
Andreas Febrian, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Terkenal dengan #pintarItuPilihan, dosen dari Program Studi Teknik Informatika senang sekali membuat kegiatan belajar yang anti-mainstream. Pada PELITA I, Pak Andreas berusaha mengganti UTS dan UAS di mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman dengan kesempatan untuk pameran, yang beliau sebut dengan nama Unjuk Kemampuan. “Mahasiswa butuh kesempatan untuk memamerkan keterampilannya – bahwa mereka kompeten,” ujar beliau. Agar mimpi tersebut terwujud, Pak Andreas menyediakan 12 Tugas Mandiri, 21 Latihan Teori, dan 19 Praktikum, yang semuanya dapat diselesaikan sampai semester berakhir. Strategi yang beliau pilih secara lantang berteriak: kamu akan bisa ngoding, jalan menuju kompeten ngoding sudah dibuka, tinggal kamu mau berusaha atau tidak?!

Elan Suherlan, S.Si., M.Si.
Siapa yang tidak kenal Pak Elan Suherlan? Dosen dari Program Studi Teknik Informatika ini selalu berusaha mendidik mahasiswanya menjadi manusia yang hakiki dengan sepenuh hati. Pada PELITA I, beliau memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Matematika Diskrit 2 untuk semester Genap 2020/2021. Pak Elan ingin mahasiswanya bisa naik level lebih cepat. Agar mimpi tersebut dapat tercapai, beliau memaksimalkan kegiatan asinkronus dengan penilaian otomatis untuk kuis dan tugas; umpan balik yang cepat dapat membantu mahasiswa memperbaiki pemahaman mereka. Selain itu, Pak Elan meminta mahasiswa untuk melakukan refleksi, namun dengan menggunakan peta konsep, yang jika dilakukan dengan baik, dapat membantu mahasiswa melihat hubungan semua konsep yang diangkat dalam mata kuliah.

Herika Hayurani, S.Kom., M.Kom.
Kolaborasi antara Bu Herika dan Bu Nurmaya pada mata kuliah Basis Data 1 untuk semester Genap 2020/2021 merupakan hal yang fenomenal karena mereka berdua sama-sama meninggalkan gaya teacher-centered. Perubahan filosofi pembelajaran berdampak besar pada perubahan desain instruksional. Pada PELITA I, mereka memutuskan untuk menggunakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka menyadari dengan student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.

Nurmaya, S.Kom., M.Eng.
Kolaborasi antara Bu Herika dan Bu Nurmaya pada mata kuliah Basis Data 1 untuk semester Genap 2020/2021 merupakan hal yang fenomenal karena mereka berdua sama-sama meninggalkan gaya teacher-centered. Perubahan filosofi pembelajaran berdampak besar pada perubahan desain instruksional. Pada PELITA I, mereka memutuskan untuk menggunakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka menyadari dengan student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.

Muhamad Fathurahman, S.Kom., M.Kom.
Pak Fathur melatih mahasiswa untuk membuat pilihan pintar dengan adanya case study yang variatif pada setiap pertemuan. Pak Fathur berusaha mengembangkan kemampian partisipatif dan tanggung jawab melalui refleksi yang wajib dikerjakan.
Salah satu dosen muda di Program Studi Teknik Informatika, Pak Fatur, melalui PELITA I, memperbaiki desain mata kuliah Data Mining untuk Semester Genap 2020/2021. Fokus perbaikan beliau adalah pada proyek akhir. Pak Fathur ingin mahasiswa mampu menyusun proposal dan laporan proyek penambangan data, dengan potensi diajukan pada berbagai program, seperti Program Kreativitas Mahasiswa untuk Bidang AI, KC, Penelitian; GEMASTIK; atau publikasi di jurnal.

Dr. Ade Nursanti, M.Ed., B.H.Sc.
Bu Ade percaya bahwa usaha mandiri mahasiswa menentukan prestasi belajar mereka oleh karena itu Bu Ade membuat kegiatan case study individu dan group proyek (i.e., bedah jurnal dan wawancara psikolog)
Terkenal sebagai dosen Program Studi Psikologi yang lemah lembut, Bu Ade pada PELITA I memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Psikologi Sekolah untuk Semester Genap 2020/2021. Beliau ingin mahasiswa dapat secara ekspansif mengeksplorasi peran dan tantangan Psikolog Sekolah melalui studi jurnal dan dialog langsung dengan praktisi di lapangan. Agar kedalaman pemahaman yang beliau inginkan dapat tercapai, Bu Ade memanfaatkan kegiatan refleksi, tugas, dan kuis.

