua Yayasan.
DPJJ memberikan dan menawarkan bantuan berikut untuk Anda:
Jika Anda memiliki kebutuhan lainnya, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan DPJJ, baik via MS Teams ACAPHEI ataupun secara langsung.
Ini adalah teks yang dapat digunakan sebagai disclaimer, jika dibutuhkan:
This course material includes references to copyrighted works used for educational purposes under applicable fair use or educational exceptions. All rights remain with the original copyright holders. No commercial use is intended.
DPJJ akan mempersiapkan slide khusus terkait hal ini pada templat slide modern untuk ACAPHEI.
Sangat boleh. Namun, jangan lupa untuk memenuhi berbagai ekspektasi yang disampaikan dalam FAQ ini.
nn