Aya Yahya Maulana, M.H., L.c.
Salah satu dosen muda di Program Studi Teknik Informatika, Pak Fatur, melalui PELITA I, memperbaiki desain mata kuliah Data Mining untuk Semester Genap 2020/2021. Fokus perbaikan beliau adalah pada proyek akhir. Pak Fathur ingin mahasiswa mampu menyusun proposal dan laporan proyek penambangan data, dengan potensi diajukan pada berbagai program, seperti Program Kreativitas Mahasiswa untuk Bidang AI, KC, Penelitian; GEMASTIK; atau publikasi di jurnal.

Danang Dwijo Kangko, S.Hum., M.P.
Inovasi pembelajaran melalui pengalaman nyata, inilah semangat yang dibawa oleh Pak Danang pada kegiatan PELITA I. Dosen dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ini memodifikasi pembelajaran mata kuliah Otomisasi Perpustakaan untuk semester Genap 2020/2021, dengan menggandeng beberapa perpustakaan dan dan taman bacaan masyarakat untuk mengotomatisasi layanan perpustakaan — proyek yang harus diselesaikan oleh mahasiswanya. Agar dikerjakan secara sistematis, beliau meminta mahasiswa untuk membuat proposal, kontrak, dokumentasi visual pelaksanaan proyek, dan laporan akhir kegiatan. Pak Danang juga mempertimbangkan dinamika kelompok dalam pengerjaan proyek, baik dari sisi waktu, prioritas, maupun sosial, yang membuatnya memasukkan komponen penilaian rekan sejawat dan mitra, serta denda (i.e., dalam bentuk potongan poin sikap) untuk setiap keterlambatan.

Ananta Hagabean, S.E., M.B.A.
“Mau belajar saham dan investasi lainnya? Ya, belajar dengan Pak Ananta, dong!” – seperti itulah asosiasi yang ada di kepala mahasiswa dari Program Studi Manajemen tentang beliau. Pada PELITA I, Pak Ananta memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Portofolio dan Manajemen Investasi untuk Semester Genap 2020/2021 melalui bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia. Beliau mendesain kegiatan belajar berbasis proyek di mana mahasiswa harus berinvestasi dan membuat laporan portofolio dari saham yang mereka pilih.

Penny Rahmah Fadhilah, S.E., M.Si.
“Nikmati prosesnya” adalah mantra yang selalu disebarkan oleh dosen dari Program Studi Manajemen di semua mata kuliahnya, agar mahasiswa tidak terlalu berfokus pada nilai, namun pada membangung kompetensi mereka. Pada PELITA I, Bu Penny memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Staistika Bisnis untuk semester genap 2020/2021. Beliau mengintegrasikan komponen RPS, menetapkan tujuan untuk setiap sub topik, dan memastikan pencapaiannya. Beliau membantu mahasiswa untuk mengukur keterampilan mereka secara mandiri melalui kombinasi kuis mingguan dan proyek.

Kukuh Fadli Prasetyo, S.H., S.E., M.H.
Pengalaman yang paling berkesan selama mengikuti kegiatan ini: Saya mengetahui ketersediaan opsi untuk meniadakan penilaian sumatif dan menggantinya dengan kegiatan belajar setara ujian. Saat ini, saya sedang memulai penerapan non-summative assesment pada satu mata kuliah yang saya ampu.”
Insight yang didapatkan: “Saya dapat merancang beberapa instruksi pembelajaran baru untuk menyempurnakan gaya instruksional pada pembelajaran yang sudah saya jalankan sebelumnya.” Pak Kukuh Fadli Prasetyo dari Prodi Ilmu Hukum akan menceritakan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Sosiologi Hukum. Pada mata kuliah pilihan ini, selain mencapai target CPL, beliau ingin meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat analisis dan menulis melalui tugas dan kegiatan belajar lainnya. Tidak hanya itu, pada semester ini, untuk pertama kalinya Pak Kukuh memanfaatkan poin sikap dalam perkuliahannya untuk melatih prilaku positif mahasiswa.
Terkenal dengan gaya mengajarnya yang santai, Pak Kukuh pada PELITA I memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Sosiologi Hukum untuk Semester Genap 2020/2021. Dosen Program Studi Ilmu Hukum ini mengambil langkah progresif dengan menggantikan penilaian sumatif (i.e., ujian) dengan kegiatan belajar lain, yang menunjukkan komitmennya untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berorientasi pada proses. Beliau juga meningkatkan kemampuan analisis dan penulisan mahasiswa melalui berbagai tugas dan kegiatan belajar.

Ahmad Sabiq, S.Kom., M.Kom.
Pada PELITA II, dosen Prodi Teknik Informatika ini meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer untuk semester Ganjil 2021/2022. Pak Sabiq ingin mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis mereka secara mandiri. Beliau mendesain beberapa kegiatan belajar menggunakan mind mapping, aktivitas case-based, dan project-based.

Sri Puji Utami, S.T., M.T.
Dulu beliau hanya fokus pada metode ceramah, kini dosen Program Studi Teknik Informatika berfokus pada proses belajar yang dilakukan oleh mahasiswanya. Pada PELITA II, Bu Puji mengubah desain pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Jaringan 1 untuk Semester Ganjil 2021/2022. Beliau menyediakan banyak tugas dan kuis mandiri baru, yang dapat dikerjakan berulang kali oleh mahasiswanya.

Dr. Entin Nurhayati, S.Psi., M.Si.
Dosen Prodi Psikologi ini, pada PELITA II memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara untuk semester Ganjil 2021/2022. Bu Entin ingin mahasiswanya dapat mengembangkan keterampilan observasi dan wawancara secara mandiri melalui praktik langsung di berbagai setting psikologi.

Johan Satria Putra, S.Psi., M.A.
Terkenal sebagai dosen yang melek isu sosial, dosen Program Studi Psikologi ini ingin mahasiswanya terampil mngeksplorasi dan menganalisis berbagai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Pada PELITA I, Pak Johan memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Analisis Isu Sosial untuk semester Ganjil 2021/2022. Beliau membuat kegiatan studi kasus, presentasi, dan umpan balik dari rekan sejawat.

Elfitri Kurnia Erza, M.I.Kom., S.IIP.
Terkenal dengan keramahannnya, dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ingin membuat kegiatan belajar yang lebih dinamis dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik mahasiswanya. Pada PELITA II, Bu Elfitri memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Literasi Informasi dan Media 2. Beliau memastikan setiap pertemuan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa, khususnya dalam literasi informasi dan media.

Hendra Wicaksono Sukowati, M.Hum.
Pak Hendra, dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, pada PELITA II memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Teknologi Informasi untuk Semester Ganjil 2021/2022. Dalam desainnya, melalui project-based, beliau mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan observasi, implementasi, dan evaluasi terhadap kebutuhan dasar perpustakaan terhadap teknologi komputer. Tidak hanya itu, beliau melibatkan mahasiswa dalam peran sebagai konsultan dan analis. Yang menarik, penilaian proyek ini diakui setara dengan UAS. Ini adalah langkah luar biasa yang memberi nilai tambah bagi pengalaman belajar mahasiswa.

Alyta Shabrina Zusryn, S.P., M.Sc.
Terkenal dengan ketegasan dan disiplinnya, dosen sekaligus Kepala Program Studi Manajemen ini ingin mahasiswanya belajar dari kasus-kasus terkini serta berpengalaman dalam mengambil dan memanfaatkan data real time. Pada PELITA II, Bu Alyta mengubah desain pembelajaran mata kuliah Peranggaran Perusahaan untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan mengolaborasikan konsep studi kasus-waktu-sikap. Beliau memanfaatkan studi kasus tersebut untuk melatih mahasiswa menganalisa dan menyajikan data keuangan.

Lily Deviastri, S.E., MIB.
Belajar itu tidak selalu harus dari buku, tapi dari mana saja — inilah pola pikir yang ingin ditanamkan oleh dosen cantik dari Program Studi Manajemen. Pada PELITA II, Bu Lily memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Perilaku Organisasi untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan berbagai kegiatan belajar inovatif. Pada beberapa kegiatan belajarnya, beliau meminta mahasiswa untuk menonton film dan melakukan observasi manusia agar mereka dapat memahami perilaku organisasi dengan lebih baik. Kedua kegiatan tersebut tidak berhenti sampai di sana, Bu Lily meminta mahasiswanya memanfaatkan hasil pengamatan mereka dalam pengerjaan proyek, yang merupakan pengganti UAS.

Dr, Liza Evita S.H., M.Hum.
Dosen Program Studi Ilmu Hukum ini ingin mahasiswanya memiliki kemampuan berargumentasi serta berfikir secara logis, kreatif, sistematis, dan inovatif. Pada PELITA II, Bu Liza memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Hukum Agraria untuk Semester Ganjil 2021/2022 dengan menambahkan kegiatan eksplorasi kasus-kasus untuk dianalisis serta kemudian dipresentasikan.

Dr. Nurul Fajri Chikmawati, SH. M. Hum.
Pada PELITA II, dosen Program Studi Ilmu Hukum ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Hukum Jaminan untuk Semester Ganjil 2021/2022. Perbaikan yang dilakukan Ibu Fajri di mulai dari diberikannya wadah untuk merumuskan sebuah ide secara logis, kritis, dan argumentatif hingga menyusun hasil analisis dari putusan pengadilan secara relevan.

Imelda Sari, S.E., M.Si.
Pada PELITA II, dosen Program Studi Ilmu Akuntansi mengubah desain pembelajaran mata kuliah Akuntansi Biaya untuk Semester Ganjil 2021/2022. Bu Imelda ingin mahasiswa memiliki pahaman dasar yang melekat tentang akuntansi biaya melalui soal latihan dan project-based. Agar mahasiswa semakin bangga dengan hasil pekerjaannya, beliau meminta mahasiswa untuk mengunggah video presentasi mereka ke YouTube.

Nida Nadya Hasan, S.E., M.S.Ak.
Sebagai dosen muda Program Studi Akuntansi, bu Nida bersemangat dalam membuat desain pembelajaran yang lebih komprehensi dan ramah jarak jauh pada mata kuliah Perpajakan untuk semester Ganjil 2021/2022. Pada PELITA II, beliau ingin mahasiswanya memiliki konsep yang kuat dan dapat memraktikan perhitungan perpajakan yang kontinu sehingga akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Dr. Melok Roro Kinanthi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Terkenal sebagai dosen yang mendorong mahasiswanya berpikir kritis, dosen dari Program Studi Psikologi ini ingin mahasiswanya dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis secara mandiri melalui kegiatan studi kasus. Pada PELITA III, Bu Melok mewujudkan impi tersebut dengan memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Psikologi Klinis dan Psikopatologi untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau mengkombinasikan studi kasus dengan kuis pada awal dan akhir perkuliahan, yang kemudian dimanfaatkan untuk melatih mahasiswa menemukan insight dari pengalaman belajarnya.

Fitri Arlinkasari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog.
Terkenal sebagai dosen yang disiplin, dosen Program Studi Psikologi ini ingin memperkuat kemampuan berpikir kritis dan manajemen waktu mahasiswa. Mimpi Bu Inka dituangkan dalam desain pembelajaran mata kuliah Pengembangan Diri dan Karier untuk semester Ganjil 2022/2023 pada PELITA III. Melalui pendekatan student-centered learning, beliau melatih mahasiswa mengenali pilihan karier melalui studi kasus dan refleksi diri. Hal tersebut memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan diri mahasiswa di masa depan.

Zulfa Febriani, S.Psi., M,Psi., Psikolog.
Identik dengan psikologi kesehatan, dosen Program Studi Psikologi ini ingin mengimplementasikan pendekatan experiental learning pada mata kuliah yang beliau ampu. Keinginan tersebut terwujud pada PELITA III, di mana Bu Zulfa memperbaiki mata kuliah Psikologi Kesehatan dan Aplikasinya untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau mendorong mahasiswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui diskusi kelompok, refleksi, dan proyek sosial. Kombinasi strategi tersebut tidak hanya membantu mahasiswa mencapai potensinya, namun juga dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Ario Adi Prakoso, S.Hum., M.A.
Dosen muda dari Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi ini selalu berdedikasi dalam setiap pekerjaan yang beliau lakukan. Pak Ario percaya bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui usaha dan kerja keras. Semangat itulah yang beliau tuangkan ketika memodifikasi desain mata kuliah Kemas Ulang dan Pemasaran untuk semester Ganjil 2022/2023, pada kegiatan PELITA III. Beliau meminta mahasiswa untuk menyelesaikan dua proyek kreatif, yaitu: merencanakan penyajian karya kemas ulang informasi; dan menghasilkan produk kemas ulang informasi.

Heri Samtani, S. Pd., M.Hum.
Pak Heri adalah dosen Bahasa Indonesia yang ditugaskan di Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi. Pada PELITA III, beliau mengubah desain pembelajaran pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia dengan menekankan keseruan dan kepekaan terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar. Fokus perhatiannya adalah pada analisis kalimat, menulis, dan penyuntingan, memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan berarti bagi mahasiswa. Langkah inovatif ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

Andika Nuraga Budiman, S.E., M.Buss.
Dosen Program Studi Manajemen ini mengubah desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran II untuk semester Ganjil 2022/2023. Pak Andika ingin menggarisbawahi pentingnya konsep pemasaran yang dinamis. Beliau membimbing mahasiswa untuk memahami bahwa pemasaran tidak terbatas pada konteks tertentu, tetapi dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang dan situasi. Pendekatan ini tidak hanya memberikan wawasan yang luas bagi mahasiswa, tetapi juga membantu mereka memahami relevansi dan fleksibilitas konsep pemasaran dalam dunia nyata. Langkah ini menginspirasi mahasiswa untuk berpikir lebih luas dan kreatif dalam menerapkan ilmu pemasaran dalam karier mereka nanti.

Ely Nurhayati, S.Pd., M.Si.
Pada PELITA III, dosen Program Studi Manajemen ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi untuk semester Ganjil 2022/2023. Bu Ely menginspirasi mahasiswa dengan membangun kesadaran akan pentingnya proses belajar sebagai bagian dari ibadah.

Intan Tri Annisa, S.E., M.Sc.
Pada PELITA III, dosen Program Studi Manajemen ini memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran II untuk semester Ganjil 2022/2023. Bu Intan melatih mahasiswa melalui kegiatan diskusi, analisis video, dan tugas kelompok untuk meningkatkan kemampuan perencanaan, pengambilan keputusan, evaluasi, dan peningkatan strategi baruan pemasaran.

Muhammad Rofi’I, S.E.I., M.Sc.
Dosen Program Studi Manajemen ini pada PELITA III memodifikasi desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Bisnis untuk semester Ganjil 2022/2023. Pak Rofi’i membentuk pemahaman mahasiswa tentang Manajemen dan Bisnis melalui diskusi dan tugas kelompok. Fokus pada penguatan dalam landasan pengetahuan yang kokoh membantu mahasiswa menghadapi dunia bisnis yang kompleks.

Randhy Nugroho, S.E., M.Sc.
Sebagai dosen baru di Program Studi Akuntansi, Pak Randhy dalam PELITA III memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Manajemen Keuangan untuk semester Ganjil 2022/2023. Beliau membangkitkan rasa ingin tahu mahasiswa dan kemampuan pemecahan masalah melalui pertanyaan-pertanyaan kritis. Selain itu, beliau mendorong mahasiswa untuk menjadi kompeten dalam memberikan umpan balik melalui berbagai studi kasus.

Auliffi Ermian Chaleen, S.E., M.AK., CA., CPA.
Dosen dari Program Studi Akuntansi ini selalu ingin berkembang. Pada PELITA III, Bu Auliffi memperbaiki desain mata kuliah Auditing 1 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis mahasiswa. Pemahaman mahasiswa diuji secara berkala dengan menggunakan tugas individu dan kelompok. FGD menjadi tools yang dimanfaatkan oleh beliau untuk melatih kemampuan auditing mahasiswa. Melalui model pembelajaran kooperatif, mahasiswa didorong secara mandiri untuk memanfaatkan sumber yang diberikan.

Muhammad Fathurachman, S.Kom., M.Kom.
Pak Fathurachman, Pak Chandra, dan Bu Shindy, dosen kece Program Studi Teknik Informatika ini berkolaborasi dalam memodifikasi mata kuliah Trek Pengembangan Kecerdasan Buatan untuk semester Ganjil 2023/2024 pada PELITA IV. Mereka berupaya menerapkan metode Scrum dengan model CRISP-DM Life Cycle yang dirancang khusus untuk mendesain jaringan. Target yang diharapkan dari kelas ini yaitu mahasiswa memiliki kemampuan untuk membangun aplikasi berbasis model machine learning sesuai dengan kebutuhan klien. Ketiga dosen tersebut secara konsisten memberikan apresiasi kepada mahasiswa untuk usaha dan keseriusan mereka dalam menyelesaikan tugas. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa di dalam kelas, mereka juga mengadakan kegiatan diskusi saat presentasi. Pendekatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat menerapkannya dalam praktik nyata, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Shindy Arti, S.Pd., M.Eng.
Pak Fathurachman, Pak Chandra, dan Bu Shindy, dosen kece Program Studi Teknik Informatika ini berkolaborasi dalam memodifikasi mata kuliah Trek Pengembangan Kecerdasan Buatan untuk semester Ganjil 2023/2024 pada PELITA IV. Mereka berupaya menerapkan metode Scrum dengan model CRISP-DM Life Cycle yang dirancang khusus untuk mendesain jaringan. Target yang diharapkan dari kelas ini yaitu mahasiswa memiliki kemampuan untuk membangun aplikasi berbasis model machine learning sesuai dengan kebutuhan klien. Ketiga dosen tersebut secara konsisten memberikan apresiasi kepada mahasiswa untuk usaha dan keseriusan mereka dalam menyelesaikan tugas. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa di dalam kelas, mereka juga mengadakan kegiatan diskusi saat presentasi. Pendekatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat menerapkannya dalam praktik nyata, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Chandra Prasetyo Utomo, S.Kom., M.Sc.
Pak Fathurachman, Pak Chandra, dan Bu Shindy, dosen kece Program Studi Teknik Informatika ini berkolaborasi dalam memodifikasi mata kuliah Trek Pengembangan Kecerdasan Buatan untuk semester Ganjil 2023/2024 pada PELITA IV. Mereka berupaya menerapkan metode Scrum dengan model CRISP-DM Life Cycle yang dirancang khusus untuk mendesain jaringan. Target yang diharapkan dari kelas ini yaitu mahasiswa memiliki kemampuan untuk membangun aplikasi berbasis model machine learning sesuai dengan kebutuhan klien. Ketiga dosen tersebut secara konsisten memberikan apresiasi kepada mahasiswa untuk usaha dan keseriusan mereka dalam menyelesaikan tugas. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa di dalam kelas, mereka juga mengadakan kegiatan diskusi saat presentasi. Pendekatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat menerapkannya dalam praktik nyata, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Paramaresthi Windriyani, S.Kom., M.Eng.
Bu Paramaresthi dosen Program Studi Teknik Informatika, pada PELITA IV beliau merancang mata kuliah Trek Peminatan Pengembangan Game untuk semester Ganjil 2023/2024. Beliau mendorong mahasiswa untuk memiliki keterampilan analitis dan kritis mahasiswa melalui implementasi log kerja yang terstruktur. Pendekatan ini dirancang untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam proses desain jaringan, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan industri dengan lebih percaya diri dan kompeten.

Herika Hayurani, S.Kom., M.Kom.
Bu Herika, dosen Program Studi Teknik Informatika, dikenal luas karena dedikasinya dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk merasakan dinamika nyata dalam pengembangan perangkat lunak yang sejalan dengan praktik industri. Di PELITA IV, Bu Herika merancang mata kuliah Trek Pengembangan Aplikasi Mobile secara komprehensif dan mengintegrasikan metode Scrum dengan model Software Development Life Cycle. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu menciptakan solusi berbasis mobile, tetapi juga dapat menghasilkan spesifikasi dan rancangan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sri Puji Utami, S.T., M.T.
Terkenal dengan #BisaKarnaTerbiasa, Bu Sri Puji dan Bu Sri Cusri, dosen Program Studi Teknik Informatika, membuka peluang bagi mahasiswa untuk mandiri dengan adanya sisco academy. Pada PELITA IV di semester ganjil 2023/3024 mereka berupaya mendorong partisipasi mahasiswa di kelas melalui kegiatan refleksi dan pengerjaan logbook. Logbook tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa tentang metode scrum dengan model PPDIOO Life Cycle, yang khusus dibuat untuk pengerjaan desain jaringan. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar dengan lebih efektif.

Dr. Sri Cusri Haryanti, S.T., M.T.
Terkenal dengan #BisaKarnaTerbiasa, Bu Sri Puji dan Bu Sri Cusri, dosen Program Studi Teknik Informatika, membuka peluang bagi mahasiswa untuk mandiri dengan adanya sisco academy. Pada PELITA IV di semester ganjil 2023/3024 mereka berupaya mendorong partisipasi mahasiswa di kelas melalui kegiatan refleksi dan pengerjaan logbook. Logbook tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa tentang metode scrum dengan model PPDIOO Life Cycle, yang khusus dibuat untuk pengerjaan desain jaringan. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar dengan lebih efektif.

Hilma Suyana, S.E., M.M.
Program Studi Ekonomi & Bisnis di PELITA IV menyambut baik upaya Bu Hilma, dosen yang dikenal selalu menciptakan lingkungan belajar yang demokratis dan interaksional, dalam memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Pengembangan Organisasi untuk semester ganjil 2023/2024. Keaktifan dan inisiatif mahasiswa di dalam kelas menjadi perhatian utamanya, dan untuk mencapai target tersebut, Bu Hilma memanfaatkan pembelajaran di kelas dengan menawarkan mahasiswa kesempatan untuk melakukan presentasi serta mencari bahan sendiri dari topik yang telah ditentukan. Pendekatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih partisipatif, sehingga mereka tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga aktif dalam proses pembelajaran. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka, serta meningkatkan rasa percaya diri saat berbagi ide di depan kelas. Melalui pembelajaran dua arah yang interaktif, Bu Hilma yakin bahwa mahasiswa akan lebih terlibat dan memiliki tanggung jawab terhadap proses belajar mereka sendiri.

Ali Ma’sum, S.Pd.I., M.Ed.
Pak Ali Ma’sum, dosen Agama dari Program Studi Manajemen berupaya dalam memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Agama Islam dengan sepenuh hati. Pada PELITA IV, beliau mulai menerapkan pendekatan Blended Learning, yang menggabungkan pertemuan luring dan daring. Dengan langkah inovatif ini, Pak Ali ingin mahasiswa dapat belajar dengan cara yang lebih efektif dan berfokus pada kebutuhan mereka. Kegiatan asinkronous dalam mata kuliah ini mencakup membaca, menulis, dan mendengarkan materi yang disediakan oleh pengajar, yang dapat diakses secara mandiri di LAYAR. Melalui metode ini, beliau berharap mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman mereka secara mandiri dan lebih mendalam.

Hesty Juni Tambuati Subing, S.E., M.Ak.
Bu Hesty, dosen dari Program Studi Akuntansi ini selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan sepenuh hati. Pada PELITA IV, beliau melakukan perbaikan desain pembelajaran untuk mata kuliah Laboratorium Akuntansi Dasar, khususnya inovasi evaluasi pembelajaran mencakup aspek kuantitatif dan kualitatif serta dapat diakses secara transparan oleh mahasiswa. Dengan pendekatan ini, beliau berharap mahasiswa dapat lebih memahami kemajuan mereka dan memperbaiki kinerja akademis secara efektif.

Harry Budiantoro, SE.MAK.AK.CA.CSRS.
Pak Harry, dosen dari Program Studi Akuntansi selalu memberikan kata-kata mutiara untuk memotivasi mahasiswa dalam menjalani masa perkuliahan. Dalam upayanya untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan mahasiswa, Pak Harry telah melakukan perbaikan desain pembelajaran mata kuliah System Informasi Akuntansi pada PELITA IV untuk semester ganjil 2023/2024. Dengan memanfaatkan diskusi interaktif, beliau berusaha menciptakan suasana kelas yang positif dan mendukung, sehingga mahasiswa merasa lebih termotivasi untuk aktif berpartisipasi. Pak Harry percaya bahwa motivasi yang tepat dapat mendorong mahasiswa untuk tidak hanya memahami materi, tetapi juga mengembangkan kepercayaan diri dan ketekunan dalam belajar. Melalui pendekatan ini, beliau berharap mahasiswa akan lebih bersemangat dalam menghadapi tantangan akademik dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam konteks dunia nyata. Dengan kata lain, Pak Harry ingin memastikan bahwa setiap mahasiswa merasa didorong untuk mencapai potensi terbaiknya dalam setiap langkah perkuliahan.

Alabanyo Brebahama, M.Psi., Psikolog.
Program Studi Psikologi di PELITA IV menyambut baik upaya Pak Alabanyo, dosen yang berkomitmen untuk menerapkan prinsip student-centered learning, dalam memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Pelatihan untuk semester ganjil 2023/2024. Dengan tujuan untuk membuat mahasiswa lebih aktif di kelas, beliau mewajibkan mahasiswa untuk menonton video pembelajaran dan membuat rangkuman dari video tersebut. Pendekatan ini tidak hanya mendorong mahasiswa untuk lebih partisipatif, tetapi juga meningkatkan semangat mereka dalam mengikuti perkuliahan. Pak Alabanyo percaya bahwa dengan berprinsip pada konstruktivisme, mahasiswa harus aktif dalam membentuk pengetahuan mereka sendiri, sehingga mereka dapat lebih memahami dan mengaplikasikan konsep yang dipelajari. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan kritis dan analitis, serta merasa lebih bertanggung jawab terhadap proses belajar mereka. Melalui desain pembelajaran yang interaktif dan partisipatif ini, Pak Alabanyo yakin bahwa mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata dan mampu berkontribusi secara positif.

Sari Zakiah Akmal, M.Psi., Ph.D., Psikolog.
Bu Sari, doktor muda yang merupakan dosen Program Studi Psikologi ini berupaya memperbaiki desain pembelajaran mata kuliah Logika dan Penulisan Ilmiah untuk semester Ganjil 2023/2024 pada PELITA IV. Bu Sari banyak memberikan latihan mandiri, kolaborasi, serta umpan balik untuk membantu mahasiswa dalam menyusun berbagai ide secara logis dalam tulisan sehingga pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Beliau memanfaatkan kegiatan evaluasi sebagai bentuk pembelajaran, yaitu dengan mengemasnya dalam bentuk tugas kelompok; berkolaborasi dalam membuat tulisan dapat membantu mahasiswa familiar dengan berbagai gaya penulisan serta bagaimana gagasan dalam tulisan dipahami oleh pembaca, begitu yang diyakini Bu Sari.

Dr. Chandra Yusuf, S.H., LLM.
Pak Chandra, dosen Sekolah Pascasarjana Kenotariatan, pada PELITA IV berfokus pada pengembangan kurikulum. Pak Chandra melakukan eksplorasi kompetensi melalui BNSP untuk menentukan CPL Prodi. CPL Prodi tersebut kemudian diterapkan sebagai acuan Prodi dalam menyusun rancangan pembelajaran.

Dr. Muslikh, S.E., M.E.
Pak Muslikh, dosen Sekolah Pascasarjana Manajemen, pada PELITA IV fokus pada pengembangan kurikulum. Pak Muslikh melakukan eksplorasi kompetensi melalui BNSP, Universitas YARSI, dan SNDikti untuk menentukan CPL Prodi, juga mempertimbangkan kurikulum sebelumnya yang masih bisa terpakai untuk profil lulusan 5 tahun kedepan. CPL Prodi tersebut kemudian diterapkan sebagai acuan Prodi dalam menyusun rancangan pembelajaran.

Indah Kurnianingsih M.P.
Terkenal sebagai dosen yang lemah lembut, Bu Indah meningkatkan kualitas mata kuliah Layanan Informasi untuk Kelompok Pemustaka (LIKP) untuk semester Ganjil 2024/2025. Bu Indah berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa melalui implementasi log kegiatan dan peta konsep. Asesmen log kerja dilakukan agar mahasiswa dapat menerapkan program layanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan peta konsep bertujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendesain solusi yang sesuai dengan karakteristik kelompok pemustaka. Dengan pendekatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menunjukkan kinerja terukur serta meningkatkan partisipasi dalam kelas untuk mencapai kompetensi akhir mata kuliah.

Elfitri Kurnia Erza, M.I.Kom.
Pada semester Ganjil 2024/2025, Bu Elfitri menyempurnakan desain mata kuliah Kemas Ulang Informasi dengan pendekatan yang lebih inovatif. Untuk memastikan mahasiswa benar-benar memahami cara menyusun layanan kemas ulang informasi, Bu Elfitri menggunakan metode observasi sebagai bentuk penilaian. Observasi ini tidak dilakukan secara terpisah, melainkan dipadukan dengan tugas, diskusi, dan studi kasus agar proses belajar menjadi lebih kaya dan mendalam. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mengerjakan proyek akhir sebagai penilaian kemampuan mereka secara keseluruhan. Setelah itu, mereka akan diminta untuk mengevaluasi dan menganalisis efektivitas proyek masing-masing kelompok agar dapat menerima umpan balik yang membangun.

Ario Adi Prakoso, M.A.
Terkenal dengan gaya mengajar yang penuh energi, Pak Ario menghadirkan pembaharuan pada desain mata kuliah Teknologi Grafis dan Multimedia untuk semester Ganjil 2024/2025. Pak Ario menghadirkan kelas partisipatif, tempat mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk mencapai tujuannya dalam menciptakan pengalaman belajar yang dinamis, ia mengunakan berbagai kombinasi strategi mulai dari mulai dari studi kasus, diskusi interaktif, serta praktik. Dengan pendekatannya, mahasiswa mampu berpikir kreatif, percaya diri, dan siap bersaing di dunia industri.

Shindy Arti, M.Eng.
Sebagai dosen yang ceria, Bu Shindy memodifikasi mata kuliah Desain dan Pemograman Web untuk semester Ganjil 2024/2025. Bu Shindy memfokuskan desain mata kuliah dengan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa dengan adanya proyek akhir. Bu Shindy menyediakan studi kasus pada setiap pertemuan yang bertujuan bukan hanya sebagai asesmen tetapi juga sebagai bantuan bagi mahasiswa. Dengan memberikan ruang yang aman untuk mahasiswa berbuat salah, Bu Shindy melatih kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Kombinasi antara kesulitan yang dimiliki mahasiswa dikombinasikan dengan desain instruksional yang mumpuni dapat meningkatkan regulasi diri mahasiswa.

Herika Hayurani, M.Kom.
Sebagai langkah untuk menciptakan kelas yang berkesan Bu Herika dan Pak Arik memodifikasi mata kuliah Trek Pengembangan Aplikasi Multiplatform untuk semester Ganjil 2024/2025. Langkah ini dimulai dengan menerapkan metode Scrum dengan model Software Development Life Cycle yang dirancang agar mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah menjamin kualitas produk sesuai dengan rancangan yang sesuai kebutuhan. Untuk mempermudah manajemen proyek, mereka juga menggunakan dokumentasi bertahap, mulai dari desain sampai pada keamanan. Langkah ini mendorong mahasiswa untuk terus konsisten dalam menganalisis dan mendesain aplikasi secara efisien dan berkualitas tinggi.

Mubarik Ahmad, Ph.D.
Sebagai langkah untuk menciptakan kelas yang berkesan Bu Herika dan Pak Arik memodifikasi mata kuliah Trek Pengembangan Aplikasi Multiplatform untuk semester Ganjil 2024/2025. Langkah ini dimulai dengan menerapkan metode Scrum dengan model Software Development Life Cycle yang dirancang agar mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah menjamin kualitas produk sesuai dengan rancangan yang sesuai kebutuhan. Untuk mempermudah manajemen proyek, mereka juga menggunakan dokumentasi bertahap, mulai dari desain sampai pada keamanan. Langkah ini mendorong mahasiswa untuk terus konsisten dalam menganalisis dan mendesain aplikasi secara efisien dan berkualitas tinggi.